• Home
  • Berita
  • Aplikasi PeduliLindungi Gangguan, Pengguna Diimbau Download Sertifikat Vaksin

Aplikasi PeduliLindungi Gangguan, Pengguna Diimbau Download Sertifikat Vaksin

Redaksi
Feb 28, 2023
Aplikasi PeduliLindungi Gangguan, Pengguna Diimbau Download Sertifikat Vaksin

Sejumlah fitur aplikasi PeduliLindungi mengalami gangguan jelang perubahan menjadi SatuSehat Mobile pada 1 Maret mendatang.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan gangguan tersebut dikarenakan aplikasi sejuta umat ini sedang dalam masa transisi ke SatuSehat Mobile.

Proses tersebut yang membuat sejumlah fitur yang ada di dalam aplikasi PeduliLindungi tidak berjalan sesuai semestinya.

Untuk itu, Kemenkes telah menganjurkan yang dapat dilakukan oleh pengguna PeduliLindungi, seperti dikutip dari postingan Instagram @pedulilindungi.id, Selasa (28/2/2023):

Sejak diluncurkan dua tahun lalu, Kemenkes akan 'mematikan' PeduliLindungi dan mengubahnya menjadi SatuSehat Mobile.

Saat ini proses transisi aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile tengah dilakukan. Ketika perubahan aplikasi tersebut sudah rampung, secara fungsi dan manfaatnya akan lebih berkembang lagi.

Jika di era PeduliLindungi untuk membantu menangani pandemi dengan adanya fitur dan layanan kesehatan digital yang dihadirkan, mulai memantau penyebaran virus, sertifikat vaksin, dokumen perjalanan, hingga fitur check-in saat memasuki suatu area.

Di aplikasi SatuSehat Mobile pengguna memungkinkan sejumlah fitur yang tak hanya soal vaksin saja, tapi juga imunisasi anak, pengingat jadwal minum obat, rekam medis elektronik (RME), hingga mengenai layanan kesehatan terintegrasi.

Mengenai keamanan data SatuSehat Mobile, Kemenkes menjanjikan data pengguna terlindungi. Adapun soal ini, Kemenkes sudah berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam melakukan sertifikasi aplikasi, menentukan bentuk sistem keamanan, tata kelola teknologi, sampai mengenai register manajemen dan sumber daya manusianya.

back to top