• Home
  • Berita
  • Telkom Ungkap Update Terkini Proses Perkawinan IndiHome-Telkomsel

Telkom Ungkap Update Terkini Proses Perkawinan IndiHome-Telkomsel

Redaksi
Dec 06, 2022
Telkom Ungkap Update Terkini Proses Perkawinan IndiHome-Telkomsel

Telkom kian serius menggarap Fixed Mobile Convergence (FMC) dengan menggabungkan layanan fixed broadband IndiHome ke seluler Telkomsel. Telkom menyebutkan proses perkawinan tersebut tetap sesuai jadwal.

"Mudah-mudahan on schedule. Ini paling awal tahun 2023 sudah mulai sign untuk lebih ke staging kedua," ujar Vice President Marketing Management Telkom, E. Kurniawan dalam diskusi Digital Telco Outlook 2023 di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Kurniawan menjelaskan pada saat ini penggabungan IndiHome dan Telkomsel pada dalam tahap proses perhitungan.

"Valuasi di produk Indihome juga sedang dihitung agar ketika terjadi penggabungan secara bisnis," ucapnya.

"Setelah valuasi disepakati mungkin baru sekitar setelah Maret baru resmi secara komersialnya jalan. Tapi kalau bundling sudah jalan, cuma business to business-nya dan ini kan Telkom Group ya, anak perusahaan dengan Telkom, jadi relatively sebenarnya hanya masalah waktu aja.Paling lambat (kuartal dua-red)," tuturnya.

Kurniawan mencontohkan bentuk produk FMC yang sedang digarap itu produk bundling yang dinamakan IndiHome Orbit, di mana harganya sama dengan menawarkan kecepatan 30 Mbps.

Adapula produk Smooa layanan FMC yang sudah diluncurkan sejak Oktober 2020 lalu. Melalui produk ini, pelanggan dapat berbagi kuota untuk 3-6 nomor ponsel yang berbeda dan tidak terbatas dalam kota yang sama dalam sekali transaksi. Selain itu ada juga gratis nelpon dan SMS ke sesama pengguna Smooa yang ada di satu nomor IndiHome.

"Ke depan kita masih dalam proses perhitungan semuanya. Valuasi di produk IndiHome juga sedang dihitung agar ketika terjadi penggabungan secara bisnis. Kalau sekarang kan produk bundling, kalau besok business to business, jadi sudah pindah ke entitas Telkomsel, maka itu bisa langsung cross kuota, sudah bisa pemakaian kuota bersama," pungkasnya.

Dengan perkawinan IndiHome dan Telkomsel, maka Telkom akan fokus pada Business to Business (B2B) dan Telkomsel menyasar yang berkaitan dengan Business to Consumer (B2C).

back to top