• Home
  • Berita
  • Bareng JNE & Shopee, Pakar Marketplace Bagi Tips buat UMKM di Era Digital

Bareng JNE & Shopee, Pakar Marketplace Bagi Tips buat UMKM di Era Digital

Redaksi
Aug 23, 2024
Bareng JNE & Shopee, Pakar Marketplace Bagi Tips buat UMKM di Era Digital
Jakarta -

Pengusaha Jonathan Kho dikenal sebagai pakar marketplace yang sering membagikan konten tentang dunia bisnis online di akun Instagram @ceritaombotak. Dalam acara talkshow JNE Gollaborasi 2024 yang digelar di Jakarta (22/8), ia membagikan strategi praktis bagi penjual UMKM untuk meningkatkan traffic pelanggan ke toko dan penjualan di platform ecommerce.

Sebagai pemilik toko online Tabasa Official di Shopee, pria yang juga dikenal dengan nama Om Botak ini mengupas tuntas bagaimana penggunaan judul produk yang tepat dan fitur iklan dapat mendongkrak omzet UMKM dengan mengoptimalkan traffic.

Dia menyoroti pemahaman mendalam tentang fitur-fitur ini adalah kunci untuk meningkatkan visibilitas produk di platform ecommerce, seperti Shopee. Om Botak menekankan salah satu cara paling efektif untuk menarik perhatian calon pembeli adalah melalui judul produk yang tepat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Judul produk itu ibarat etalase pertama yang dilihat pelanggan. Judul produk yang menarik dan sesuai dengan kata kunci yang sering dicari pembeli, akan membuat iklan kita lebih menonjol. Ini adalah salah satu trik sederhana, tapi dampaknya sangat besar terhadap penjualan," jelas Om Botak dalam keterangannya, Jumat (23/8/2024).

Lebih lanjut, Om Botak juga menjelaskan pentingnya memanfaatkan fitur iklan di Shopee, dengan tujuan meningkatkan visibilitas produk di antara ribuan pesaing lainnya. Seller mentor ini menyebutkan melalui pemasangan iklan yang efisien, penjual tidak hanya dapat menjangkau lebih banyak audiens yang sesuai dengan target, namun juga membawa traffic berkualitas yang siap melakukan pembelian.

ADVERTISEMENT
Foto: Istimewa

"Ketika ada pertanyaan dari teman-teman UMKM, kenapa omzet mereka tidak kunjung naik meskipun sudah menggunakan iklan adalah dengan mengecek fakta-faktanya dulu. Apakah bidding iklannya sudah tepat? Sudahkah konversi diperbaiki, mulai dari foto, deskripsi, hingga stok produk? Usahakan semuanya sudah optimal, sehingga iklan yang kita pasang bisa menghasilkan return of investment yang bagus," tegas Om Botak.

Kombinasi antara judul produk yang menarik dan strategi iklan yang efektif adalah salah satu kunci untuk meningkatkan traffic secara signifikan, sehingga potensi penjualan pun ikut melonjak. Dengan tips-tips praktis ini, Om Botak mengajak para UMKM untuk lebih berani dan kreatif dalam memanfaatkan setiap peluang untuk bisa mengembangkan bisnis melalui platform marketplace.

Sebagai informasi, acara JNE Gollaborasi 2024 bertajuk UMKM Creative Movement, adalah inisiatif dari JNE bekerja sama dengan Shopee dengan tujuan untuk membantu perkembangan UMKM agar lebih kreatif dalam mengelola usaha online mereka. Acara ini dihadiri oleh 100 peserta, yang sebagian besar merupakan penjual UMKM di Shopee.

Mereka dibekali dengan berbagai tips dan trik untuk mengoptimalkan bisnis secara online, mencari solusi atas masalah yang dihadapi, serta mengelola visual dari toko dan produk yang dijual. Tidak hanya itu, cerita sukses dan serta kreativitas UMKM dalam berjualan online juga dibagikan untuk meningkatkan motivasi para peserta.



Kala Sandiaga Uno Apresiasi UMKM Gorontalo

Kala Sandiaga Uno Apresiasi UMKM Gorontalo


(akn/ega)
back to top