• Home
  • Berita
  • Bespoke AI Samsung, Bikin Perangkat Rumah Pintar Plus Hemat Energi

Bespoke AI Samsung, Bikin Perangkat Rumah Pintar Plus Hemat Energi

Redaksi
Sep 19, 2024
Bespoke AI Samsung, Bikin Perangkat Rumah Pintar Plus Hemat Energi
Jakarta -

Samsung mengeluarkan lini baru Bespoke AI. Dengan memanfaatkan AI, penggunaan produk teknologi ini menjadi lebih mudah dan bahkan hemat energi.

Dalam acara Samsung DA Media Hands On 'Do Less, Live More, with Bespoke AI Home Appliances', Kamis (19/9/2024), Joseph Martius Head of Home Appliances Business Samsung Electronics Indonesia menjelaskan bahwa Bespoke hadir dengan sesuatu yang baru.

"Tahun ini, Bespoke muncul dengan sesuatu yang baru, sebelumnya dengan desain unik dan warna menarik, sekarang kita menanamkan teknologi baru, Bespoke AI," ujarnya kepada rekan media.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bespoke merupakan lini produk terbaru Samsung yang terdiri dari kulkas, mesin cuci, pengering, hingga air purifier. Semua produk tersebut dapat terkoneksi dengan aplikasi yang dikembangkan oleh Samsung yakni SmartThings.

Ada sekitar 350 juta lebih brand yang terdaftar untuk SmartThings secara global. Tercatat pula, ada sekitar 200.000 keluarga yang secara aktif menggunakannya.

ADVERTISEMENT

Dari segala keunggulannya, Smart Energy Saving dan Monitoring adalah yang paling menarik. Segala aktivitas dan penggunaan perangkat yang terhubung dapat diukur, bahkan dapat diketahui perangkat mana yang paling makan watt.

"Misalnya kita connect dengan kulkas, satu jamnya 27 watt/hour, kali 24 jam pemakaian. Itu bayangin. Kalikan dengan spending per watt. Kita jadi bisa tahu penghematan setiap bulannya. Jadi bisa terukur," terangnya.

Terpantau jumlah penghematan yang didapat setiap bulannya. Foto: Aisyah/detikINET

Joseph menekankan bahwa hemat energi adalah salah satu misi Samsung dalam mendorong Bumi yang lebih baik lagi. Tak perlu repor-repot, konsumen dapat memantau aplikasi SmartThings untuk mengetahui berapa banyak energi yang berhasil dikurangi. Bahkan, konsumen dapat melihat konversi dalam bentuk rupiah untuk penghematan yang berhasil dilakukan.

"Bisa cek di SmartThings berapa energy saving yang didapat. Dengan Bespoke, mesin cuci bisa 70% lebih hemat dari mesin cuci biasa. Kulkas dengan AI energy bahkan bisa mengatur kerja kompresor, kemudian siklus bunga es, sehingga penghematannya mencapai 15% saat digunakan," akunya.

Segala pengaturan untuk mesin cuci bisa diatur lewat SmartThings. Foto: Aisyah/detikINET


Karyawan Samsung di India Mogok Kerja Sejak 9 September

Karyawan Samsung di India Mogok Kerja Sejak 9 September


(ask/fay)
back to top