• Home
  • Berita
  • 10 Contoh ISP di Indonesia Beserta Pengertian dan Fungsinya

10 Contoh ISP di Indonesia Beserta Pengertian dan Fungsinya

Redaksi
Jun 04, 2024
10 Contoh ISP di Indonesia Beserta Pengertian dan Fungsinya
Daftar Isi
  • Apa itu ISP?
  • Contoh ISP di Indonesia
  • 1. IndiHome 2. First Media 3. MyRepublic 4. Biznet Home 5. CBN Fiber 6. Megavision 7. MNC Play 8. Iconnet 9. Oxygen 10. XL Satu
  • Fungsi ISP
Jakarta -

Sebagian masyarakat di Indonesia mungkin tidak menyadari bahwa akses internet yang didapatkan sehari-hari berasal dari ISP. ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider, perusahaan yang menyediakan layanan akses internet bagi pelanggannya.

Lalu, apa saja contoh ISP di Indonesia dan seperti apa fungsinya? Simak uraiannya di artikel berikut.

Apa itu ISP?

Dilansir dari laman Universitas Telkom, ISP dapat diartikan sebagai sebuah perusahaan atau institusi, yang memberikan layanan akses internet bagi seluruh pelanggannya.

ISP berperan sebagai perantara utama yang menghubungkan pengguna, dengan jaringan internet global dan sejumlah layanan lainnya, seperti VoIP (Voice over Internet Protocol), email, registrasi domain, hosting web, dan masih banyak lagi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, ISP juga menawarkan layanan berupa perangkat keras, infrastruktur, dan jaringan internet. Sehingga, pengguna dapat mengakses internet melalui koneksi seluler, fiber optik, nirkabel, satelit, media kabel, ataupun DSL (Digital Subscriber Line).

Contoh ISP di Indonesia

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sampai saat ini setidaknya terdapat lebih dari 1000 perusahaan ISP di Indonesia. Namun, hanya ada beberapa layanan ISP yang sering digunakan oleh masyarakat.

Berikut beberapa contoh ISP di Indonesia:

ADVERTISEMENT

1. IndiHome

Merek layanan ISP ini mungkin sudah tidak asing di kalangan masyarakat Indonesia. IndiHome sendiri merupakan produk keluaran perusahaan Telkom Indonesia yang menggunakan teknologi fiber optic untuk menyediakan layanan akses internet berkecepatan tinggi hingga 300 Mbps.

Tak hanya paket internet, IndiHome juga menawarkan fasilitas lainnya seperti telepon rumah dan televisi interaktif (UseeTV). Hal ini seperti yang tertera di laman resmi IndiHome dan Telkom Indonesia.

2. First Media

Dikutip dari laman resminya, First Media merupakan penyedia layanan internet sekaligus televisi berlangganan yang didirikan pada tahun 1994 oleh PT Broadband Multimedia TBK.

Sebagai provider internet tercepat pertama di Indonesia, First Media menawarkan layanan akses internet dengan kecepatan hingga 1 Gbps serta berbagai pilihan paket streaming media (OTT).

3. MyRepublic

MyRepublic juga termasuk dalam jajaran perusahaan ISP bereputasi di Indonesia. Merek ISP yang telah beroperasi sejak 2015 ini, memiliki berbagai paket internet yang cepat dan fleksibel untuk menunjang kebutuhan rumah tangga maupun bisnis kecil.

Beberapa paket yang ditawarkan MyRepublic diantaranya ada paket Internet Fiber, Paket Gamer, dan Paket Combo Internet dan TV.

4. Biznet Home

Contoh ISP berikutnya yang ada di Indonesia yaitu Biznet Home. Seperti yang tertulis di laman Biznet Networks, produk Biznet Home tidak hanya sebatas layanan akses internet, tetapi juga mencakup data center, IPTV, dan cloud computing.

Dengan teknologi jaringan fiber optik tercanggih dan data center terbesar di Indonesia, Biznet Home berkomitmen untuk dapat memberikan layanan internet berkualitas tinggi bagi penggunanya.

5. CBN Fiber

Dengan kecepatan koneksi internet hingga 1 Gbps, CBN Fiber layak masuk dalam daftar ISP teratas dan tercepat di Indonesia. Selain unggul di kecepatan koneksi, merek ISP ini juga menggunakan teknologi Fiber To The Home (FTTH) yang menjamin jaringan internet lebih stabil dan lancar.

Keuntungan lainnya dari CBN Fiber adalah provider internet ini menyediakan layanan tanpa Fair Usage Policy, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengakses internet tanpa batasan kuota atau kecepatan.

6. Megavision

Megavision merupakan merek ISP yang menawarkan produk TV kabel dan paket internet untuk kebutuhan browsing, sosial media, hingga paket internet dengan bandwith besar untuk gaming.

Seperti yang dijelaskan di laman resmi Mega Vision, provider internet ini sudah menggunakan teknologi 100% fiber optic dan tidak mengenakan FUP (Fair Usage Policy).

7. MNC Play

Selanjutnya, ada merek ISP MNC Play milik PT. MNC Kabel Mediacom yang telah berdiri sejak tahun 2013 lalu. Penyedia jasa internet satu ini juga menawarkan koneksi internet kecepatan tinggi hingga 1000 Mbps. Selain produk layanan internet, MNC Play juga menyediakan produk interactive cable TV berkualitas HD dengan lebih dari 170 saluran.

8. Iconnet

Iconnet juga merupakan merek ISP dengan kecepatan layanan internet yang bisa diandalkan. Provider internet ini memiliki beberapa pilihan paket dengan tingkat kecepatan yang bervariasi, mulai dari 20 Mbps hingga 100 Mbps. Seluruh paket internet tersebut sudah didukung teknologi Full Fiber to The Home.

9. Oxygen

Dilansir dari situs reseller Wifi Oxygen, Oxygen Home adalah jenis ISP yang didirikan oleh PT Mora Telematika Indonesia. Oxygen Home bergerak di bidang layanan TV kabel dan Broadband internet dengan kecepatan hingga 100 Mbps.

Penyedia jasa internet ini menawarkan bermacam-macam paket internet dan streaming video dengan harga terjangkau untuk kebutuhan hiburan keluarga di rumah.

10. XL Satu

Contoh ISP di Indonesia yang terakhir adalah XL Satu. Sesuai namanya, XL Satu merupakan produk layanan fixed internet broadband keluaran XL Axiata. Serupa dengan kebanyakan ISP lainnya, XL Satu juga termasuk merk ISP yang sudah menerapkan teknologi fiber optic dan memiliki kecepatan jaringan internet hingga 1 Gbps. Deskripsi ini terdapat di laman resmi XL Axiata.

Fungsi ISP

Selain memiliki fungsi utama sebagai penyedia layanan internet, ISP juga mempunyai beberapa fungsi penting lainnya sebagai berikut:

  • Menyediakan alamat IP (Internet Protocol) sebagai identitas perangkat pengguna.
  • Mengelola dan memelihara infrastruktur jaringan fisik seperti perangkat keras dan perangkat lunak.
  • Menyediakan layanan keamanan, email, penyimpanan online, surel, VoIP dan hosting web.
  • Menyediakan dukungan dan bantuan untuk mengatasi masalah teknis terkait layanan internet.

Demikian penjelasan mengenai ISP beserta contoh dan fungsinya. Dari contoh di atas, ada ISP langganan detikers nggak nih?



Simak Video "Luhut Ungkap Elon Musk Bakal Resmikan Starlink-Bertemu Jokowi di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/khq)
back to top