• Home
  • Berita
  • 6 Tanda HP Rusak Sampai LCD-nya, Butuh Diservis Segera

6 Tanda HP Rusak Sampai LCD-nya, Butuh Diservis Segera

Redaksi
Jun 13, 2024
6 Tanda HP Rusak Sampai LCD-nya, Butuh Diservis Segera
Jakarta -

LCD atau Liquid Crystal Display merupakan salah satu tipe layar yang digunakan di smartphone. Jika penggunaan HP kurang hati-hati atau sembrono, LCD bisa rusak saat terjatuh, mendapat tekanan, bahkan karena tertimpa sesuatu.

Kamu menyadari layar HP kamu sudah tidak berfungsi sebagaimana seharusnya? Coba cek, apakah tanda-tanda tersebut termasuk enam ciri ini. Dirangkum dari berbagai sumber, ini dia tanda HP rusak kena LCD:

1. Retakan

Jika layar mengalami retakan setelah terjatuh, terbentur, atau mendapatkan tekanan, hati-hati, LCD-nya bisa saja rusak karena hal itu. Meskipun HP masih bisa berjalan setelah retak, perbaikan tetap dibutuhkan karena bagian internal HP terekspos dan LCD mungkin saja rusak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

2. Bintik warna

Coba perhatikan layar HP, apakah ada bintik warna yang tidak sesuai? Atau, apakah kamu melihat ada yang salah dengan warna grafik yang ditampilkan? Ini merupakan salah satu tanda LCD HP rusak yang harus diperhatikan.

Selain bintik warna, timbulnya titik atau area hitam pada layar juga menandakan kerusakan pada LCD.

ADVERTISEMENT

3. Sentuhan layar

Apabila kamu mengalami kesulitan saat menyentuh layar atau ghost touch, ini dapat terjadi karena beberapa faktor. Di antaranya karena HP sudah terlalu panas atau karena LCD yang sudah rusak.

Atau, apakah ketika hendak membuka aplikasi tertentu, yang terbuka justru aplikasi yang lain? Perilaku HP yang seperti ini dikarenakan HP gagal mendeteksi sentuhan pada layar.

4. Gambar yang lompat-lompat

Hal menyebalkan lainnya dari LCD ponsel rusak adalah gambarnya mulai melompat-lompat seolah-olah ada virus. Sulit untuk melihat atau membaca teks jika hal ini terjadi.

5. Ada garis pada layar HP

Ciri paling umum dari LCD yang rusak adalah ditemukan garis pada layar HP berwarna beragam seperti oranye, hijau, atau hitam. Mulanya garis ini bisa terlihat kecil, tapi hati-hati, ini bisa melebar jika tidak ditangani. Garisnya bisa berwujud horizontal atau vertikal.

6. Layar No-Display

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan layar tidak bisa menampilkan gambar. HP yang kena air, terlalu panas, atau karena umur HP yang sudah tua di antaranya. Tapi, layar yang sudah rusak menjadi faktor besar yang membuat HP tidak menampilkan gambar apapun.



Simak Video "Gelombang Panas di Odisha India Telan Korban Jiwa"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)
back to top