Stasiun Luar Angkasa Kedatangan 3 Astronot Baru, Kini Jadi 10 Kru

JAKARTA, arenagadget.id - International Space Station (ISS) saat ini sedikit lebih ramai dari biasanya usai kedatangan tiga awak baru. Dengan begitu, jumlah awak di ISS menjadi 10 orang. 

Para pendatangan baru termasuk astronot NASA Frank Rubio dan kosmonot Roscosmos Sergery Prokopyev, dan Dmitri Petelin. Misi tersebut adalah misi pertama Rubio ke luar angkasa. 

Ketiganya tiba dengan pesawat luar angkasa Soyuz Rusia usai peluncuran dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan lebih dari tiga jam sebelumnya. Rubio, Prokopyev, dan Petelin bergabung dengan Komandan Ekspedisi 67 Oleg Artemyev di pos terdepan yang mengorbit, bersama dengan astronot NASA Bob Hines, Kjell Lindgren, dan Jessica Watkins, astronot ESA (Badan Antariksa Eropa) Samantha Cristoforetti, dan kosmonot Denis Matveev, serta Sergey Korsakov dari Roscos .

Anggota kru baru akan menghabiskan enam bulan tinggal dan bekerja di laboratorium berbasis ruang angkasa, melakukan eksperimen sains dalam eksperimen gayaberat mikro dan mungkin mengambil bagian dalam kegiatan ekstravehicular, lebih dikenal sebagai spacewalks, sebagaimana dikutip dari Digital Trends. 

Jumlah kru yang biasa di ISS adalah sekitar enam atau tujuh. Tapi, akan tetap pada 10 hingga 29 September ketika pesawat ruang angkasa Soyuz akan kembali ke Bumi membawa Artemyev, Matveev, dan Korsakov setelah lama tinggal di stasiun luar angkasa.

NASA telah menggambarkan fasilitas orbital, yang mulai beroperasi dua dekade lalu, sebagai "lebih besar dari rumah dengan enam kamar tidur," dengan enam kamar tidur, tiga kamar mandi, gym, dan jendela dengan pandangan 360 derajat, bahkan dengan 10 orang di dalamnya, seharusnya tidak terasa terlalu sempit.

Plus, 10 awak bukanlah yang terbanyak yang pernah menjadi tuan rumah stasiun pada satu waktu dengan rekor saat ini berdiri di 13 anggota awak selama misi pada 2009.

Saat ini adalah waktu sibuk bagi ISS terkait rotasi kru. Setelah kedatangan hari ini dan keberangkatan minggu depan, Hines, Lindgren, Watkins, dan Cristoforetti juga akan kembali ke rumah pada waktu yang hampir bersamaan dengan kedatangan empat anggota awak baru di pesawat ruang angkasa SpaceX Dragon pada awal hingga pertengahan Oktober.