• Home
  • Berita
  • Review Redmi Pad Pro: Tablet Menawan Bagi yang Hobi Ngetik dan Gambar

Review Redmi Pad Pro: Tablet Menawan Bagi yang Hobi Ngetik dan Gambar

Redaksi
Sep 14, 2024
Review Redmi Pad Pro: Tablet Menawan Bagi yang Hobi Ngetik dan Gambar
Jakarta -

Xiaomi telah merilis tablet terbaru bernama Redmi Pad Pro pada akhir Juli kemarin. Sejak kehadirannya, tablet ini menjanjikan soal alat pendukung kerja yang menyenangkan dengan harganya tidak mencekik di kelasnya.

detikINET telah menjajal perangkat ini dalam beberapa pekan terakhir. Simak ulasannya berikut ini.

Desain

Redmi Pad Pro yang diulas oleh detikINET ini adalah varian Graphite Gray. Warna tersebut tampak elegan dan memberikan kesan kalau perangkat ini oke untuk dimiliki. Dalam genggaman pun tak membuat kalian jadi minder.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengingat Xiaomi memproduksi Xiaomi Pad Pro guna menunjang produktivitas pengguna, penggabungan keyboard cover yang terpasang membuat tablet ini terasa menawan dan bikin jatuh hati. Sederhana tapi ciamik.

Mereka menambatkan empat buah speaker Dolby Atmos yang masing-masing ada dua di samping kiri dan kanan. Suara yang dihasilkan tidak ecek-ecek tentunya.

ADVERTISEMENT

Xiaomi Redmi Pad Pro Foto: detikINET/ Rizqy Nur Amalia

Menariknya, walau era sudah semakin maju, Xiaomi masih pakai colokan audio 3,5 mm untuk penggunaan earphone atau headphone kabel. Ini bisa menjadi nilai plus bagi orang yang masih senang dengan aksesoris berbentuk kabel, seperti saya. Tapi, jika ada yang ingin pakai earphone wireless, tablet ini mendukungnya dan koneksinya mudah.

Untuk bagian atasnya, hanya terdapat tombol volume. Sementara tombol power terpisah di samping kiri. Lalu di bagian bawahnya polos karena area ini akan menjadi sandaran jika menggunakan keyboard cover.

Sekilas desain Redmi Pad Pro serupa dengan saudaranya Poco Pad. Itu terlihat kemiripannya dari sisi penempatan Smart Pen di atas tablet, keyboard, maupun ukurannya. Meski begitu, kedua tablet ini punya target pasar yang berbeda.

Xiaomi Redmi Pad Pro Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Layar

Memiliki layar yang membentang 12,1 inch, Redmi Pad Pro akan memberikan pandangan yang cocok bagi penggunanya -dalam hal ini tidak terlalu besar maupun kekecilan-. Bagi yang memiliki mobilitas tinggi, perangkat ini bisa memenuhi kebutuhan kerja, menyalurkan hobi menggambar, maupun hiburan digital, seperti nonton Netflix atau YouTube-an.

Redmi Pad Pro dibekali panel IPS dengan tingkat kecerahan 600 nits, penggunaan di bawah terik matahari masih bisa terlihat walaupun ada pantulan yang membuat layar ini seakan jadi cermin.

Selain itu, perangkat ini sudah refresh rate 120 Hz, pergeseran saat membuka aplikasi satu ke aplikasi lainnya cukup mulus. Adapun layar Redmi Pad Pro ini dilindungi Gorilla Glass 3 agar tidak mudah lecet saat pemakaian.

Fitur split screen memudahkan pengguna untuk berselancar ke lebih banyak tempat di dunia maya. Cara mengaktifkan fitur ini pun mudah, tinggal kalian tekan tombol titik tiga di layar atas, kemudian sesuaikan penempatan layar yang diinginkan.

Ada hal kecil yang cukup mengganggu. Ketika pengguna mengakses Redmi Pad Pro menggunakan tangan dan itu meninggalkan bekas di layar. Jika intensitas terbilang tinggi, maka bekas jari-jari tersebut pun semakin banyak, alhasil ada baiknya pengguna membawa kain microfiber.

Kendati begitu, suguhan layar yang ditampilkan tidak menyakitkan mata (dibaca pas) untuk detikers yang hobi menatap layar lama.

Xiaomi Redmi Pad Pro Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Kamera

Redmi Pad Pro punya tampilan unik pada bagian belakang dengan keberadaan dua bulatan besar kamera di sisi kiri atas. Kamera utama punya resolusi 8 MP dan LED flash.

Besarnya fisik kamera tersebut bukan berarti hasilnya dapat dibandingkan dengan smartphone kekinian. Foto yang dihasilkan memang tidak sebagus kamera HP, mengingat sejauh ini belum ada tablet yang didukung kamera canggih.

Untuk sekedar mengikuti sesi meeting online, kamera depan yang berada di tengah-tengah ini bisa diandalkan.

Xiaomi Redmi Pad Pro Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Berikut hasil foto-foto dari Redmi Pad Pro:

Hasil foto kamera utama Xiaomi Redmi Pad Pro Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Hasil foto Redmi Pad Pro saat malam hari Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Hasil foto kamera depan Redmi Pad Pro. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Hasil foto jarak dekat kamera utama Xiaomi Redmi Pad Pro. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Performa

Xiaomi mengandalkan Qualcom Snapdragon 7s Gen2 yang diklaim bisa mengerjakan kinerja mulus di Xiaomi HyperOS. Selama penggunaan detikINET beberapa minggu terakhir, tidak menemukan kendala berarti. Dengan demikian, spek dari perangkat ini bisa memenuhi kebutuhan pengguna sebagai alat bantu kerja.

Kapasitas RAM-nya adalah 6 GB atau 8 GB, dan storage 128 GB atau 256 GB yang masih bisa ditambah menggunakan microSD hingga 1,5 TB.

Membuka aplikasi banyak secara bersamaan, serta berpindah-pindah dalam waktu singkat antar aplikasi, Redmi Pad Pro tidak memberikan kendala.

Dari sisi hiburan, detikINET mencoba menjalankan game berat semacam Genshin Impact di Redmi Pad Pro.

Serangkaian pengujian alias benchmark sudah dilakukan, hasilnya sebagai berikut:

  • Geekbench 6 Single-Core : 1000
  • Geekbench 6 Multi-Core : 2829
  • 3DMark Wilf Life Stress : best loop score (2903), lowest loop score (2891), stability (99,6%)

Sebagai informasi, Redmi Pad Pro hanya bisa dipakai melalui konektivitas WiFi alias tidak mendukung kartu SIM untuk layanan seluler.


Baterai

Tablet ini didukung dengan baterai berkapasitas 10 ribu mAh. Jadi jangan meragukan ketahanan Redmi Pad Pro, karena bisa diajak main seharian penuh.

Xiaomi membekali charger 33W dengan kabel USB-A ke USB-C. Selama detikINET menjajal untuk kebutuhan kerja, Redmi Pad Pro terbilang tidak akan membuat kalian khawatir soal kehabisan daya, mengingat bisa dipakai seharian penuh.

Saat pengisian daya, dalam mode standby, tidak sampai satu jam baterai sudah terisi hingga 100%.

Sedangkan ketika perangkat ini sambil dipakai, misalnya streaming, untuk bisa mengisi daya baterai sampai 35% itu selama 30 menit. Sementara dalam situasi baterai ini tinggal 10%, pengguna yang sedang live streaming pun bisa menggunakan perangkat sampai 45 menit.

Xiaomi Redmi Pad Pro Foto: detikINET/ Rizqy Nur Amalia

Keyboard dan Smart Pen

Bagi yang pertama kali beralih dari laptop maupun komputer ke Redmi Pad Pro, awalnya agak terasa canggung karena absennya trackpad yang biasa dimanfaatkan untuk menggerakkan kursor. Jari telunjuk pun akan sering aktif untuk menggeser layar.

Untuk keyboard terbilang nyaman untuk ukuran pengguna yang pertama kali menjajal tablet rasa laptop ini. Jarak antar tombolnya pun menyesuaikan perangkat laptop maupun komputer, sehingga kalian tidak akan kesulitan saat mengetik.

Keyboard Redmi Pad Pro juga sangat ringan, tidak akan menjadi beban tambahan. Adapun, pengisian dayanya pun awet hingga berhari-hari dalam satu kali melakukan pengisian daya.

Xiaomi Redmi Pad Pro Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Xiaomi Redmi Pad Pro Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Sementara untuk penggunaan Smart Pen layaknya bentuk pensil, mampu menunjang saat pengguna berakselerasi ketika akan menggambar atau menulis di tablet ini.

Sebagai catatan, kalau detikers tidak menggunakan Smart Pen, maka ada baiknya dimatikan koneksi bluetooth-nya. Sebab, tanpa sadar, bluetooth Smart Pen yang menyala akan mengurangi dayanya, sehingga ketika kalian menggunakannya tidak perlu harus men-charge dulu.


Opini detikINET

detikINET menilai kalau desain Redmi Pad Pro menawan sebagai teman kerja kalian. Begitu pula yang ingin menyalurkan hobi menggambar, perangkat ini bisa jadi 'kanvas' kreasi detikers.

Untuk mobilitas, tablet anyar Xiaomi ini tidak terlalu berat, sehingga enteng untuk dibawa ke mana-mana. Begitu pula Redmi Pad Pro asik jadi alat ngetik, cocok buat kamu yang pekerjaannya di bidang penulisan. Sedangkan bagi yang senang menggambar, tablet ini bisa jadi opsinya.

Baterai jumbo tablet ini bikin pengguna tidak perlu khawatir karena bisa menyala selama seharian. Dengan catatan, sebelumnya daya baterai sudah diisi 100% kalau ingin diajak 'main' seharian.

Nilai minus dari perangkat ini hanya dari sisi layar yang mudah kotor dan spesifikasi kamera kurang memadai untuk memotret.

Harga Redmi Pad Pro (8 GB/256 GB) dijual Rp 4.299.000. Sedangkan aksesoris tambahan, seperti Smart Pen dibanderol Rp 699.000 dan Keyboard Rp 699.000. Tablet ini tersedia dengan pilihan Graphine Gray, Mint Green, dan Ocean Blue.

Xiaomi Redmi Pad Pro Foto: detikINET/ Rizqy Nur Amalia
(agt/hps)
back to top