• Home
  • Berita
  • 4 Sekte dan Penyembahannya yang Paling Aneh di Dunia

4 Sekte dan Penyembahannya yang Paling Aneh di Dunia

Redaksi
Feb 12, 2023
4 Sekte dan Penyembahannya yang Paling Aneh di Dunia

Sekte adalah kelompok yang memisahkan diri dari kelompok besar karena memiliki perbedaan terkait hal doktriner. Sekte biasanya memiliki kepercayaan dan praktik yang bagi kebanyakan orang tidak biasa.

Dirangkum detikINET, ada begitu banyak sekte di dunia. Namun, sekte-sekte ini bisa dibilang memiliki media penyembahan yang unik dan tergolong aneh. Ada yang memuja alien hingga motor. Berikut ini deretan sekte paling aneh di dunia.

Ivo Benda ialah pendiri sekte Universe People sejak tahun 1997. Berdasarkan kepercayaan Benda, alien memiliki armada kapal yang mengorbit Bumi pada waktu tertentu, dipimpin oleh alien bernama Ashtar. Alien-alien ini dipercaya memperhatikan orang-orang Bumi dan barangsiapa yang telah berhasil menjadi pengikut yang baik, dia harus bersiap diangkut ke dimensi lain.

Menurut kepercayaan anggota sekte, makhluk luar angkasa telah berkomunikasi dengan Benda dengan berbagai jenis kontak sejak Oktober 1997. Ada yang secara telepati, bahkan diklaim juga melalui kontak langsung.

Selanjutnya ada Realisme yang penganutnya percaya bahwa nabi dan rasul adalah alien. Tak tanggung-tanggung, pengikutnya sangat banyak. Terakhir tercatat beberapa tahun lalu sudah menyentuh angka 65 ribu di 86 negara.

Sekte ini mengajarkan kehidupan di Bumi diciptakan oleh makhluk luar angkasa alias alien, yang disebut Elohim. Alien ini menyerupai manusia dan sering melakukan kontak dengan manusia.

Sekte Pana-Wave berasal dari Jepang dan didirikan oleh seorang wanita bernama Yuko Chino di tahun 1977. Penganut sekte ini merasa takut dengan kehadiran gelombang elektromagnetik di zaman modern. Menurut mereka, gelombang elektromagnetik membuat perubahan iklim, merusak lingkungan, dan menimbulkan penyakit.

Untuk ajarannya, Pana-Wave menggabungkan unsur-unsur agama Kristen, Buddhisme dan ajaran baru. Mereka mengenakan pakaian putih-putih sejak 1990-an karena meyakini bisa melindungi mereka dari gelombang elektromagnetik berbahaya.

Sekte ini sebenarnya bukan sebuah agama, melainkan salah satu gerakan spiritual di dunia yang menyembah kendaraan. Cerita bermula semenjak penduduk Desa Chotila di Rajasthan, India, mendirikan sebuah kuil untuk sepeda motor dan pemiliknya yang tewas, Om Banna.

Awalnya, motor Royal Enfield 350 CC yang dinaiki Om Banna yang akrab disapa 'Bullet Baba' diamankan polisi semenjak insiden kecelakaan. Tapi menurut masyarakat sekitar, berulang kali motor itu kembali ke lokasi kecelakaan. Sekarang, beberapa orang mengunjungi sembari membawa karangan bunga dan benang suci. Warga juga menyembah pohon yang berada di tempat kecelakaan.

back to top