• Home
  • Berita
  • Telkomsel Siap Dukung Aktivitas Pelanggan Selama Ramadan-Idul Fitri

Telkomsel Siap Dukung Aktivitas Pelanggan Selama Ramadan-Idul Fitri

Redaksi
Mar 24, 2023
Telkomsel Siap Dukung Aktivitas Pelanggan Selama Ramadan-Idul Fitri
Jakarta -

Telkomsel melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri 1444 H. Termasuk di antaranya pengamanan kapasitas dan kualitas jaringan mobile broadband andal, menjamin ketersediaan produk, layanan, dan platform digital, serta berbagai program lainnya.

Telkomsel memproyeksikan akan ada pergerakan yang cukup signifikan terhadap trafik komunikasi pelanggan selama periode Ramadan dan Idul Fitri 2023. Untuk trafik layanan data/ broadband, diperkirakan melonjak hingga 11,2 persen dibandingkan hari biasa. Pertumbuhan tersebut diperkirakan dari pertumbuhan aktivitas digital masyarakat.

Antara lain seperti akses layanan media sosial yang melonjak hingga 6,2 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) sekira 20 persen, layanan streaming video tumbuh 15,6 persen, layanan mobile gaming naik 32,4 persen, akses browsing melonjak 2,4 persen, dan akses layanan e-commerce meningkat 7 persen. Adapun untuk traffic layanan panggilan suara (voice call) diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 8,5 persen serta layanan pesan singkat (SMS) tumbuh sekitar 7,1 persen.

"Telkomsel mengucapkan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadan bagi umat muslim di seluruh Indonesia. Momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini terasa akan semakin penuh makna seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberikan kemudahan untuk masyarakat beraktivitas pasca masa pandemi COVID-19 yang sudah mereda. Mengusung tema 'Nyalakan Kebersamaan', kami berharap dapat mendorong semangat kebaikan yang penuh kehangatan," kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam keterangan tertulis, Jumat (24/3/2023).

"Telkomsel sendiri terus mengambil peran terdepan mempersiapkan berbagai inisiatif aktivitas perusahaan guna memastikan kelancaran serta kenyamanan pelanggan beraktivitas dan beribadah di bulan suci yang penuh keberkahan, melalui dukungan pemanfaatan teknologi digital terkini yang melampaui ekspektasi pelanggan," lanjut Hendri.

Guna mengantisipasi pergerakan trafik selama periode Ramadan dan Idul Fitri 2023, keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel telah difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia. POI tersebut mencakup 59 area residensial, 68 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan), 315 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), 28 area jalur mudik utama, serta 20 masjid raya.

Foto: Dok. Telkomsel

Hendri menambahkan serangkaian uji jaringan di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 17.895 Km juga telah dilakukan Telkomsel guna memastikan pengamanan kualitas dan ketersediaan jaringan, termasuk yang menjangkau 2.725 ruas akses tol utama di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Penguatan kapabilitas infrastruktur jaringan juga telah dilakukan Telkomsel melalui peningkatan kapasitas 277 unit BTS 4G/LTE, penambahan 221 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), melengkapi lebih dari 260.000 unit BTS Telkomsel yang melayani 96 persen wilayah populasi di Indonesia dan hampir seluruhnya telah didukung teknologi broadband 4G/LTE.

Hendri memaparkan upaya lain yang telah dipersiapkan Telkomsel yakni dengan menambah kapasitas jaringan untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node) sehingga total menjadi 11.772 Gbps. Sedangkan untuk Internet IX, terdapat penambahan kapasitas sehingga total menjadi 9.180 Gbps. Untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, jaringan teknologi VoLTE (Voice over LTE) Telkomsel telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia yang dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone.

Foto: Dok. Telkomsel

Hendri menyampaikan sejak 2022 Telkomsel secara bertahap telah melakukan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten dan berlanjut hingga tahun ini. Optimalisasi kapabilitas jaringan broadband terdepan bagi pelanggan tersebut juga telah mendapatkan tiga penghargaan dari Ookla® Speedtest Awards™ 2022 untuk performansi jaringan Telkomsel selama kuartal Q3-Q4 2022, yakni kategori Fastest Mobile Network, Best Mobile Coverage, dan Best Mobile Network.

Ada promo untuk pelanggan Telkomsel, klik halaman selanjutnya >>>

Ketersediaan Produk, Promo, hingga Program Loyalitas untuk Pelanggan Telkomsel

Dalam upaya mendampingi pelanggan pada momen Ramadan dan Idul Fitri 2023, Telkomsel menghadirkan beragam promo produk dan layanan gaya hidup digital terkini yang customer centric. Beragam promo khusus tersebut meliputi paket kuota ketengan nonton untuk Platform MAXstream, paket bundling berlangganan platform audio streaming Langit Musik, promo game online pilihan, flash sale, promo spesial Ramadan dari platform Dunia Games, bundling fitur game melalui Paket GamesMAX yang berkolaborasi dengan aplikasi game online Mobile Legend Bang Bang dan Pokemon Go, serta paket bundling Gameqoo dan langganan platform video streaming Disney+ Hotstar. Telkomsel juga akan menggelar kompetisi game online Dunia Games Waktu Indonesia Bermain (DG WIB) yang akan berlangsung selama Ramadan.

Telkomsel, lanjut Hendri, juga akan merilis sejumlah konten digital terbaru dari MAXstream, antara lain film drama remaja 'Suka Duka Uni Unaa', serial komedi 'APOSE', dan film drama percintaan 'Atas Nama Surga'. Selain itu, melalui platform audio streaming Langit Musik, Telkomsel akan menghadirkan berbagai konten live podcast dan online radio dengan beragam teman untuk para pelanggan melalui fitur terbaru Langit Musik Radio dan Langit Musik Live.

Di samping itu, program Mudik Bareng Telkomsel 2023 kembali digelar. Tahun ini, program tersebut dihadirkan untuk pelanggan setia Telkomsel yang berasal dari para pekerja sektor informal, seperti pengemudi ojek online, pekerja kebersihan, dan para pelaku UMKM, dengan tujuan mudik ke sembilan kota menggunakan pilihan moda transportasi kapal laut dan bus.

Hendri menjelaskan pelanggan dapat mengikuti Program Mudik Bareng Telkomsel 2023 dengan menukarkan Telkomsel Poin melalui Aplikasi MyTelkomsel. Selain itu, ragam program penukaran Telkomsel Poin serta berbagai penawaran promo paket kuota data tetap akan hadir selama Ramadan dan Idul Fitri 2023.

Hendri mengaskan Telkomsel memastikan seluruh kanal layanan pelanggan selama Ramadan dan Idul Fitri 2023, mulai dari layanan call center 188, layanan online akun resmi asisten virtual di berbagai platform instant messaging, serta GraPARI Online siap beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pelanggan. Telkomsel telah menyiagakan 376 GraPARI berkolaborasi dengan lebih dari 400 ribu mitra outlet di seluruh Indonesia, serta menghadirkan layanan Posko Telkomsel Siaga yang tersedia di sejumlah titik keramaian dan area transit transportasi mudik untuk melayani kebutuhan pelanggan secara offline (walk-in).

Informasi berbagai promo produk, layanan, dan aktivitas Telkomsel untuk menemani pelanggan selama momen Ramadan dan Idul Fitri 2023 dapat diakses melalui laman tsel.id/nyalakankebersamaan.

#NyalakanKebersamaan untuk Berbagi Kebaikan kepada Sesama

Mendorong semangat berbagi di momen Ramadan dan Idul Fitri 2023, Hendri menyampaikan Telkomsel berkontribusi membantu mengatasi tantangan sosial ekonomi dengan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat melalui sejumlah aktivitas CSR. Serangkaian kegiatan berbagi kebersamaan kepada masyarakat yang membutuhkan akan digelar Telkomsel.

Antara lain dengan penyerahan bantuan kepada 280 masyarakat duafa dalam kondisi sakit/ penyandang disabilitas, 280 guru mengaji, 1.800 masyarakat duafa yang mendapatkan paket buka puasa/ sahur gratis, 1.800 masyarakat duafa yang mendapatkan paket bantuan sembako, 28 masjid, 280 yayasan duafa, disabilitas, serta panti jompo.

"Mengusung konsep sharing economy, bantuan yang diberikan oleh Telkomsel juga akan mengajak partisipasi dan dukungan dari sejumlah pelaku UMKM di wilayah sekitar penerima manfaat yang dilakukan melalui penyediaan makanan gratis untuk berbuka puasa dan sahur, dana sosial, bantuan perangkat ibadah, hingga paket sembako," ujar Hendri.



Simak Video "Suasana Buka Puasa Hari Pertama di Masjid Al Aqsa"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)
back to top