• Home
  • Berita
  • Besok Aplikasi PeduliLindungi Berubah Jadi Satu Sehat Mobile

Besok Aplikasi PeduliLindungi Berubah Jadi Satu Sehat Mobile

Redaksi
Feb 27, 2023
Besok Aplikasi PeduliLindungi Berubah Jadi Satu Sehat Mobile

Aplikasi PeduliLindungi berubah menjadi Satu Sehat Mobile besok, Selasa (28/2/2023).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memantapkan diri untuk melakukan transisi terhadap PeduliLindungi, yang semula hanya dipakai ketika COVID-19 kini akan menjadi sebuah aplikasi kesehatan masyarakat.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan pengguna tidak perlu uninstall PeduliLindungi, sebab nanti akan berubah seiring pembaruan yang dilakukan Kemenkes.

"Nanti PeduliLindungi akan kita transformasikan ke platform Satu Sehat. Di mana teman-teman yang sudah punya, karena sudah download tetapi bisa pakai," ujar Budi beberapa waktu lalu.

Secara fungsi, aplikasi Satu Sehat Mobile akan lebih luas manfaatnya daripada pendahulunya saat bernama PeduliLindungi. Kemenkes menyebutkan Satu Sehat Mobile lebih kepada kesehatan secara menyeluruh hingga soal rekam medis pengguna dapat dipantau di HP.

Bahkan saat ini, pengguna yang sudah memiliki PeduliLindungi telah diinformasikan untuk segera bermigrasi ke Satu Sehat Mobile.

Berdasarkan pantauan detikINET, pada bagian preferensi di aplikasi PeduliLindungi terpampang ikon Beta. Di dalamnya meminta pengguna untuk memberikan izin akses pertukaran data dari PeduliLindungi jadi Satu Sehat Mobile.

Jika pengguna bersedia memberikan akses ke Satu Sehat dari PeduliLindungi, selanjutnya akses pertukaran data sudah dilakukan.

"Ringkasan rekam medis Anda terhubung dengan Satu Sehat," tulisnya.

Diluncurkan sejak April 2020, aplikasi PeduliLindungi jadi andalan pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19 melalui fitur dan layanan kesehatan digital yang dihadirkan, mulai memantau penyebaran virus, sertifikat vaksin, dokumen perjalanan, hingga fitur check-in saat memasuki suatu area.Berdasarkan data yang diungkap pada akhir Desember 2022, ada sebanyak 103 juta pengguna aplikasi PeduliLindungi.

Kini setelah sekitar dua tahun eksis, PeduliLindungi akan 'dimatikan' dan diubah menjadi Satu Sehat Mobile oleh Kementerian Kesehatan pada 28 Februari 2023.

back to top