• Home
  • Berita
  • Apple Kuasai Pasar Ponsel Premium di Indonesia Pada Q3 2022

Apple Kuasai Pasar Ponsel Premium di Indonesia Pada Q3 2022

Redaksi
Nov 16, 2022
Apple Kuasai Pasar Ponsel Premium di Indonesia Pada Q3 2022

Pasar ponsel premium Indonesia sepanjang kuartal ketiga (Q3) mengalami peningkatan 19%. Apple menjadi sang penguasa segmen pasar di atas USD 700 atau Rp 10 juta, diikuti oleh Samsung.

Demikian hasil laporan perusahaan riset Counterpoint soal pasar ponsel Indonesia sepanjang September 2022. Kendati Samsung berada di posisi kedua di segmen flagship, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu berjaya di ponsel kelas menengah.

Samsung berada posisi teratas di segmen harga USD 500-699 (Rp 8-10 juta), USD 350-499 (Rp 5-8 juta) dan USD 250-349 (Rp 4-5 juta). Oppo membayangi di posisi kedua pada tiga pasar tersebut.

Oppo berhasil jadi penguasa di pasar ponsel harga di bawah USD 150 (Rp 2,5 juta), dengan Vivo di posisi kedua. Namun Oppo harus mengakui keunggulan Vivo di segmen harga USD 150-249 (Rp 2,5-4 juta).

Walau Samsung menguasai tiga segmen harga, Counterpoint mendapuk Oppo sebagai pemimpin pasar ponsel Indonesia sepanjang Q3 2022. Di posisi kedua Samsung diikuti Vivo di peringkat ketiga.

Counterpoint memberikan laporan yang mengejutkan. Pasar ponsel di atas Rp 8 juta mengalami kenaikan signifikan.

Sebaliknya ponsel di bawah Rp 8 juta menurun. Bahkan pasar ponsel harga di bawah Rp 2,5 juta merosot hingga minus 38% bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menurut Counterpoint, pasar harga di atas Rp 8 juta tidak terpengaruh oleh situasi ekonomi makro, salah satunya kenaikan harga BBM bersubsidi.

"Segmen harga Rp 8-10 juta dapat menjadi pasar yang menarik mengingat pertumbuhannya yang tinggi di masa ekonomi yang bergejolak. Di Indonesia, OEM menawarkan spesifikasi seperti RAM 8-12GB, ROM 256, kapasitas baterai 4000-6000mAh, dan kemampuan 5G. Spesifikasi sesuai permintaan ini dapat membantu dalam penargetan konsumen yang lebih baik," kata Febriman Abdillah, Analis Senior Conterpoint, Rabu (16/11/2022).

Saluran online smartphone tumbuh 8% YoY pada Q3 2022 mencapai 22% dari keseluruhan pengiriman. Ketersediaan produk adalah salah satu pendorong utama yang memotivasi konsumen untuk mengunjungi platform online.

Selain promo harga, cashback, gratis ongkos kirim, dan bonus poin dari e-finance, kesempatan mendapatkan produk terbaru melalui skema pre-order menjadi daya tarik lain dari kanal online tersebut. Di antara pemain e-commerce, Shopee mempertahankan posisi teratas diikuti oleh Akulaku, Lazada, Tokopedia dan Blibli .

Selain pasar, OEM telah meningkatkan saluran online mereka sendiri, seperti toko online Xiaomi , Oppo, Realme, dan Samsung. Toko belanja virtual seperti Samsung Experience Store bisa menjadi lompatan penerapan teknologi dalam menghubungkan produk dengan konsumen.

Pangsa smartphone 5G mencapai 25% pada Q3 2022, sedikit lebih lambat dari negara tetangga Indonesia di Asia Tenggara. Pengiriman smartphone 5G tumbuh 42% YoY.

Pertumbuhan ini sebagian besar berasal dari kisaran harga Rp 4-5 juta karena sebagian besar smartphone di kisaran harga yang lebih tinggi sudah siap untuk 5G. Di kisaran harga Rp 4-5 juta, Samsung dan Vivo memimpin pertumbuhan 5G dengan seri Galaxy A33, seri M33, dan Vivo Y75.

back to top