• Home
  • Berita
  • Review Xiaomi Pad 6S Pro 12.4: Asyik untuk Kerja dan Main Game

Review Xiaomi Pad 6S Pro 12.4: Asyik untuk Kerja dan Main Game

Redaksi
Jul 04, 2024
Review Xiaomi Pad 6S Pro 12.4: Asyik untuk Kerja dan Main Game
Jakarta -

Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 resmi hadir di Indonesia sejak bulan Mei silam. Tablet ini memadukan spesifikasi tinggi dengan harga ramah kantong.

Karena itu detikINET langsung penasaran menjajalnya. Dan selama sebulan ini, Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 digunakan untuk kerja dan menikmati hiburan.

Apakah menggunakan tablet ini memuaskan? Simak review singkat Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 di bawah ini:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Desain

Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 tampil sederhana, meski begitu tampak elegan di mata. Ini berkat desain flat di bagian pinggirannya berpadu dengan warna Graphite Gray pada sekujur bodinya.

ADVERTISEMENT

Xiaomi Pad 6S Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Ada modul kamera persegi di pojok atas atas, mengingatkan pada Xiaomi 14. Lalu ada pogo pin direct di kiri atas dekat tulisan Xiaomi, ini untuk memberikan koneksi stabil dan low latency saat terhubung dengan touchpad keyboard.

Tablet ini terbilang tipis, ketebalannya hanya 6,26 mm. Berkat penggunaan material aluminium membuat bobotnya cuma 590 gram.

Jika disatukan dengan case keyboard, beratnya menjadi 1,1 kilogram. Saat dibawa kerja mobile tidak membuat pundak pegal.

Di sisi kanan dan kiri (dalam mode landscape) terdapat empat lubang speaker. Namun sejatinya Xiaomi memasang 6 speaker stereo.

Xiaomi Pad 6S Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Suara yang dikeluarkan begitu lantang. Dengan dukungan Dolby Atmos membuat suguhan audio makin imersif, terutama saat menonton streaming video yang mendukung.

Xiaomi menyediakan satu port USB 3.2 Gen 1. Port ini memiliki kecepatan transfer maksimal 5 Gbit/s dan juga mendukung output video ke monitor eksternal.

Pada bagian atas tablet terdapat magnetic untuk menempelkan sekaligus mengisi ulang stylus. Lalu ada sensor sidik jari yang dipadukan dengan tombol power.

Layar

Seperti namanya, tablet ini memiliki layar berukuran 12,4 inch. Dengan aspek rasio 3:2, membuka file doc atau excel lebih maksimal ketimbang 19:6.

Tapi memang saat memutar video menyisakan area hitam cukup tebal di atas dan bawah konten. Bagi sebagian orang akan merasa terganggu.

Terlepas dari itu, kualitas gambar Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 tak kalah dari tablet menggunakan panel OLED. Layar tablet ini memakai LCD yang mampu menampilkan warna akurat dan kontras yang bagus.

Layar Xiaomi Pad 6S Pro punya bentangan 12,4 inch Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Adanya dukungan Dolby Vision membuat suguhan konten video lebih sinematik. Tak sampai di situ, resolusi 3K dan refresh rate 144Hz bikin asik untuk memainkan game.

Dengan kecerahan mencapai 900 nit bikin layar tetap jelas terlihat saat menggunakan Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 di luar ruangan.

Xiaomi membekali tablet ini dengan stylus bernama Focus Pen. Stylus ini memiliki 8.192 tingkat tekanan dan latensi 3 ms, memberikan pengalaman menulis dan menggambar yang responsif dan intuitif.

Focus Pen memiliki beberapa fungsi tambahan yang unik dengan tiga tombolnya. Tombol tulis, terletak paling dekat dengan ujung pena, memungkinkan kita membuka aplikasi Mi Canvas. Kita dapat beralih di antara berbagai kuas dengan menekan tombol berturut-turut.

Xiaomi Pad 6S Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Beralih ke tombol di tengah digunakan untuk mengambil tangkapan layar dari seluruh tampilan atau bagian yang dipilih. Lalu ada tombol spotlight di bagian atas punya tiga fungsi: dapat mengubah Focus Pen menjadi laser pointer virtual, alat anotasi, atau remote aplikasi kamera.

Bicara aplikasi Mi Canvas, kemampuannya tidak sekadar untuk mencatat. Berkat dipadukan AI, sketsa yang dibuat pakai Focus Pen di aplikasi ini dapat disulap menjadi lukisan dengan berbagai gaya.

HyperOS

Salah satu daya tarik Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 ini adalah sistem operasi yang digunakan. Bagi pengguna tablet atau HP Xiaomi sebelumnya tidak perlu beradaptasi karena sejatinya tidak berbeda dengan MIUI.

HyperOS di tablet ini minim bloatware sehingga tidak capek-capek menghapusnya. Kekhawatiran akan munculnya iklan tidak terbukti, setidaknya sepanjang detikINET menggunakan Xiaomi Pad 6S Pro.

Sejatinya HyperOS memiliki desktop mode yang menyediakan task bar di bagian bawah mempermudah akses aplikasi bila hendak multitasking. Namun multitasking tablet ini tidak maksimal.

Xiaomi Pad 6S Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kita memang bisa membuka tiga aplikasi dan menampilkannya bersandingan. Namun ukuran setiap jendela sekecil layar ponsel.

Desktop Mode HyperOS tidak menyediakan opsi dua aplikasi dibuka bersandingan. Pilihannya cuma membuat aplikasi full screen.

Alhasil bila ingin membuka dua aplikasi bersamaan musti keluar dari mode desktop terlebih dulu. Untung proses penyandingan tidak sulit, kita hanya perlu menekan tiga titik di bagian tas jendela aplikasi, lalu pilih aplikasi kedua.

Semoga saja Xiaomi menyempurnakan Desktop Mode agar proses multitasking benar-benar maksimal.

Terlepas dari itu, berkat HyperOS, kita bisa menampilkan HP Xiaomi ke layar tablet ini. Sehingga tak perlu sering-sering menengok HP untuk mengecek notifikasi, karena semua bisa diakses di Xiaomi Pad 6S Pro, bahkan kita dapat drag-drog file antar perangkat dengan mudah.

Baca Semuanya >>>

Performa

Xiaomi Pad 6S Pro disokong oleh Snapdragon 8 Gen 2 berpadu dengan RAM LPDDR 5X 8 GB. Perpaduan ini memberikan kinerja yang lancar untuk berbagai aktivitas.

Misalnya membuka banyak sekaligus dan berpindah-pindah antar aplikasi tidak terkendala. Memainkan game Genshin Impact dengan 60 fps tidak lag sama sekali, tapi perangkat cenderung terasa sedikit panas setelah beberapa saat bermain.

Agar lebih afdol, detikINET melakukan serangkaian benchmark. Hasil tinggi di kelasnya, sebagai berikut skor yang diraih:

  • Antutu : 1.546.076
  • Geekbench 6 Single-Core : 1.905
  • Geekbench 6 Multi-Core : 4.931
  • PCMark 10 : 16.872
  • 3DMark Wild Life Stress: 10.840 (best), 7.444 (lowest) dan 68,7% (stability)
Hasil bencmark Xiaomi Pad 6s pro

Hasil bencmark Xiaomi Pad 6s pro

Baterai

Xiaomi Pad 6S Pro mengemas baterai 10.000mAh memberi daya pada perangkat seharian digunakan dengan intens. Tak sekadar browsing atau mengetik tugas, detikINET menggunakannya untuk main game dan menonton video streaming.

Untuk membuktikan durasi baterai begitu lama, kami menguji menggunakan PC Mark Work 3.0 Battery Life. Hasilnya Xiaomi Pad 6S Pro menorehkan hasil 13.30 menit.

Xiaomi Pad 6S Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Bikin lebih unggul dari kompetitor, tablet ini punya dukungan HyperCharge 120W dan disertakan adapternya di paket penjualan. Dibutuhkan lebih dari satu jam untuk mengisi daya perangkat dari 20% hingga 100%.

Fitur

Untuk kamera, Xiaomi Pad 6S Pro mendapatkan pengaturan kamera belakang ganda. Komposisinya terdiri dari kamera utama 50MP dan kamera bokeh 2MP. Jujur kami tidak menjajalnya sama sekali.

Malah kamera depan yang dipakai untuk meeting video. Dengan ukuran 32 MP, kualitasnya memuaskan ditambah fitur Focus Frame yang membuat subjek tetap berada di tengah meski bergerak.

Xiaomi Pad 6S Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Xiaomi turut membekali tabletnya ini dengan keyboard case yang memiliki touchpad, memudahkan navigasi meski layarnya touch screen. Mengetik di keyboard case ini nyaman selayaknya laptop.

Opini detikINET

Secara keseluruhan, Xiaomi Pad 6S Pro merupakan tablet yang asyik jadi daily driver tanpa bikin kantong jebol. Aktivitas bekerja atau menikmati hiburan bisa dilakukan lewat tablet ini.

Layarnya memuaskan mata dan punya dapur pacu lancar mengerjakan tugas perkantoran, edit video hingga main game. Tak hanya itu baterainya juga besar dapat menyokong seharian ditambah dukungan fast charging 120W bikin cepat terisi.

Xiaomi Pad 6S Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Tampilan tablet ini juga menarik. Adanya HyperOS dan fitur-fiturnya menambah daya tariknya.

Harga Xiaomi Pad 6S Pro di Indonesia hanya Rp 7.999.000. Jika ingin fungsinya lebih maksimal siapkan dana tambahan untuk membeli keyboard case dan stylus yang dijual terpisah.

(afr/fay)
back to top