5 Lubang Raksasa Terkenal di Dunia

Redaksi
Mar 01, 2023
5 Lubang Raksasa Terkenal di Dunia

Keberadaan sinkhole atau lubang runtuhan menjadi pengingat bahwa alam bisa begitu cepat mengambil apa yang telah diberikannya. Lubang ini bisa menimbulkan bahaya jika muncul di wilayah berpenduduk.

Di sisi lain, sinkhole juga menjadi keajaiban alam yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Kita bisa menjumpai banyak sinkhole masing-masing dengan ciri khasnya. Ada yang menyimpan air bawah tanah, bahkan ada yang berisi hutan.

Dari banyaknya sinkhole di berbagai dunia, setidaknya berikut adalah hitung mundur 5 lubang raksasa paling terkenal seperti dikutip dari Listverse, Rabu (1/3/2023).

Dengan total kedalaman 339 meter, El Zacaton dikenal sebagai sinkhole berisi air terdalam di dunia. Meskipun Pozzo del Merro, yang memiliki kedalaman 392 meter lebih dalam, masih belum jelas apakah itu sinkhole atau gua yang hampir vertikal.

Setidaknya, satu penyelam telah kehilangan nyawa saat mencoba mencapai dasar lubang ini. Fitur alam paling mencolok dan terkenal di lanskap karst ini adalah sinkhole El Zacatón.

Lebih dari 20 fenomena berbeda dapat ditemukan di area ini, antara lain mata air yang dipanaskan aktivitas vulkanik bawah tanah, gua, dan formasi travertine. Selain itu ada lima lubang runtuhan aneh yang dekat satu sama lain tetapi tidak terhubung. El Zacaton merupakan yang terdalam dari semuanya.

Cave of Swallows adalah rumah bagi keanekaragaman hayati. Kawasan ini berada di antara enam gua bawah tanah yang paling menakjubkan dan tak berdasar.

Karena kurang terjamah manusia, tempat ini menjadi bagian San Luis Potos's Protected Natural Area. Poros vertikal gua ini turun sejauh 372 meter 580 meter dari tepi yang lebih tinggi sebelum mencapai dasarnya.

Cave of Swallows pada dasarnya adalah lubang menganga berukuran 49 hingga 62 meter di dasar hutan. Gua ini cukup tinggi untuk pelompat BASE (Buildings, Antennas, Spans, and Earth) untuk melompat dari tepi dan jatuh bebas selama beberapa detik sebelum membuka parasut mereka. Karenanya, lokasi ini populer di kalangan penggemar olahraga ekstrem.

Great Blue Hole of Belize adalah salah satu keajaiban alam yang terletak di lepas pantai Belize di pantai timur Amerika Tengah, tak jauh dari Center of Lighthouse Reef, sebuah atol sekitar 100 kilometer dari Belize City di daratan.

Great Blue Hole memiliki kedalaman 125 meter dan lebar lebih dari 300 meter. Area ini merupakan bagian dari Belize Barrier Reef Reserve System yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Bentuknya seperti lingkaran sempurna di tengah terumbu karang yang dikenal sebagai Lighthouse Reef.

Fenomena karst Crveno Jezero terkenal dengan ukurannya yang besar dan karakteristiknya yang khas di seluruh dunia. Beberapa pengukuran hidrologi di permukaan danau dilakukan pada tahun 1950-an, termasuk pembacaan kedalaman di 39 lokasi.

Dengan 18 cekungan besar atau kecil yang kering atau berisi air, Crveno Jezero Red Lake, yang letaknya kurang dari satu kilometer di sebelah barat Imotski, adalah yang terbesar di area tersebut baik dari segi luas area yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Namanya mengacu pada bebatuan merah yang bertengger di tebing yang menjulang lebih dari 250 meter di atas tanah.

Xiaoxhai Tiankeng, menjadi sinkhole terbesar dan terdalam di dunia sejauh ini. Beberapa ahli bertanya-tanya apakah formasi misterius sinkhole ini adalah hasil meteorit menabrak Bumi.

Sementara itu, ahli lainnya meyakini bahwa sinkhole tersebut secara bertahap terbentuk selama sekitar 128 ribu tahun, karena air yang merembes ke sungai bawah tanah perlahan 'mengukir' batu kapur di sekitarnya.

Namun satu hal yang pasti, kedalamannya diestimasi 660 meter dengan volume 130 juta meter kubik. Tiankeng yang berarti Lubang Surgawi, merupakan rumah bagi ekosistem sekitar 1.285 spesies tanaman dan hewan. Di musim hujan, air terjun mengalir dari mulut lubang, menuju sungai bawah tanah dan jaringan gua di dasarnya.

back to top