• Home
  • Berita
  • Raspberry Pi Bikin Kamera AI Bareng Sony, Ini Fungsinya

Raspberry Pi Bikin Kamera AI Bareng Sony, Ini Fungsinya

Redaksi
Oct 03, 2024
Raspberry Pi Bikin Kamera AI Bareng Sony, Ini Fungsinya
Jakarta -

Raspberry Pi merambah ranah kecerdasan buatan (AI) lewat Raspberry Pi AI Camera yang dibuat bersama Sony Semiconductor Solutions (SSS).

Kerja sama antara Raspberry Pi dengan SSS ini sudah dimulai sejak 2023, dan kini produk pertamanya baru diluncurkan. AI Camera ini punya sensor 12,3 MP dan ditujukan untuk proyek AI berbasis vision.

AI Camera kompatibel dengan semua PC single board Raspberry Pi, dan dibuat dengan menggunakan basis sensor SSS IMX500. Sensor ini kemudian dipasangi microcontroller RP2040 untuk mengatur firmware neural network-nya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Alhasil penggunaan akselerator AI ataupun GPU -- yang lazim dipakai untuk melakukan komputasi AI -- tak lagi dibutuhkan.

Dengan RP2040, AI Camera itu bisa melakukan pemrosesan gambar AI secara onboard, sehingga meringankan beban kerja Raspberry Pi. Jadi pengguna yang mau mengintegrasikan AI ke dalam proyek Raspberry Pi-nya pun kini tak harus menggunakan Raspberry Pi AI kit.

ADVERTISEMENT

"Pemrosesan gambar berbasis AI menjadi alat yang sangat atraktif untuk para pengembang di seluruh dunia. Kami tak sabar melihat anggota komunitas kami bisa memanfaatkan kekuatan Raspberry Pi AI Camera," kata Eben Upton, CEO Raspberry Pi.

Perlu dicatat, AI Camera ini juga bukan pengganti Camera Module 3 untuk Raspberry Pi yang sebelumnya sudah tersedia, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Rabu (2/10/2024).

Kamera 12,3 MP itu bisa merekam video dengan frame rate 10 fps dalam resolusi 4.056 x 3.040 pixel, atau 40 fps dalam resolusi 2.028 x 1.520 pixel. Pengaturan fokusnya dilakukan secara manual, cakupan lensa seluas 76 derajat, dan berukuran 25x24x11,9 mm, alias identik dengan ukuran Camera Modul 3. Harganya adalah USD 70 atau sekitar Rp 1 juta.



Video: Reaksi Budi Arie soal Meutya Hafid Diisukan Jadi Menkominfo Selanjutnya

Video: Reaksi Budi Arie soal Meutya Hafid Diisukan Jadi Menkominfo Selanjutnya


(asj/asj)
back to top