• Home
  • Berita
  • Ini Dia Bahan Peledak yang Ditanam Mossad di Pager Hizbullah

Ini Dia Bahan Peledak yang Ditanam Mossad di Pager Hizbullah

Redaksi
Sep 19, 2024
Ini Dia Bahan Peledak yang Ditanam Mossad di Pager Hizbullah
Jakarta -

Badan mata-mata Israel, Mossad, diduga memodifikasi pager yang ditujukan pada Hizbullah beberapa bulan yang lalu. Pager itu disusupi dengan bahan peledak, berfungsi sebagai semacam bom yang bisa diledakkan dari jarak jauh.

Dikutip detikINET dari New York Post, Kamis (19/9/2024) menurut sumber Sky News Arabia, agen Mossad dilaporkan menaruh Pentaerythritol tetranitrate (PETN), materi yang sangat eksplosif, di dalam komponen baterai pager tersebut. PETN kadang digunakan untuk militer.

Menurut sang sumber, pager kemudian diledakkan dengan sinyal eksternal, menyebabkan baterainya overheat dan meledak. Operasi yang kompleks itu meledakkan ribuan pager, menyebabkan 9 korban meninggal dan sekitar 2.800 terluka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Mossad meletakkan peledak PETN di baterai, yang diledakkan dengan meningkatkan suhu," kata sumber bersangkutan.

Pager yang meledak adalah model terbaru yang dibeli Hizbullah dalam beberapa bulan belakangan dan didistribusikan pada para anggotanya. Salah satu sumber Hizbullah mengatakan beberapa anggotanya merasakan pager yang dipakainya mendadak panas dan meledak.

ADVERTISEMENT

Bagaimana cara Mossad menyusupi pager tersebut masih belum dijelaskan. Kemungkinan mereka mencegatnya sebelum sampai di tangan Hizbullah, menyusup saat proses produksi, atau ada mata-mata di Hizbullah.

Seorang sumber keamanan senior Lebanon, mengatakan kalau Hizbullah telah memesan 5.000 pager dari perusahaan bernama Gold Apollo. Hsu Ching-kuang yang merupakan pendiri Gold Apollo membantah pager yang digunakan para militan Hizbullah itu dibuat oleh perusahaannya yang berbasis di Taiwan.

Ia kemudian mengungkapkan fakta bahwa pager tersebut dibuat oleh perusahaan di Eropa yang memiliki hak menggunakan merek Gold Apollo. "Produk itu bukan milik kami. Yang ada hanya merek kami," ujar Hsu.



Update Ledakan Pager Hizbullah: 12 Orang Tewas-2.800 Lainnya Terluka

Update Ledakan Pager Hizbullah: 12 Orang Tewas-2.800 Lainnya Terluka


(fyk/fay)
back to top