• Home
  • Berita
  • Astronom Temukan Bentuk Wajah Senyum di Mars, Ini Penjelasannya

Astronom Temukan Bentuk Wajah Senyum di Mars, Ini Penjelasannya

Redaksi
Sep 15, 2024
Astronom Temukan Bentuk Wajah Senyum di Mars, Ini Penjelasannya
Jakarta -

European Space Agency (ESA) telah menemukan struktur wajah tersenyum di permukaan planet Mars. Diperkirakan pola ini menandakan adanya kehidupan di sana.

Mereka mengungkapkan kalau struktur tersebut berwarna keunguan. ESA menjelaskan bentuk wajah tersenyum ini berasal dari endapan garam klorida pada masa lampau, yang mengelilingi kawah.

Fotonya berhasil ditangkap menggunakan kamera ExoMars Trace Gas Orbiter (TGO) kepunyaan ESA. Mereka menjelaskan di Instagram resminya, Sabtu (14/9/2024), endapan tersebut merupakan sisa-sisa danau yang mengering miliaran tahun lalu di Mars, dan menunjukkan wilayah itu layak huni.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikatakan seperti wajah tersenyum, karena tidak hanya menampilkan lekukan bibir yang seolah senyum. Tapi fotonya juga menunjukkan kawah yang bentuknya mirip dua bola mata dengan ukuran berbeda-beda.

Apabila melihatnya sekilas, orang-orang pasti akan menyamakan bentuknya seperti emot senyum yang ada di WhatsApp. Bedanya ini berwarna keunguan bukan kuning keemasan. Namun sampai sekarang belum diketahui seberapa besar ukuran endapan berbentuk wajah ini.

ADVERTISEMENT

Ilmuwan ESA, Valentin Bickel, menambahkan, keberadaan endapan garam karena kelarutan dalam air, merupakan penanda masa lalu Mars yang berair dan dapat mengindikasikan terakhir kalinya suatu wilayah tertutup air.

"Data baru ini memiliki implikasi penting bagi pemahaman kita tentang distribusi air di Mars awal, serta iklim dan kelayakhuniannya di masa lalu," katanya.

Menurut Valentin, kemungkinan besar endapan garam tersebut terbentuk dari kolam air atau air garam dangkal, yang menguap akibat sinar Matahari.

"Orang-orang menggunakan metode serupa untuk memproduksi garam untuk konsumsi manusia di kolam air asin di Bumi," kata Valentin.

Meski begitu, hingga saat ini, para ahli merasa baik-baik saja menanggapi data terbaru ini dengan senyum.



Dua Cara Ini Jitu Hadapi Triple Planetary Crisis

Dua Cara Ini Jitu Hadapi Triple Planetary Crisis


(hps/asj)
back to top