• Home
  • Berita
  • Susul Samsung, Apple Larang Karyawannya Pakai ChatGPT

Susul Samsung, Apple Larang Karyawannya Pakai ChatGPT

Redaksi
May 20, 2023
Susul Samsung, Apple Larang Karyawannya Pakai ChatGPT
Jakarta -

Apple dilaporkan melarang karyawannya menggunakan layanan generative AI seperti ChatGPT. Tidak hanya itu, Apple juga dikabarkan sedang mengembangkan large language model-nya sendiri.

Apple memang dikenal sebagai perusahaan yang menjaga rahasia bisnis dan proyeknya dengan sangat ketat. Sepertinya mereka tidak ingin data rahasia itu bocor ke pihak lain, seperti yang pernah dialami oleh Samsung.

Menurut laporan Wall Street Journal, untuk mencegah kebocoran ini terjadi Apple melarang karyawannya menggunakan ChatGPT dan layanan kecerdasan buatan eksternal lainnya, seperti GitHub Copilot yang bisa menulis kode software secara otomatis, seperti dikutip dari Engadget, Sabtu (20/5/2023).

Apple bukan vendor ponsel pertama yang melarang karyawannya menggunakan ChatGPT. Sebelumnya Samsung sudah melarang karyawannya mengakses ChatGPT setelah tiga karyawan tidak sengaja membagikan rahasia perusahaan ke chatbot itu.

Belum diketahui bagaimana Apple akan membatasi penggunaan layanan generative AI. Tapi di kasus Samsung, mereka membatasi karyawan hanya boleh memberikan perintah atau pertanyaan sepanjang 1.024 karakter teks atau 1 KB.

Generative AI seperti ChatGPT mengandalkan large language model yang menggunakan data dan percakapan dengan pengguna sebagai bahan latihan. Syarat dan ketentuan ChatGPT bahkan mengatakan bahwa percakapan pengguna bisa ditinjau oleh pelatih AI-nya untuk meningkatkan sistem.

Pada Maret lalu, bug di ChatGPT sempat memperlihatkan riwayat chat milik pengguna lain. Setelah itu, OpenAI selaku pengembang ChatGPT merilis pengaturan privasi baru yang bisa diaktifkan pengguna jika mereka ingin mematikan riwayat chat-nya dan tidak ingin datanya dipakai melatih ChatGPT.

Saat ini belum banyak informasi yang diketahui tentang proyek LLM Apple. Tapi raksasa teknologi ini sudah mencaplok sejumlah startup AI dalam beberapa tahun terakhir.

CEO Apple Tim Cook sebelumnya mengatakan bahwa perusahaannya akan mengambil pendekatan yang lebih hati-hati soal AI. "Menurut saya sangat penting untuk berhati-hati dan bijaksana dalam mendekati hal-hal ini," ujar Cook.



Simak Video "Baru 2 Bulan Diluncurkan, ChatGPT Raup 100 Juta Pengguna"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/jsn)
back to top