• Home
  • Berita
  • 10 Aplikasi Desain Grafis di PC dan Laptop yang Sering Dipakai Profesional

10 Aplikasi Desain Grafis di PC dan Laptop yang Sering Dipakai Profesional

Redaksi
Feb 01, 2024
10 Aplikasi Desain Grafis di PC dan Laptop yang Sering Dipakai Profesional
Daftar Isi
  • Aplikasi Desain Grafis Profesional
  • 1. CorelDRAW 2. Adobe Illustrator 3. Adobe Photoshop 4. Adobe InDesign 5. Canva 6. Inkscape 7. Vectr 8. Figma 9. Sketch 10. Affinity Designer
Jakarta -

Menjadi desainer grafis di era digital saat ini merupakan pekerjaan yang menjanjikan sehingga banyak digemari anak muda. Terlebih banyak tawaran pekerjaan di dunia desain grafis yang bisa dilakukan sebagai freelance, usaha sendiri, maupun di perusahaan.

Jika tertarik, kamu tentu harus menguasai aplikasi desain grafis terlebih dahulu. Lantas apa saja aplikasi untuk desain grafis? Dalam artikel ini akan kita ulas 10 aplikasi desain grafis untuk PC atau laptop yang sering dipakai para profesional.

Aplikasi Desain Grafis Profesional

Di bawah ini adalah 10 aplikasi desain grafis yang sering digunakan oleh profesional. Tentunya tidak semuanya harus kamu install di PC atau laptop. Kamu bisa pilih mana yang sesuai buat kamu, baik dari segi fungsi maupun kemudahannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. CorelDRAW

CorelDRAW adalah salah satu aplikasi desain grafis yang paling sering digunakan. Bahkan mungkin aplikasi ini wajib dikuasai para profesional.

Aplikasi ini berbasis vektor, sehingga cocok dipakai untuk membuat logo dan beraneka desain. CorelDRAW juga memberi kemudahan untuk membuat layout untuk berbagai ukuran media, seperti backdrop, pamflet, poster, hingga baliho.

Karena berbasis vektor, desain di aplikasi ini bisa diperbesar sampai resolusi yang kamu inginkan. Kamu bisa export atau import desain dengan berbagai format selain CorelDRAW (CDR), antara lain AI, PSD, JPG, PDF, SVG dan berbagai format lainnya.

2. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator (AI) fungsinya sama dengan CorelDRAW, yakni aplikasi desain grafis berbasis vektor.

Tools di AI tak jauh berbeda dari CorelDRAW, hanya saja tampilannya berbeda. Fungsi tombol shortcut pun ada yang berbeda. Cobalah kedua aplikasi tersebut untuk membandingkan kenyamanan penggunaan.

3. Adobe Photoshop

Adobe juga punya produk bernama Adobe Photoshop. Aplikasi ini sudah sangat akrab kita dengar karena memang sering digunakan, tak hanya profesional, namun juga untuk pribadi.

Aplikasi ini berbasis bitmap. Adobe Photoshop sering digunakan untuk mengubah foto, misalnya mengubah warna, kecerahan, mengganti wajah, mengganti background, dan melakukan berbagai manipulasi foto.

Photoshop juga sering digunakan untuk membuat mockup produk, seperti pakaian, makanan kemasan, dan sebagainya. Dengan demikian, kita tak perlu memfoto produk satu per satu, tapi cukup menempelkan desain pada mockup produk yang telah dibuat.

4. Adobe InDesign

Buat kalian yang berkecimpung di dunia percetakan, Adobe InDesign adalah aplikasi desain grafis yang harus dikuasai.

Aplikasi ini mempermudah kalian dalam menata layout pada media cetak, seperti majalah, buku, koran, atau media yang menggunakan banyak tulisan. Dengan InDesign, penataan tulisan bisa lebih rapi.

5. Canva

Anak zaman sekarang pasti tak asing dengan Canva. Aplikasi desain grafis ini sangat praktis, bahkan tanpa perlu menginstall di PC. Canva dapat dijalankan lewat website, jadi tak perlu memakan ruang penyimpanan komputer.

Di Canva sudah tersedia banyak kebutuhan kamu, mulai dari template untuk berbagai media, hingga elemen untuk melengkapi desain kamu. Kamu bisa membuat logo, curriculum vitae, kartu nama, hingga konten media sosial.

Kamu bisa menggunakannya secara gratis dengan fitur terbatas. Dengan menjadi pelanggan premium, kamu bisa menggunakan lebih banyak template dan bisa menyimpan gambar dengan resolusi yang lebih besar.

6. Inkscape

Inkscape adalah aplikasi desain grafis yang bisa diunduh secara gratis di website resminya. Kamu akan diarahkan untuk mengunduh aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi komputer kamu.

Aplikasi berbasis vektor ini cocok buat kalian yang ingin membuat logo dan karya grafis lainnya. Di website, kamu akan menemukan tutorial dan berbagai tips menggunakan Inkscape.

7. Vectr

Seperti namanya, Vectr adalah aplikasi berbasis vektor. Vectr juga termasuk aplikasi yang gratis untuk diunduh di komputer maupun dijalankan langsung di website.

Tampilan Vectr lebih sederhana dibandingkan aplikasi milik Corel maupun Adobe. Kamu bisa melihat tutorial penggunaan aplikasi ini lewat situs resminya.

8. Figma

Figma adalah salah satu aplikasi desain grafis populer yang berbasis cloud. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat prototype aplikasi, membuat diagram, dan berkolaborasi di papan tulis online.

Fitur Community yang disediakan Figma bisa menjadi referensi kamu untuk membuat desain. Fitur Prototype akan memudahkan desainer untuk mengujinya kepada user.

9. Sketch

Buat kalian pengguna sistem operasi MacOS, ada aplikasi yang menarik, yaitu Sketch. Sketch ini digunakan untuk membuat desain seperti layout website, UI, hingga desain alur aplikasi. Aplikasi ini berbasis vektor, sehingga bisa untuk mengekspor desain dengan resolusi besar.

10. Affinity Designer

Aplikasi desain grafis terakhir adalah Affinity Designer. Ini bisa menjadi alternatif Adobe illustrator untuk membuat desain seperti logo, icon, UI, hingga mockup. Lewat aplikasi ini, kamu akan merasa menggunakan gabungan Photoshop dan Illustrator sekaligus.

Nah, itulah tadi 10 aplikasi desain grafis untuk PC dan laptop yang sering dipakai para profesional. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihlah aplikasi yang menurutmu paling nyaman dipakai.



Simak Video "Resposns TikTok Seusai Universal Music Tarik Lagu-lagunya"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/inf)
back to top