• Home
  • Berita
  • 44 Warga Banjarmasin Diduga Mabuk Kecubung, Kok Bisa Sampai Dirawat di RSJ?

44 Warga Banjarmasin Diduga Mabuk Kecubung, Kok Bisa Sampai Dirawat di RSJ?

Redaksi
Jul 13, 2024
44 Warga Banjarmasin Diduga Mabuk Kecubung, Kok Bisa Sampai Dirawat di RSJ?
Jakarta -

Kasus dugaan mabuk kecubung di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, membuat 44 orang dirawat Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum. Apa yang membuat orang yang mabuk kecubung bisa dirawat di RSJ?

Dihubungi detikINET melalui pesan singkat, Jumat (12/7/2024), dr Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience (IMAN) mengatakan faktor keselamatan diri adalah hal utama.

"Kebanyakan sih bukan masuk kategori adiksi atau kecanduan, tapi dirawat karena gejala gangguan psikiatrinya menonjol," jelas laki-laki yang menempuh pendidikan di King's College London tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi, kebanyakan memang menangani kegawatdarutannya, termasuk gawat darurat psikiatri seperti melukai diri sendiri atau kecenderungan bunuh diri," lanjutnya.

Selain perawatan gangguan psikiatri, ada juga terapi gangguan fisik yang muncul akibat mabuk kecubung. Karena itu, tiap pasien mendapatkan treatment yang berbeda-beda.

ADVERTISEMENT

Ditanya soal seberapa banyak kecubung yang harus dikonsumsi untuk membuat pemakannya mabuk, dr Hari menjelaskan bahwa tiap orang punya toleransi yang berbeda. Apalagi jika orang tersebut adalah pengguna naive atau tidak pernah pakai sebelumnya, akan lebih mudah untuk membuatnya merasakan efek.

"Ini (pengguna naive) lebih rentan untuk mengalami intoksikasi," jelasnya.

Untuk bagian apa yang biasanya digunakan untuk mabuk kecubung, dr Hari menyebut buahnya. Adapun penyalahgunaan kecubung untuk pesta banyak ragamnya, salah satunya dijadikan cocktailing.

"Iya, bisa juga dia cocktailing, jadi sambil minum alkohol atau dicampur dengan narkoba atau zat lain," tandasnya.



Simak Video "Berkunjung ke Desa Cempaka, Tempat Pendulangan Intan di Banjarbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)
back to top