Apa Itu Sertifikasi GoA Level 3 & Teknologi CTBC di LRT Jabodebek
LRT Jabodebek yang diresmikan Presiden Jokowi, merupakan transportasi yang menerapkan teknologi Communication-Based Train Control (CTBC).
Sistem CBTC merupakan sistem di mana seluruh pengoperasian kereta dapat dikendalikan dari Operation Control Center (OCC). Artinya, LRT Jabodebek memiliki sistem otomatis dalam pengoperasian pergerakan kereta maupun proyeksi jadwal operasi LRT Jabodebek.
Cara kerja LRT Jabodebek dengan sistem CBTC adalah dengan mengikuti jadwal yang sudah diunggah ke dalam sistem persinyalan di OCC. Setelah itu, LRT Jabodebek akan beroperasi mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan.
Dari pantauan detikINET saat menaiki LRT Jabodebek bersama Presiden Jokowi setelah peresmian, Kamis (28//8/2023) rangkaian LRT Jabodebek dapat bergerak tanpa masinis. Namun, tetap ada petugas yang berfungsi untuk penanganan kondisi darurat. Petugas ini disebut Train Attendant.
Grade of Automation Level 3
Tingkat otomatisasi pengoperasian LRT Jabodebek sudah mendapat sertifikasi Grade of Automation (GoA) level 3. Sertifikasi ini ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan lewat Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KP 765 Tahun 2017.
Seperti dilansir detikINET dari laman LRT Jabodebek, sertifikasi GoA dibagi dalam empat tingkatan.
Pada GoA level 1, rangkaian kereta masih perlu dioperasikan oleh masinis. Lalu, GoA level 2, hanya sistem penutupan pintu dan pembukaan pintu yang harus dioperasikan masinis. Selanjutnya pada GoA level 3 seperti pada LRT Jabodebek, kereta dapat bergerak otomatis tanpa masinis dan pada GoA level 4 seluruh sistem operasi sudah bergerak secara otomatis.
Pengereman LRT Jakarta
Pada kesempatan yang diberikan pada awak media untuk menjajal LRT Jakarta setelah diresmikan, terdapat gesekan yang agak kasar saat LRT Jakarta melakukan pengereman.
Menurut Direktur Jenderal PT Kereta Api Indonesia (KAI) Risal Wasal yang sebelumnya juga merupakan Direktur Pembinaan Keselamatan Kementerian Perhubungan, itu merupakan efek kecil dari GoA karena dioperasikan oleh operator.
Kendati demikian, ia memastikan bahwa LRT Jabodebek akan mencoba memperhalus sistem pengeraman rangkaian kereta.
"Bukan kasar, itulah yang namanya GoA 3 karena dioperasikan oleh operator, kami toleransi dalam sistemnya maupun infrastrukturnya. Ke depan kita coba perhalus lah ya," jelas Risal.
Simak Video "Catat! Lokasi Parkir Stasiun LRT Jabodebek yang Akan Beroperasi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)