• Home
  • Berita
  • Apa Itu Green Screen? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

Apa Itu Green Screen? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

Redaksi
Oct 09, 2023
Apa Itu Green Screen? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya
Daftar Isi
  • Apa Itu Green Screen
  • Cara Kerja Green Screen
  • Mengapa Warna Hijau Dijadikan Sebagai Green Screen
Jakarta -

Ketika Anda menonton film fiksi ilmiah, pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara pengambilan gambarnya? Trik apa yang digunakan untuk menciptakan adegan atau film di tempat tak terduga?

Jawabannya ternyata sederhana yaitu green screen. Teknik ini memungkinkan produksi film dengan adegan atau lokasi beragam hanya dengan menggunakan sebuah efek khusus.

Lantas, sebenarnya apa itu green screen, bagaimana cara kerjanya, dan mengapa harus berwarna hijau? Simak jawabannya pada artikel berikut ini!

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apa Itu Green Screen

Dilansir dari berbagai sumber, green screen adalah latar belakang berwarna hijau terang yang digunakan dalam fotografi dan videografi. Prinsipnya adalah menggantikan latar belakang asli dengan latar belakang yang berbeda.

Teknologi green screen memungkinkan penggabungan beberapa gambar dengan mengganti dan menggabungkan latar belakang, memungkinkan perubahan latar belakang dalam tahap pasca-produksi. Ini akan menciptakan transisi mulus dari lokasi pengambilan gambar ke latar belakang yang diedit.

Green screen memungkinkan penciptaan latar belakang yang diperlukan tanpa perlu pengambilan gambar outdoor yang mahal.

Layar hijau biasanya terbuat dari nylon spandex sintetis yang elastis, tetapi kain berwarna hijau terang lainnya juga bisa digunakan.

Cara Kerja Green Screen

Mengutip dari laman MasterClass, green screen menjadi komponen kunci dalam proses produksi film dan televisi yang dikenal sebagai "chroma keying," di mana aksi yang difokuskan ke depan digabungkan dengan rekaman latar belakang yang difilmkan secara terpisah atau dibuat.

Proses efek visual yang disebut "chroma keying" ini menjadikan latar belakang atau green screen menjadi penting. Green screen berfungsi untuk menyediakan latar belakang yang pada akhirnya dapat dihapus selama proses chroma key. Ini dicapai dalam tiga langkah:

  1. Adegan difilmkan di depan layar hijau, biasanya menggunakan kamera digital.
  2. Setelah tahap produksi selesai, pengedit film akan menggunakan perangkat lunak pengeditan untuk menghapus rentang warna latar belakang (hijau dalam kasus ini), sehingga hanya aktor dan objek di depan layar hijau yang akan tetap terlihat.
  3. Dalam proses pengeditan video, rekaman ini dapat digabungkan dengan rekaman latar belakang yang telah ada dan efek tambahan, baik yang direkam secara terpisah, dibuat sepenuhnya dengan komputer, atau campuran dari keduanya. Pengeditan video dan perangkat lunak chroma key menjadi sangat penting dalam tahap ini dari proses produksi.

Mengapa Warna Hijau Dijadikan Sebagai Green Screen

Dikutip dari laman Clideo, pada awalnya, warna utama yang digunakan untuk latar belakang adalah biru. Namun, pada akhir tahun 1970-an, latar belakang biru secara perlahan digantikan oleh latar belakang hijau.

Penggunaan latar belakang hijau dalam produksi video dipengaruhi oleh kebutuhan karakter Superman, yang mengenakan jubah berwarna biru dan memerlukan latar belakang yang berbeda.

Secara teknis, latar belakang dengan warna apapun dapat digunakan. Namun, hijau menjadi pilihan latar belakang yang paling banyak digunakan. Dilansir dari Gearshift.tv, terdapat beberapa jawaban yang bisa menjawab pertanyaan mengapa warna hijau digunakan sebagai green screen.

  • Hijau dipilih karena kontrasnya yang kuat dengan warna kulit sehingga mencegah hilangnya detail kulit dalam hasil akhir.
  • Kamera digital saat ini memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap warna hijau sehingga menghasilkan gambar yang lebih jernih dan bersih.
  • Hijau adalah warna pakaian yang jarang digunakan sehingga kemungkinan terpengaruhnya pakaian oleh proses pengeditan menjadi lebih rendah.

Dapat disimpulkan bahwa hijau dipilih sebagai warna latar belakang karena latar harus sangat berbeda dari warna subjek untuk memudahkan penghapusan latar belakang dalam proses pengeditan.

Nah, itulah tadi beberapa informasi mengenai green screen. Green screen atau latar hijau dipilih untuk membantu penyuntingan dengan efek CGI. Semoga bermanfaat!



Simak Video "Polisi Bakal Panggil Saksi Ahli Kasus Produksi Film Porno Minggu Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(inf/inf)
back to top