• Home
  • Berita
  • Seram! Bill Gates Ramal Kemunculan AI Super Cerdas dan Kuat

Seram! Bill Gates Ramal Kemunculan AI Super Cerdas dan Kuat

Redaksi
Mar 25, 2023
Seram! Bill Gates Ramal Kemunculan AI Super Cerdas dan Kuat
Jakarta -

Bill Gates tampak sangat bergairah terhadap kecanggihan kecerdasan buatan atau AI semacam ChatGPT. Bahkan sang pendiri Microsoft meramal di masa depan, akan muncul AI super pintar dan kuat.

Saat ini meski ChatGPT terbilang canggih, masih ada berbagai kekurangannya. Misalnya saja, jawaban yang disajikan terkadang salah atau sembarangan, tidak sesuai konteks atau malah hoax. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, Bill Gates memprediksi kekurangan semacam itu akan cepat diperbaiki.

Nah di masa mendatang, Bill Gates pun memprediksi kemunculan AI super cerdas. "AI yang super pintar adalah masa depan kita," tulis Bill Gates di blognya, Gates Notes yang dikutip detikINET.

"Dibanding komputer, otak kita bekerja sangat lambat. Sinyal listrik di otak bergerak dengan kecepatan 1/100.000 sinyal dalam chip silikon. Sekali developer bisa menggeneralisasi algoritma pembelajaran dan menjalankan dengan kecepatan komputer, pencapaian yang mungkin berjarak 1 dekade atau seabad lagi, kita akan punya AGI (artificial general intelligence) yang sangat kuat," papar dia.

"(Teknologi) itu akan dapat melakukan semua yang bisa dilakukan oleh otak manusia, namun tanpa batasan praktis pada ukuran ingatannya atau kecepatan operasinya. Hal ini bakal menjadi perubahan besar," lanjut Gates.

AI yang hebat ini mungkin akan dapat menetapkan tujuan mereka sendiri alias cukup independen. Tentu saja ada potensi bahayanya, misalnya jika sampai lepas kendali.

"Apa tujuan mereka itu? Apa yang terjadi jika mereka bertentangan dengan kepentingan kemanusiaan? Haruskah kita mencoba mencegah AI yang kuat untuk dikembangkan? Pertanyaan-pertanyaan ini akan semakin mendesak seiring berjalannya waktu," cetus Bill Gates.



Simak Video "Giliran Mark Zuckerberg Pamer Pesaing ChatGPT"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)
back to top