• Home
  • Berita
  • Pengguna Ogah Bayar ChatGPT, Meskipun Populer

Pengguna Ogah Bayar ChatGPT, Meskipun Populer

Redaksi
Feb 20, 2023
Pengguna Ogah Bayar ChatGPT, Meskipun Populer

ChatGPT tengah meraup kepopuleran, menurut laporan hingga akhir Januari 2023 ada 100 juta orang yang menggunakan chatbot ini. Sayangnya jumlah pengguna tidak berbanding dengan peluang OpenAI mendapatkan keuntungan dari layanannya itu.

Sam Altman dari OpenAI sempat mengatakan bahwa kekuatan pemrosesan ChatGPT diperlukan untuk mendapatkan jawaban secara native dengan biaya rata-rata sekitar 1-10 sen. Dia pun mengungkap OpenAI bakal memonetisasi ChatGPT di masa mendatang.

Namun, dengan kemampuan hebat yang dihadirkan ChatGPT, apakah cukup bikin pengguna bersedia membayar layanan chatbot AI ini? Laman Windowscentral seperti dilansir, Senin (20/2/2023) melakukan survei tentang apakah pengguna bersedia membayar untuk menggunakan ChatGPT.

Hasilnya, lebih dari separuh responden (54,4%) mengatakan bahwa mereka tidak akan membayar biaya apa pun untuk menggunakan ChatGPT. Hanya 12,53% saja yang mengatakan mereka akan membayar bulanan, dan cuma 4% mengatakan akan membayar per penggunaan.

Strategi yang lebih menjanjikan mungkin menggabungkan penggunaan ChatGPT dengan Microsoft 365. Sebanyak 29% peserta yang disurvei mengatakan bahwa mereka akan berlangganan Microsoft 365 untuk menggunakan ChatGPT.

Microsoft telah menginvestasikan USD 1 miliar di OpenAI pada tahun 2019 dan mengumumkan investasi multi-miliar dolar di perusahaan AI awal tahun ini. Bing dan Microsoft Edge baru menggunakan teknologi ChatGPT. Jika Microsoft dan OpenAI bekerja sama di sisi langganan, ini bisa menguntungkan kedua organisasi.

Kalau detikers bersedia berlangganan ChatGPT?

Untuk diketahui saat ini OpenAI sudah merilis layanan berbayar ChatGPT Plus. Tak hanya AS, layanan tersebut sudah bisa dinikmati oleh pengguna di banyak negara termasuk Indonesia.

Biaya langganan ChatGPT Plus di Indonesia tidak berbeda dengan negara lainnya. OpenAI mengenakan tarif USD 20 atau kisaran Rp 304.000 per bulan.

Dengan langganan ChatGPT Plus, OpenAI menjanjikan pengguna dapat mengakses lancar layanan meski pada jam sibuk sekalipun. Bahkan pengguna ChatGPT Plus akan mendapatkan respon jawab yang lebih cepat dari biasanya.

Pengguna ChatGPT Plus bakal diprioritaskan lebih awal untuk mencicipi fitur baru. Namun semua keunggulan tadi ada harganya, pengguna harus berlangganan.

back to top