• Home
  • Berita
  • 10 Kenangan di Warnet yang Bikin Nostalgia

10 Kenangan di Warnet yang Bikin Nostalgia

Redaksi
Oct 17, 2024
10 Kenangan di Warnet yang Bikin Nostalgia
Daftar Isi
  • Kenangan Anak Warnet
  • 1. Biling Lumba-lumba 2. Pilih Paketan atau Reguler? 3. Playlist Penjaga Warnet yang Itu-itu Saja 4. Main Game dan Friendster 5. Cheat Code di Game 6. Flashdisk Terkena Virus 7. Waktu Tambahan dari Penjaga Warnet 8. Folder \ 9. Begadang Semalaman di Warnet 10. Sekat Pemisah
Jakarta -

Perangkat komputer dan akses internet di era 2000-an tidak seperti saat ini. Dahulu masih banyak orang yang belum memiliki personal computer beserta akses internetnya. Sehingga warung internet alias warnet banyak dikunjungi.

Di warnet, anak-anak muda biasanya bermain game, membuka Friendster, hingga mengerjakan tugas dan mendownload lagu. Nah, kalau detikers pernah atau sering datang ke tempat itu, simak sejumlah kenangan di warnet yang bisa bikin nostalgia di bawah ini.

Kenangan Anak Warnet

Mengutip catatan detikcom, berikut sederet kenangan dan momen di warnet yang sulit terlupakan:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Biling Lumba-lumba

Saat tiba di depan komputer, anak warnet akan disambut dengan layar biling yang menampilkan gambar seekor lumba-lumba sedang berenang di laut. Biling lumba-lumba ini khas warnet banget deh.

2. Pilih Paketan atau Reguler?

Untuk menggunakan komputer, detikers akan dihadapkan dengan opsi paket atau reguler. Kalau paketan, bisa pilih waktu sejam, 3 jam, 5 jam, sampai 10 jam.

ADVERTISEMENT

Biasanya pemain warnet memilih paketan karena tarifnya yang lebih terjangkau. Selain itu, paketan dengan waktu yang lama dipilih supaya puas main game atau buka friendster.

3. Playlist Penjaga Warnet yang Itu-itu Saja

Abang-abang warnet alias penjaga warnet biasanya memutar lagu menggunakan speaker dengan volume kencang. Playlist yang diputar juga itu-itu saja sampai anak-anak yang datang hafal liriknya.

Lagu yang sering diputar seperti "Dear God" milik Avenged Sevenfold, "Welcome to My Life" oleh Simple Plan, atau "Fall for You" dari Secondhand Serenade.

4. Main Game dan Friendster

Selain mengerjakan tugas, detikers yang ke warnet dulu kebanyakan untuk main game online. Game yang sering dimainkan, seperti Point Blank, Lost Saga, Dota 2, hingga Audition AyoDance. Kalau udah main game, bisa sampai lupa waktu deh.

Bukan cuma game, anak warnet juga sering buka Friendster. Di jejaring sosial asal Filipina yang didirikan pada 2001 itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambah teman, juga membagikan foto dan pesan.

5. Cheat Code di Game

Saat main game di warnet, tak sedikit yang menggunakan cheat code nih. Pemain biasanya akan menambahkan kode tertentu untuk menaikkan level karakter atau mendapatkan kekuatan ekstra. Praktik kecurangan ini dilakukan supaya pemain bisa unggul dalam permainan tanpa menghabiskan waktu berjam-jam.

6. Flashdisk Terkena Virus

Karena masih sedikit orang yang punya komputer ataupun laptop, banyak orang datang ke warnet untuk mengerjakan tugas sampai download lagu. Nantinya tugas dan lagu akan disimpan di flashdisk.

Tapi yang bikin menyesakkan, flashdisk bisa terkena virus dan dokumen yang tersimpan dapat terhapus. Kalau terdeteksi ada virus, biasanya abang warnet bakal scan flashdisk pakai Smadav.

7. Waktu Tambahan dari Penjaga Warnet

Internet lemot hingga komputer yang mendadak hang pastinya bikin anak warnet bete. Pasalnya, biling bisa terus berjalan tapi kita tidak bisa menggunakan komputer.

Kalau penjaga warnetnya baik, waktu tambahan bisa dikasih sebagai pengganti waktu yang terbuang itu.

8. Folder "Rahasia" Penjaga Warnet

Di ruang penyimpanan komputer biasanya banyak tersimpan file dengan berbagai macam folder. Di antara puluhan folder yang tersimpan, tak jarang yang menemukan folder "rahasia" milik abang-abang warnet. Nama foldernya sih biasa saja, tapi isinya ya begitulah. Kalau detikers anak warnet sejati pasti paham deh.

9. Begadang Semalaman di Warnet

Tak sedikit yang sampai begadang kalau main di warnet. Biasanya sih di hari libur atau weekend saat besoknya tidak ada jadwal sekolah ataupun ngampus. Dengan pilih paketan, detikers bisa main di depan komputer sampai 10 jam. Itu artinya, anak warnet bisa begadang semalaman.

10. Sekat Pemisah

Sekat pemisah termasuk salah satu alasan yang bikin betah di warnet. Privasi tiap-tiap orang yang datang menggunakan komputer benar terjaga. Namun karena ini juga banyak orang sampai menginap di warnet.

Nah, itu tadi sederet kenangan anak warnet yang bikin nostalgia. Kalau detikers punya momen terkenang apa lagi nih di warnet?



Siap Bangkit Lagi Seusai 'Mati Suri', Begini Sejarah Friendster

Siap Bangkit Lagi Seusai 'Mati Suri', Begini Sejarah Friendster


(azn/row)
back to top