• Home
  • Berita
  • Canggih! Google Jajal Video Chat Hologram Buat Rapat Virtual

Canggih! Google Jajal Video Chat Hologram Buat Rapat Virtual

Redaksi
Oct 17, 2022
Canggih! Google Jajal Video Chat Hologram Buat Rapat Virtual

Google punya proyek eksperimen bernama Project Starline, yang menggunakan teknologi hologram untuk melakukan rapat virtual.

Mulai tahun ini, proyek eksperimen itu mulai dijajal di sejumlah tempat, termasuk kantor Google dan kantor sejumlah perusahaan lain, yang menggunakan panel layar light field besar dan sejumlah kamera untuk merekam video 3D dari dua orang yang lokasinya berbeda.

Project Starline sendiri pertama dipamerkan di ajang I/O 2021, namun baru kali ini Google memamerkan teknologi itu ke publik setelah dipendam sejak pertama dipamerkan pada Mei 2021.

"Kami pikir kami sudah menemukan terbosan dalam hal teknologi komunikasi yang bisa membuat anda merasa lebih dekat dan terhubung dengan orang-orang yang berlokasi di manapun di dunia," jelas Andrew Nartker, director of product management untuk Starline.

Namun Nartker juga mengakui, kalau perjalanan Starline ini masih sangat panjang sebelum bisa dijual ke publik, itu pun kalau bisa mencapai tahap tersebut.

"Teknologi ini masih berada pada tahap awal, namun kami pikir ini sangat seru dan merupakan sebuah terobosan. Namun ini belum menjadi sebuah produk untuk saat ini," tambah Nartker.

Prototipe Starline ini dipasang di kantor Salesforce, WeWork, T-Mobile, dan Hackensack Meridian Health -- semua di Amerika Serikat, sebagai bagian dari early akses untuk program tersebut, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (14/9/2022).

Menurut Google, sudah ada 100 perusahaan yang menjajal Project Starline di kantor Google. Dan kini proyek tersebut sudah "naik kelas" karena mulai diuji di luar kantor Google.

Google percaya kalau Starline ini bisa membantuk komunikasi antara perusahaan dan konsumennya yang lokasinya berjauhan. Dibanding video chat biasa, teknologi hologram ini dinilai bisa lebih "hadir", dan memberikan kedekatan antara perusahaan dan konsumennya.

[Gambas:Youtube]

back to top