• Home
  • Berita
  • Apakah Harus Cabut Colokan TV saat Ada Petir?

Apakah Harus Cabut Colokan TV saat Ada Petir?

Redaksi
Mar 14, 2024
Apakah Harus Cabut Colokan TV saat Ada Petir?
Jakarta -

Saat masih kecil, orangtua mengingatkan untuk mencabut seluruh kabel barang elektronik saat hujan disertai petir. Katanya, hal ini dapat menyelamatkan barang elektronik dari risiko kerusakan disambar petir. Apakah hal itu benar adanya?

Dikutip dari CNET, Department of Homeland Security mengatakan bahwa kamu harus mencabut colokan semua barang elektronik. Ini dikarenakan petir yang menyambar di dekat tiang listrik setempat dapat menyebabkan lonjakan aliran listrik melalui saluran listrik.

Stop kontak di Amerika Utara dirancang menggunakan daya 120 volt dan dapat menahan hingga 169 volt. Di wilayah lain, angkanya bisa naik mencapai 240 volt. Tapi, ketika petir menciptakan lonjakan listrik, tegangannya bisa lebih dari itu sehingga dapat 'memanggang' peralatan yang tersambung.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Karena itu, meski lonjakan akibat petir jarang terjadi, kamu setidaknya harus mencabut perangkat elektronik seperti TV atau konsol game. Lebih lanjut, disarankan untuk mencabut perangkat elektronik sebelum badai melanda wilayah untuk alasan keselamatan.

Apakah aman jika sudah menggunakan sekring?

Banyak orang berpikir bahwa pelindung lonjakan arus (sekring) akan menyelamatkan barang elektronik dari lonjakan listrik akibat petir, padahal tidak. Sekring dimaksudkan untuk melindungi terhadap lonjakan kecil yang umum terjadi pada jaringan listrik yang terjadi dari waktu ke waktu. Mereka dapat membantu mengurangi lonjakan listrik sebelum mencapai perangkat kamu, namun tidak dirancang untuk melindungi barang dari lonjakan listrik besar-besaran yang terjadi saat sambaran petir.

Apa yang dapat melindungi perangkat kamu adalah surge protector atau suppressor seluruh rumah. Ini jauh lebih mahal daripada sekring biasa. tapi akan membantu menekan lonjakan listrik besar yang disebabkan oleh petir yang masuk ke rumah kamu melalui saluran listrik. Akan tetapi, itu tidak berarti dapat menjaga rumah kamu tetap aman dari sambaran petir.



Simak Video "Penampakan Masjid di Jagakarsa Usai Disambar Petir"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)
back to top