• Home
  • Berita
  • Bye Macet! 7 Mobil Terbang yang Akan Siap Meluncur

Bye Macet! 7 Mobil Terbang yang Akan Siap Meluncur

Redaksi
Mar 14, 2023
Bye Macet! 7 Mobil Terbang yang Akan Siap Meluncur
Yogyakarta -

Siapa sih yang tidak terpesona dengan mobil yang bisa terbang? Tidak lama lagi, masyarakat awam bisa membeli mobil terbang.

Banyak pihak yang sudah bereksperimen membuat mobil fantasi ini. Bahkan pencipta mobil pertama di Amerika, Henry Ford pernah menciptakan Ford Flivver pada tahun 1926, yakni sebuah mesin terbang kecil.

Perlu Detikers ketahui, beberapa mobil terbang tidak sukses secara komersial. Meskipun, mobil tersebut terlihat benar-benar terbang.

Impian soal mobil terbang ini sudah diangkat ke film dan juga acara TV. Baru-baru ini, banyak pihak yang menginvestasikan uangnya hingga 7 miliar dolar (Rp 107 triliun) untuk memproduksi mobil terbang listrik.

eVTOL merupakan mobil terbang dengan tenaga baterai, layaknya mobil listrik yang tidak menghasilkan polusi. Beberapa perusahaan yang memproduksi mobil terbang antara lain Lilium, Volocopter, Ehang, Vertical Aerospace, dan Joby Aviation.

Nah daripada kamu penasaran apa saja sih mobil terbang yang akan meluncur dalam waktu dekat? Yuk simak penjelasan mengenai 7 mobil terbang yang tidak lama lagi akan meluncur, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (14/3/2023):

1. Klein Vision AirCar

Foto: (KleinVision)

Klein Vision AirCar merupakan mobil terbang yang direkayasa oleh BMW dan telah mempunyai 'Official Certificate Of Airworthiness,' atau sertifikat resmi kelaikan udara pada awal 2022 oleh Otoritas Transportasi Slovakia dengan menyelesaikan 70 jam pengujian penerbangan serta lebih dari 200 lepas landas dan juga mendarat.

2. PAL-V Liberty

Foto: (PAL-V Liberty)

PAL-V Liberty adalah mobil terbang yang diproduksi oleh perusahaan Belanda pada tahun 2018 lalu dan disertifikasi penuh pada Februari 2021 oleh Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa. Pengiriman PAL-V Liberty untuk konsumen dimungkinkan akan terjadi pada tahun 2024.

3. AeroMobil 4.0

Foto: (Aero Mobil)

Pada tahun 2018 lalu perusahaan AeroMobil merilis render versi 5.0 dari mobil terbangnya. Namun, pada 2021 rumornya bahwa versi 4.0 akan tersedia dua kursi yang dapat dikendarai serta akan terbang pada 2023.

4. Terrafugia TF-X

Foto: (Terrafugia)

Terrafugia TF-X merupakan mobil terbang yang didirikan pada tahun 2006 di Massachusetts, AS dengan konsep Transition. Geely mengakuisisinya pada 2017 lalu. Perlu Detikers ketahui bahwa perusahaan ini sebelumnya telah menunjukkan TF-X yang melesat 321 km/jam, untuk rilis mendatang.

5. Porsche x Boeing

Foto: (Porsche)

Porsche x Boeing tidak ketinggalan menjajaki pasar mobil terbang premium sejak 2019. Apabila kamu ingin memilih dua perusahaan untuk berkolaborasi dalam mobil terbang, Porsche dan Boeing akan menjadi prioritas yang teratas.

6. Joby Aviation x Toyota

Foto: (Joby Aviation)

Toyota merupakan perusahaan mobil yang melihat potensi ke langit dengan menginvestasikan 300 juta poundsterling (Rp 5,5 triliun) untuk start-up taksi hexacopter terbang yakni Joby Aviation yaitu pada awal tahun 2020.

7. Renault AIR4

Foto: (Renault)

Renault AIR4 secara teknis bisa terbang ke langit meskipun bukan mobil terbang karena kurangnya roda. Kendaraan ala drone ini diciptakan guna memperingati ulang tahun ke-60 Renault 4 pada tahun 2021.

Nah itu tadi detikers, 7 mobil terbang yang diperkirakan akan segera meluncur. Perlu kamu ketahui, bahwa mobil terbang telah menjadi impian selama lebih dari 70 tahun. Secara bertahap, mobil impian tersebut semakin mendekati kenyataan.

Sudah banyak perusahaan mencoba dengan prototipe yang menyerupai helikopter pribadi atau drone besar. Waduh keren banget ya, kalau Detikers apakah ingin memiliki salah satu dari 7 mobil terbang tersebut? Yuk komen di bawah ya!

*Artikel ini ditulis oleh Windi Yusnita peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.



Simak Video "Penampakan Mobil Terbang saat Mengudara di Dubai"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/asj)
back to top