Tokopedia Marketing Solutions Hadirkan Ragam Solusi untuk UMKM
![Tokopedia Marketing Solutions Hadirkan Ragam Solusi untuk UMKM](https://arenagadget.id/assets/uploads/2023/06/tokopedia-marketing-solutions-hadirkan-ragam-solusi-untuk-umkm-tokopedia.png)
Perkembangan teknologi yang kian cepat ditambah dengan serangan COVID-19 membuat banyak pelaku usaha harus melakukan adaptasi. Salah satu wujud adaptasi yang dilakukan yang dengan memanfaatkan ranah digital.
Riset Digital 2023 Indonesia dari We Are Social menunjukkan terdapat 178 juta masyarakat Indonesia yang melakukan belanja online di 2022, meningkat 20 juta orang dibanding tahun sebelumnya. Di 2023, riset Google dan Temasek menunjukkan 82 persen konsumen berencana meningkatkan atau setidaknya mempertahankan penggunaan e-commerce mereka.
Vice President of Marketing Solutions Tokopedia Edwin Chayadi mengatakan hal tersebut membuat berbagai pelaku bisnis terus memfokuskan strategi penjualan dan budget marketing di e-commerce. Untuk mendukung hal tersebut, pihaknya menghadirkan beragam solusi untuk membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya di ranah daring.
"Pelaku bisnis akan semakin fokus pada efisiensi serta mengutamakan strategi marketing dengan metrik kesuksesan dan RoI yang jelas. Tokopedia Marketing Solutions berkomitmen untuk membantu pelaku-pelaku bisnis tersebut mencapai tujuan promosi dengan menyediakan solusi pemasaran menyeluruh, efektif, dan efisien agar mereka dapat mengembangkan bisnis secara berkelanjutan," kata Edwin dalam keterangan tertulis, Kamis (8/6/2023).
Upaya Tokopedia dirasakan oleh sejumlah pelaku UMKM seperti brand kosmetik ESQA, brand fesyen muslim ZOYA dan brand parfum SAFF & Co. Mereka mengakui memanfaatkan platform digital memberikan kemudahan untuk menjangkau konsumen dari berbagai daerah.
Chief Executive Officer ESQA Cosmetics Co-Founders Cindy Angelina menilai Tokopedia merupakan mitra yang tepat membantu ekspansi produknya.
"Untuk memastikan bahwa ekspansi ini menyasar audiens yang tepat, ESQA menunjuk Tokopedia Marketing Solutions - unit bisnis Tokopedia di bidang periklanan digital," kata Cindy.
"Tokopedia Marketing Solutions melengkapi expertise di bidang periklanan dengan kemampuan eksekusi meyakinkan. Hal ini memungkinkan ESQA fokus pada pengembangan produk dan strategi jangka panjang," sambungnya.
Dia mengatakan pihaknya selalu berpartisipasi kampanye Waktu Indonesia Belanja edisi Februari dari Tokopedia untuk mempromosikan rangkaian produk favoritnya seperti cushion, lip gloss, dan liquid concealer dengan promo hingga 60 persen. Usahanya pun turut memanfaatkan berbagai inventori iklan dari Tokopedia seperti, TopAds, Broadcast Chat, Notifications Ads, Search-Autocomplete, Tokopedia Display Network, dan TikTok Dynamic Showcase.
"Dengan penargetan audiens yang tepat, ESQA berhasil menjangkau konsumen yang tepat dan meningkatkan pendapatan hingga 146 persen dan pesanan sebesar 59 persen dengan Return on Ads Spent (RoAS) mencapai 2.75 kali," jelasnya.
Hal serupa pun turut dirasakan oleh Founder dan Owner ZOYA Feny Mustafa ZOYA memutuskan untuk meningkatkan investasi marketingnya di Tokopedia Marketing Solutions unit bisnis Tokopedia di bidang periklanan digital dalam bentuk partisipasi di berbagai kampanye Tokopedia dan optimasi iklan.
"Pada kuartal I 2023, ZOYA berhasil meningkatkan pendapatan sebesar 71% dan pesanan sebesar 42% setelah berpartisipasi pada kampanye Waktu Indonesia Belanja, Gopay Kebut, serta Women in Style dari Tokopedia didukung optimasi iklan dari Tokopedia Marketing Solutions," kata Feny.
Dari optimasi iklan yang dilakukan, ZOYA mendapatkan 6x Return on Ads Spending (RoAS) dari penggunaan TopAds, Tokopedia Display Network, Broadcast Chat, dan Notifications Ads.
"Tokopedia dengan jutaan pengguna wanita dan reputasi kuat di kategori fashion menjadi marketplace yang tepat untuk memasarkan produk kami. Di sisi lain, strategi marketing dan penggunaan optimisasi iklan dari Tokopedia Marketing Solutions membuat kami terhubung dengan profil konsumen yang tepat dan mencapai pertumbuhan pendapatan yang berkelanjutan," tuturnya.
Sementara itu, Co-Founder SAFF & Co. Santi Tan juga mengatakan hal serupa. Dia mengatakan untuk memperkuat pengenalan merek, SAFF & Co. menjalin co-branding dengan Chatime untuk meluncurkan edisi parfum OSTARA di akhir 2022 lalu. Produk tersebut secara eksklusif diluncurkan di Tokopedia
"Produk tersebut secara eksklusif diluncurkan di Tokopedia dan berhasil meraih sukses dengan dukungan optimasi iklan menggunakan produk TopAds dari Tokopedia Marketing Solutions. Di bulan peluncuran tersebut, SAFF & Co., berhasil meningkatkan penjualan sebesar 218% dan pendapatan sebesar 178%. Investasi iklan yang dilakukan juga terbilang efektif dengan Return on Ads Spent (RoAS) mencapai 6.1 kali," kata Santi.
Dia menjelaskan, di 2023, SAFF & Co. meningkatkan investasi marketing-nya di Tokopedia dan kembali melakukan beberapa kolaborasi peluncuran eksklusif lainnya.
"SAFF & Co. terus berinovasi dan berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus berubah. Melalui Tokopedia Marketing Solutions, kami mampu meningkatkan efektivitas pemasaran kami, sehingga kami dapat menawarkan produk kepada orang yang tepat, dengan penawaran yang tepat dan pada waktu yang tepat," tutupnya.
(akn/ega)