• Home
  • Berita
  • Bill Gates Sebut Tanam Pohon Tak Berguna, Bos Teknologi Tersinggung

Bill Gates Sebut Tanam Pohon Tak Berguna, Bos Teknologi Tersinggung

Redaksi
Oct 01, 2023
Bill Gates Sebut Tanam Pohon Tak Berguna, Bos Teknologi Tersinggung
Jakarta -

Bill Gates dikenal sebagai pecinta alam dan mengkampanyekan upaya mengantisipasi perubahan iklim. Namun ternyata, ia kurang menyarankan menanam pohon untuk menangkis perubahan iklim. Hal ini membuat seorang juragan teknologi gerah.

"Namun saya tidak menggunakan beberapa pendekatan yang kurang terbukti (untuk atasi perubahan iklim). Saya tidak menanam pohon," ujar Gates belum lama ini.

"Itu sama sekali tidak masuk akal. Maksud saya, apakah kita orang-orang sains atau seorang idiot? Kita mau jadi yang mana?" Gates menjawab David Gelles, wartawan The New York Times, saat menyebut banyak orang yakin bila kita menanam cukup pohon, maka itu akan menyelesaikan isu iklim.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ilmuwan iklim menemukan menanam banyak pohon efeknya kecil dalam menghentikan pemanasan global. Ini dikarenakan butuh banyak waktu bagi pohon jadi dewasa dan menyerap cukup karbon. Berdasarkan analisis dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), menanam triliunan pohon hanya bisa menekan pemanasan 0,15 derajat Celcius di tahun 2100.

Nah, CEO Salesforce Marc Benioff, yang telah mengeluarkan dana USD 300 juta untuk penanaman pohon guna mengatasi perubahan iklim, merasa tersinggung.

"Saya benar-benar tidak mengerti mengapa dia melontarkan omelan seperti itu. Yang pertama, kita semua harus mencapai net zero (untuk atasi perubahan iklim). Dan yang kedua, kita harus menanam satu triliun pohon," cetusnya.

Benioff pernah blak-blakan mengenai tanggung jawab perusahaan terhadap polusi dan cara terbaik untuk mengurangi jejak karbon. "Kami pikir setiap perusahaan harus fokus pada cara menyerap karbon yang mereka hasilkan, kata Benioff kepada Insider pada tahun 2019. "Itu tidak terlalu sulit. Kita semua bisa melakukannya dengan sangat mudah."

Dia juga merupakan pendukung kuat penanaman pohon. "Hal yang paling bisa kita lakukan adalah dengan lebih banyak pohon. Anda dapat memperoleh 205 gigaton penyerapan karbon untuk setiap triliun pohon. Kita membutuhkan lebih banyak pohon," kata dia.

Meskipun menanam pohon dapat membantu mengurangi krisis iklim dan melindungi hutan yang ada merupakan hal yang penting, penelitian memang menunjukkan bahwa menanam pohon saja tidak cukup untuk menyelesaikan perubahan iklim saja.

Untuk menangkap hanya 10% karbondioksida yang kita keluarkan setiap tahunnya, kita harus menutupi seluruh wilayah Amerika Serikat dengan pepohonan. Meskipun menanam lebih banyak pohon merupakan tujuan positif, namun tidak ada cukup ruang di dunia untuk semua pohon yang kita perlukan.



Simak Video "Gaya Bill Gates Gendong Cucu Pertamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/agt)
back to top