• Home
  • Berita
  • 8 Lokasi Lukisan Gua Prasejarah Ribuan Tahun di Indonesia

8 Lokasi Lukisan Gua Prasejarah Ribuan Tahun di Indonesia

Redaksi
Jul 04, 2024
8 Lokasi Lukisan Gua Prasejarah Ribuan Tahun di Indonesia
Daftar Isi
  • 1. Leang Karampuang, Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan
  • 2. Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan
  • 3. Gua Tamrin, Karst Sangkulirang-Mangkalihat, Kalimantan Timur
  • 4. Gua Ham, Karst Sangkulirang-Mangkalihat, Kalimantan Timur
  • 5. Pulau Muna, Sulawesi Tenggara
  • 6. Pulau Seram, Maluku
  • 7. Teluk Speelman, Papua
  • 8. Kabupaten Kokas, Papua
Jakarta -

Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Griffith University, dan Southern Cross University menemukan lukisan gua yang diperkirakan merupakan yang tertua yang pernah ditemukan hingga saat ini, berusia 51 ribu tahun.

Temuan lukisan gua prasejarah di Indonesia menunjukkan bahwa seni rupa manusia di Indonesia dimulai dan berkembang dengan baik sejak saat itu.

Penemuan terbaru ini juga menambah daftar tempat-tempat di Indonesia yang tercatat menyimpan lukisan gua zaman prasejarah yang sangat berharga untuk penelitian tentang manusia di masa itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut adalah beberapa tempat lukisan gua prasejarah di Indonesia, dirangkum detikINET dari berbagai sumber.

1. Leang Karampuang, Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan

Gua di Leang Karampuang, Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan, menyimpan lukisan cadas yang menggambarkan tiga figur menyerupai manusia sedang berinteraksi dengan seekor babi hutan.

ADVERTISEMENT

Tim penelitian ini diketuai Adhi Agus Oktaviana, ahli seni cadas Indonesia dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang saat ini sedang menjalani program doktoral (PhD) di Griffith Centre for Social and Cultural Research (GCSCR).

Menurut Oktaviana, penemuan lukisan Leang Karampaung yang telah berumur setidaknya 51.200 tahun yang lalu ini memiliki implikasi penting terkait pemahaman mengenai asal-usul seni paling awal.

Bonusnya, gua yang terletak di Taman Nasional Bantimurung ini juga merupakan gua terindah di Indonesia, berisi hutan hujan alami dan gua karst yang menutupi lebih dari 43.000 hektar tanah.

2. Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan

Masih dari Sulawesi Selatan, Kabupaten Pangkajene merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang memiliki beberapa lukisan prasejarah di Indonesia, ada Akasaka, Bulu Ballang, Bulu Riba, dan banyak lagi.

Kebanyakan lukisan gua prasejarah yang ditemukan di Kabupaten Pangkajene mewakili variasi warna dan teknik lukisan modern. Tempat ini juga jadi salah satu destinasi terindah di Indonesia Timur yang layak dikunjungi.

3. Gua Tamrin, Karst Sangkulirang-Mangkalihat, Kalimantan Timur

Gua-gua di kawasan Sangkulirang dan Mangkalihat, Kalimantan Timur, memiliki potensi arkeologi. Dua kawasan ini penting bagi ilmu pengetahuan, terletak di dekat Sungai Marang gunung Meratus di Kabupaten Tabalong yang tergolong sebagai salah satu situs prasejarah di Indonesia.

Gua Tamrin memiliki salah satu lukisan gua prasejarah terindah di Indonesia. Terdapat lukisan para penari yang ditutupi topeng yang digambar dengan sempurna. Beberapa dari tarian tersebut akhir-akhir ini dikenal sebagai tarian tradisional di Papua dan beberapa suku Melanesia.

4. Gua Ham, Karst Sangkulirang-Mangkalihat, Kalimantan Timur

Gua Ham masih berada di kawasan yang sama dengan Gua Tamrin, yakni wilayah Karst Sangkulirang-Mangkalihat, Kalimantan Timur. Di gua ini ditemukan lukisan tangan yang indah menggambarkan penari, tangan, tapir, rusa, dan beberapa pohon.

Tercatat ada lebih dari 275 gambar lukisan gua prasejarah di Gua Ham. Salah satu lukisan yang paling populer adalah gambar yang dicetak dengan tangan.

5. Pulau Muna, Sulawesi Tenggara

Pulau Muna di Sulawesi Tenggara memiliki banyak gua yang di dalamnya terdapat lukisan prasejarah. Beberapa di antaranya bisa ditemukan di gua-gua di wilayah Mentanduro, Kolombo, Toko, dan Wa Bose.

Lukisan prasejarah yang ditemukan di Pulau Muna punya keunikan yakni tidak dicat dengan cetakan tangan tetapi menggunakan cat bahan tanah liat merah atau coklat. Gambar-gambar ini mewakili teknik lukisan modern.

6. Pulau Seram, Maluku

Pulau Seram menjadi tempat tinggal utama manusia prasejarah pada masanya. Di Pulau Seram kita akan menemukan beberapa lukisan gua prasejarah, kebanyakan mewakili gambar binatang seperti kuda, keledai, dan banyak lagi.

Serupa dengan lukisan gua prasejarah di Pulau Muna, beberapa lukisan yang ditemukan di Pulau Seram juga mewakili teknik lukisan modern dengan menggunakan beberapa lempung merah sebagai bahan lukisan

7. Teluk Speelman, Papua

Lukisan yang ditemukan di gua-gua di kawasan Teluk Speelman di Papua banyak yang menggambarkan bentuk tangan dan tapak dengan warna merah. Ciri khas ini membedakannya dengan lukisan gua prasejarah lainnya di Indonesia.

Sebagian besar lukisan gua prasejarah yang dapat ditemukan di Teluk Speelman mewakili sosok manusia, kadal, ikan, dan kapal. Orang-orang Papua percaya bahwa gambar itu dibuat oleh nenek moyang mereka ribuan tahun yang lalu.

8. Kabupaten Kokas, Papua

Sebagian besar wilayah Kabupaten Kokas, Papua, ditutupi oleh gua yang banyak menyimpan lukisan prasejarah.

Lukisan-lukisan ini dapat ditemukan di Andamata, Fior, Forir, Darembang, dan Goras. Sebagian besar lukisan gua prasejarah di sekitar kawasan tersebut merupakan tempat keramat bagi masyarakat setempat.



Turis Belanda Coret-coret Dinding Bangunan Romawi Kuno di Italia

Turis Belanda Coret-coret Dinding Bangunan Romawi Kuno di Italia


(rns/fay)
back to top