• Home
  • Berita
  • Albert Einstein Ramal Zionis Israel Bikin Bencana di Palestina

Albert Einstein Ramal Zionis Israel Bikin Bencana di Palestina

Redaksi
Nov 24, 2023
Albert Einstein Ramal Zionis Israel Bikin Bencana di Palestina
Jakarta -

Albert Einstein, seorang fisikawan terkenal yang dikenal sebagai penemu teori relativitas, ternyata memiliki pandangan kritis terhadap Zionisme, yaitu gerakan politik yang mendorong pembentukan negara Yahudi di tanah Palestina.

Einstein, yang merupakan seorang Yahudi, tidak setuju dengan cara-cara kekerasan dan diskriminasi yang dilakukan oleh para pemimpin Zionis terhadap penduduk Palestina asli. Dia bahkan meramalkan bahwa pendirian Israel akan membawa bencana bagi perdamaian dan kemanusiaan di Timur Tengah.

Einstein mengekspresikan kritiknya terhadap Zionisme dalam beberapa surat yang ditulisnya pada tahun 1940-an, sebelum dan sesudah Israel secara resmi didirikan pada tahun 1948. Salah satu surat yang paling terkenal adalah surat yang ditulisnya pada tahun 1946 kepada Komisi Penyelidikan Anglo-Amerika untuk isu Palestina.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam surat tersebut, Einstein menyatakan bahwa dia tidak percaya bahwa pembentukan negara Yahudi di Palestina adalah solusi yang tepat untuk masalah Palestina. Einstein berpendapat bahwa pembentukan negara Yahudi akan menimbulkan konflik yang berkepanjangan dan kekerasan dengan penduduk Palestina asli.

Einstein juga khawatir bahwa negara Yahudi akan menjadi negara otoriter yang didasarkan pada kekerasan dan diskriminasi.

"Saya tidak percaya bahwa pembentukan negara Yahudi di Palestina akan membawa solusi untuk masalah Palestina. Sebaliknya, saya percaya bahwa itu akan menciptakan konflik yang berkepanjangan dan kekerasan. Saya juga khawatir bahwa negara Yahudi akan menjadi negara otoriter yang didasarkan pada kekerasan dan diskriminasi. Ini akan bertentangan dengan sifat esensial Yudaisme, yang selalu didasarkan pada nilai-nilai toleransi dan persaudaraan," tulisnya.

Surat lain yang menunjukkan sikap kritis Einstein terhadap Zionisme adalah surat terbuka yang ditulisnya bersama dengan 29 tokoh terkemuka Amerika Serikat lainnya pada tahun 1948, yang diterbitkan oleh The New York Times. Surat terbuka tersebut ditujukan untuk mengkritik pendirian Partai Herut di Israel dan kunjungan Perdana Menteri Israel, Menachem Begin, ke Amerika Serikat.

Partai Herut adalah partai sayap kanan yang berasal dari kelompok teroris Irgun, yang bertanggung jawab atas banyak serangan terhadap warga sipil Palestina dan Inggris, termasuk pemboman Hotel King David di Yerusalem pada tahun 1946.

Einstein dan para penulis surat terbuka tersebut menilai bahwa partai Herut memiliki kemiripan dengan Nazi dan partai fasis lainnya. Mereka juga mengecam kunjungan Begin sebagai upaya untuk mendapatkan dukungan dari Amerika Serikat untuk kebijakan-kebijakan agresif dan ekspansionis Israel. Einstein dan para penulis surat terbuka tersebut menulis:

"Partai Kebebasan yang baru terbentuk di Israel, sebuah partai politik yang organisasinya, metodenya, filosofi politiknya, dan daya tarik sosialnya sangat mirip dengan Nazi dan partai fasis. Kami, yang menandatangani di bawah ini, menggunakan kesempatan ini untuk secara terbuka menyajikan beberapa fakta penting tentang Begin dan partainya, serta mendesak semua pihak untuk tidak mendukung manifestasi fasisme terbaru ini."

Surat-surat Einstein ini menunjukkan bahwa dia adalah seorang intelektual yang kritis terhadap Zionisme dan pendirian Israel. Einstein juga memiliki visi alternatif untuk menyelesaikan masalah Palestina, yaitu dengan mendorong kerjasama dan persatuan antara Yahudi dan Arab di bawah naungan federasi atau bi-nasionalisme. Einstein percaya bahwa hanya dengan cara ini, perdamaian dan kemanusiaan dapat terwujud di tanah Palestina. Einstein menulis:

"Saya sangat mendukung usaha-usaha untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara Yahudi dan Arab di bawah naungan federasi atau bi-nasionalisme. Saya percaya bahwa ini adalah satu-satunya cara untuk menjamin keamanan dan kebahagiaan kedua bangsa di tanah Palestina."

Einstein, yang dikenal sebagai salah satu ilmuwan paling brilian dalam sejarah, ternyata juga memiliki kepekaan moral dan politik yang tinggi. Einstein tidak takut untuk menyuarakan pendapatnya yang berbeda dengan mayoritas Yahudi dan Zionis.

Dia juga tidak ragu untuk mengkritik kekerasan dan ketidakadilan yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina. Einstein, dengan surat-suratnya, telah memberikan contoh bahwa seorang ilmuwan juga harus menjadi seorang humanis dan aktivis.



Simak Video "Prediksi Einstein soal Gelombang Gravitasi di Alam Semesta Terbukti"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)
back to top