Bill Gates Mendadak Puja Puji China

Redaksi
Jan 28, 2023
Bill Gates Mendadak Puja Puji China

Bill Gates mendadak melontarkan pujian pada China dan kebangkitan mereka saat ini. Menurut sang pendiri Microsoft, kebangkitan China adalah kemenangan besar bagi dunia.

"Saya cenderung melihat bahwa kebangkitan China itu merupakan sebuah kemenangan besar bagi dunia," katanya dalam kunjungan ke Australia baru-baru ini, seperti dikutip detikINET dari Fox News. Kenapa demikian?

"Maksud saya, (China) itu adalah 20% dari umat manusia. Mereka pada hari ini cocok dengan porsi ekonomi global mereka, populasi global mereka sesuai (dengan ekonominya)," tambahnya.

"Anda tahu, negara-negara seperti Australia, Amerika Serikat, kami memiliki PDB per kapita lima kali lipat dari yang dimiliki oleh orang Cina. Jadi ekonomi dunia kita tidak proporsional," lanjut Bill Gates.

Berbicara mengenai sikap Amerika Serikat ke China yang kadang penuh curiga dan juga dibalas balik oleh China, menurut Bill Gates hal itu adalah mentalitas sama-sama kalah. Memang hubungan China dan AS masih memanas, misalnya dalam perang teknologi.

"Jika Anda bertanya pada politisi AS 'hei, apakah Anda ingin ekonomi China menyusut 20% atau tumbuh 20%,' saya khawatir mereka akan memilih 'ya, mari kita bunuh orang-orang itu," cetusnya.

Padahal kerja sama AS dan China sangat penting dalam berbagai sektor krusial seperti perubahan iklim. Hal itu yang menurutnya kurang dipahami di AS. Di sisi lain, meski menilai kebangkitan China positif, Bill Gates mengakui bahwa negara itu bukan negara demokrasi dan merupakan kasus istimewa soal tingkat kemakmuran yang cukup tinggi.

back to top