• Home
  • Berita
  • Review Galaxy A54 5G: HP Samsung Terbaik di Kelas Menengah

Review Galaxy A54 5G: HP Samsung Terbaik di Kelas Menengah

Redaksi
Apr 13, 2023
Review Galaxy A54 5G: HP Samsung Terbaik di Kelas Menengah
Jakarta -

Galaxy A54 5G menjadi salah satu HP Samsung yang ditunggu kehadirannya tahun ini. Sebab para pendahulunya punya kisah sukses di pasaran.

Ponsel tersebut menawarkan spesifikasi dan fitur menarik namun dibanderol dengan harga masih ramah kantong. Karena itu begitu kabar Galaxy A54 5G sampai di telinga detikINET pun semangat menanti kedatangannya.

Dan begitu Galaxy A54 resmi dirilis detikINET langsung menguji kemampuannya. Hasilnya begitu memuaskan, bahkan kemampuannya jauh lebih baik dari Galaxy A53 yang dirilis tahun lalu.

Desain Premium

Samsung mengubah desain Galaxy A54 dari pendahulunya. Baik dari dimensi mau tampilannya.

Lantaran Samsung mengadopsi rasio 19,5:9, sebelumnya 20:9m membuat ukurannya berubah. Bobotnya memang sedikit lebih berat lantaran bagian belakangnya menggunakan material kaca yang terlindungi Gorilla Glass 5.

Ini cukup bisa ditolerir, sebab penggunaan kaca pada bagian cover belakang membuat tampilan Galaxy A54 jauh lebih premium dari A53.

Kami bahkan menyebut ponsel ini sebagai 'Galaxy S23' versi murah. Apalagi Samsung juga menerapkan desain kamera yang serupa dengan HP premium terbarunya itu.

Samsung Galaxy A54 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kendati menggunakan lapisan kaca, noda sidik jari tidak begitu ketara di permukaan belakangnya. Saat digenggam tetap nyaman dan tidak licin berkat tepian dibuat lebih mengotak.

Galaxy A54 punya empat varian warna, yakni Lime, Graphite, Violet dan White. Warna Lime yang detikINET review, tampilannya begitu menarik, segar dan tidak membosankan.

HP ini masih mengantongi sertifikat IP67. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau-kalau Galaxy A54 kehujanan atau tak sengaja tercebur dalam kolam, karena dibuat tahan air dan debu.

Layar Terang

Dengan mengadopsi screen ratio yang baru membuat ukuran layarnya sedikit mengecil. Pun begitu tidak mengurangi kenikmatan menikmati konten di Galaxy A54 5G.

Layar Samsung A54 mengusung ukuran 6,4 inch dengan resolusi Full HD+ dan perlindungan Gorilla Glass 5. Panel yang digunakan masih AMOLED dengan refresh rate 120 Hz yang memberikan pengalaman mulus, serta dukungan HDR10+ untuk menikmati konten kualitas tinggi di YouTube hingga Netflix.

Samsung Galaxy A54 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Berbeda dari pendahulunya, HP ini diberikan dukungan kecerahan 1.000 nitm meningkat 25% dari Galaxy A53. Berpadu dengan fitur Vision Booster membuat layar masih sangat jelas terlihat mata saat digunakan di bawah terik Matahari.

Galaxy A54 membawa sensor fingerprint di bawah layar. Saat digunakan, kinerja sensor cepat dalam mengenali sidik jari.

Samsung tidak memberikan jack audio 3,5 mm, sebagai gantinya dikasih speaker ganda dengan dukungan Dolby Atmos. Suara yang dikeluarkan lantang bikin streaming film lebih seru.

Selanjutnya Kamera dan Performa >>>

Kamera

Galaxy A54 dibekali empat kamera. Tiga kamera berada di belakang dengan komposisi 50 MP, 12 MP (ultra-wide) dan 5 MP (makro), Satu lagi berada di bagian depan dengan ukuran 32 MP.

Kendati ukuran kamera utamanya menurun dari 64 MP ke 50 MP, tapi ukuran megapixel ini tidak memainkan peran besar di sini. Sebab Samsung menyematkan sensor yang lebih besar sehingga memberikan kemampuan fotografi malam yang lebih baik.

Samsung Galaxy A54 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kinerja kamera utama Galaxy A54 sendiri mampu menghasilkan foto jelas di berbagai kondisi pencahayaan. Demikian pula kemampuan lensa ultra-wide, bengkokkan di bagian tepi sangat minim dan fokus tersebar di seluruh bingkai dan tidak hanya di bagian tengah.

Sensor makro 5 MP mampu menangkap detail dengan baik. Untuk kemampuan kamera depan 32MP menghasilkan selfie yang detail dan akurat.

Ketidakhadiran sensor depth tidak menjadi poin minus bagi ponsel ini. Sebab hasil foto portrait Galaxy A54 cukup memuaskan. Ditambah lagi Samsung menyematkan OIS pada kamera yang lebih berguna untuk merekam video lebih stabil dan foto malam bebas blur.

Berikut ini contoh hasil jepretan Galaxy A54 5G.

Mode standar kamera Galaxy A54 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Kamera ultra-wide Galaxy A54 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Mode standar kamera Galaxy A54 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Menggunakan mode standar kamera Galaxy A54 di dalam MRT. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Mode portrait Galaxy A54 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Hasil kamera makro Galaxy A54 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Hasil mode malam kamera Samsung Galaxy A54 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Hasil mode malam kamera Samsung Galaxy A54 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Hasil mode malam kamera Samsung Galaxy A54 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Hasil mode malam kamera Samsung Galaxy A54 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Hasil kamera depan Galaxy A54 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Selanjutnya Performa dan Baterai >>>

Performa

Galaxy A54 5G adalah ponsel Samsung pertama yang ditenagai oleh Exynos 1380 5nm SoC. Prosesor ini memiliki delapan inti di mana empat inti memiliki clock 2.4GHz Cortex-A78, dan empat lainnya memiliki clock 2GHz Cortex-A55. Untuk dukungan grafis, terdapat GPU Mali-G68 MP5 di A54 5G.

Untuk membantu prosesor dalam menjalankan tugas dengan lebih efisien, ponsel ini hadir dengan dukungan RAM 8GB dengan fitur RAM virtual hingga 8 GB. Untuk keperluan penyimpanan, ada ROM 128 dan 256GB yang dapat diperluas dengan microSD sampai 1 TB.

Samsung mengklaim kinerja CPU meningkat 20%, sedangkan GPU meningkat 26%. Saat digunakan kami tidak menemukan masalah kinerja apa pun, setiap aplikasi berjalan lancar, dan multitasking juga sangat lancar.

Ketika memainkan beberapa game mobile semua berjalan cukup lancar dalam opsi grafis tinggi, Agar lebih afdol, detikINET coba melakukan pengujian menggunakan benchmark.

Pertama pakai Antutu, skor yang ditorehkan 513989. Angka ini jauh lebih tinggi dari hasil Antutu Galaxy A53, yakni 424761.

Pengujian kedua pakai Geekbench 6. Pada single core didapat 1004, sedangkan multi-core didapat 2791. Sedangkan Galaxy A53 hanya mendapatkan skor 727 pada single core, dan 1756 untuk multi-core.

Galaxy A54 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Baterai

Galaxy A54 5G membawa baterai berkapasitas 5.000 mAh yang diklaim bisa bertahan hingga 2 hari berkat efisiensi One UI 5.1 yang digunakan ponsel ini.

Untuk mengisi ulang baterainya, Samsung Galaxy A54 5G dibekali fitur fast charging 25W. Hanya butuh waktu 40 menit untuk mengisi 50% dan penuh dalam sejam setengah.

Setelah detikINET mencobanya selama 2 minggu, ponsel ini bisa bertahan hampir seharian penuh saat digunakan untuk merekam, edit, dan mengupload konten video.

Opini detikINET

Galaxy A54 menjadi penerus yang memuaskan. Pasalnya banyak keunggulan yang diberikan handphone ini.

Dari tampilan luarnya saja sudah menggoda mata. Material kaca bikin Galaxy A54 punya cita rasa premiumnya seperti Galaxy S23.

Samsung Galaxy A54 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layarnya menyuguhkan warna yang kaya dan transisi mulus. Saat digunakan di luar ruang pun tak masalah karena tingkat kecerahannya tinggi bikin layar tetap jelas dipandang nata. Aktivitas menonton hingga main game bakal terpuaskan.

Kamera bisa diandalkan saat siang maupun malam. Bikin konten video pun lebih stabil berkat keberadaan OIS di kamera utama.

Performa Galaxy A54 pun meningkat jauh. Demikian pula kinerja baterainya yang tahan lebih lama.

Rasanya sulit mencari celah kekurangan dari Galaxy A54 ini. Terlebih Samsung masih membanderol dengan harga yang sama dari pendahulunya.

Bila kamu mencari ponsel yang bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari namun budget cuma Rp 6 jutaan, bisa melirik Galaxy A54 5G ini.

(afr/afr)
back to top