• Home
  • Berita
  • Timnas Esports Sea Games 2023 Pulang ke Indonesia, Disambut Bak Pahlawan

Timnas Esports Sea Games 2023 Pulang ke Indonesia, Disambut Bak Pahlawan

Redaksi
May 13, 2023
Timnas Esports Sea Games 2023 Pulang ke Indonesia, Disambut Bak Pahlawan
Jakarta -

Timnas Valorant dan Mobile Legends putri, sukses menyumbang emas untuk Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Kepulangan mereka ke Tanah Air disambut bak pahlawan.

I Gede Made Kartikajaya, Wakil Sekretaris-Jenderal Pengurus besar Esports Indonesia (PBESI), menegaskan bahwa kedua tim tersebut, telah mengukuhkan eksistensi serta harkat martabat esports Indonesia di panggung dunia, berdasarkan informasi yang diterima detikINET.

"Seluruh bangsa ini, terutama masyarakat esports, sangat bangga dengan keberhasilan para atlet esports yang berkat perjuangannya yang luar biasa berhasil meraih emas. Apresiasi setinggi-tingginya dari PB ESI dan seluruh masyarakat, serta tepuk tangan untuk esports Indonesia," katanya.

Karikajaya berharap, dari dua emas ini, seluruh atlet esports yang masih berlaga di SEA Games 2023 Kamboja bisa lebih semangat lagi. Ia ingin agar seluruh pemain bermain dengan penuh totalitas.

Sebagai informasi tambahan bagi yang belum tau, emas pertama diraih oleh Timnas Valorant. Kendati begitu, perjuangan mereka bisa dikatakan sangat berat.

Bukan hanya karena lawan yang harus dihadapi kuat-kuat. Melainkan juga ada drama yang terjadi di laga final Valorant SEA Games 2023.

Saat itu, partai puncak tersebut dinodai oleh aksi curang tim Singapura. Mereka terbukti menggunakan bug abuse, yang sebelumnya sudah peringatkan tidak boleh digunakan.

Di sini Indonesia melakukan protes keras, dan prosesnya begitu alot. Hingga akhirnya, diputuskan bahwa timnas Valorant berhak mendapatkan medali emas.

Hal tersebut terjadi setelah dilakukan meeting yang melibatkan SEAGF, selaku organisasi penyelenggara tertinggi SEA Games 2023 ini. Akhirnya Indonesia ditawarkan medali emas.

"Jadi dua (emas) bagi Indonesia dan Singapura dengan dasar pertimbangan menjaga hubungan antara Indonesia dengan Singapura. Dengan keputusan itu kita mau menerima," papar Tjahjono Prasetyanto selaku Ketua Badan Tim Nasional Esports SEA Games 2023.

Hal mengejutkan juga terjadi di laga final Mobile Legends putri. Namun bukan soal kecurangan, tetapi bagaimana performa dari Filipina yang saat itu menjadi lawan sungguh luar biasa.

Setelah ketinggalan satu game, ternyata mereka mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1. Keunggulan ini membuat Indonesia semakin tertekan dan berada di ujung tanduk, mengingat bila kalah lagi maka Filipina juaranya.

Kendati begitu, para srikandi kebanggaan Indonesia tidak menyerah. Dengan mental juara yang dimiliki Vivian dan kawan-kawan, mereka bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Kemenangan di game keempat itu menciptakan efek domino. Timnas Mobile Legends putri meneruskan dominasinya di game kelima dan berhasil menjadi juara di SEA Games 2023 Kamboja.



Simak Video "Target Timnas Esports Indonesia di SEA Games 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/asj)
back to top