• Home
  • Berita
  • Robot Anjing Beraksi: Bisa Jungkir Balik, Tak Menggigit

Robot Anjing Beraksi: Bisa Jungkir Balik, Tak Menggigit

Redaksi
Mar 01, 2023
Robot Anjing Beraksi: Bisa Jungkir Balik, Tak Menggigit

Masa depan sedikit bisa diintip di Mobile World Congress (MWC) 2023. Salah satunya soal binatang peliharaan, robot anjing sudah di depan mata!

Adalah CyberDog yang jadi salah satu teknologi yang menarik perhatian pengunjung acara yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, tersebut.

CyberDog sendiri merupakan besutan Xiaomi. Robot ini beberapa kali terlihat lalu-lalang mengelilingi area pameran yang sangat luas. Namun ketika ditemui detikINET di hall 3 MWC 2023, CyberDog beberapa kali memamerkan kebolehannya.

'Sang pawang' yang bertugas di booth CyberDog menjelaskan, robot ini sejatinya bisa digerakkan via remote control ataupun secara otomatis. Oh iya, bisa dilihat dalam gambar, CyberDog memiliki kaki empat dan tampil dengan gagah. Adapun 'kepalanya' dibekali dengan dua unit kamera yang berfungsi layaknya mata.

Memang jika dilihat, wujud CyberDog mirip robot Spot besutan Boston Dynamics. Spot sudah dijual sejak tahun lalu dengan harga USD 74.500 dan telah digunakan untuk banyak tugas seperti mensurvei tambang yang berbahaya dan membantu dokter terhubung dengan pasien dari jarak jauh.

Adapun CyberDog disebutkan 'sang pawang' merupakan hasil dari kemampuan Xiaomi dari sisi artificial intelligence (AI). Namun melihat perilakunya, CyberDog masih diposisikan layaknya binatang peliharaan, termasuk merespons suara dan mengikuti pemiliknya seperti anjing sungguhan.

Terlihat saat di MWC, CyberDog bisa diperintah untuk mengikuti sang pawang berjalan-jalan. Termasuk untuk jungkir balik dan berguling jika ingin membuat terkesima para pengunjung yang penasaran.

CyberDog ditenagai oleh platform Jetson Xavier AI milik Nvidia dan dilengkapi dengan sejumlah kamera dan sensor yang membantunya bergerak secara otonom. Sensor-sensor tersebut antara lain sensor sentuhan, modul GPS, lensa fisheye ultra-wide, dan kamera Intel RealSense D450 untuk depth-sensing.

back to top