• Home
  • Berita
  • Penampakan Misterius Ratusan 'Laba-laba' di Mars

Penampakan Misterius Ratusan 'Laba-laba' di Mars

Redaksi
May 02, 2024
Penampakan Misterius Ratusan 'Laba-laba' di Mars
Jakarta -

Setiap musim semi tiba, permukaan Mars memperlihatkan penampakan misterius seperti ratusan laba-laba hitam menyeramkan bermunculan. Fenomena ini terjadi saat es karbon dioksida yang terkubur melepaskan geyser gas yang berdebu.

Sebuah gambar terbaru dari Badan Antariksa Eropa, ESA, mengungkap bahwa penampakan mirip ratusan laba-laba itu sebenarnya menunjukkan letusan musiman gas karbon dioksida di Planet Merah tersebut.

Fenomena itu terutama terlihat pada formasi yang dikenal sebagai Kota Inca yang letaknya di wilayah kutub selatan Mars. Gambar yang diambil oleh pengorbit Mars Express milik ESA dan ExoMars Trace Gas Orbiter menunjukkan kumpulan titik-titik gelap yang tampak seperti memiliki kaki kecil.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Foto: ESA

Formasi tersebut sebenarnya adalah saluran gas berukuran lebar 45 meter hingga 1 kilometer. Mereka terbentuk ketika cuaca mulai menghangat di belahan selatan selama musim semi di Mars, mencairkan lapisan es karbon dioksida. Kehangatan menyebabkan lapisan es terbawah berubah menjadi gas, atau menyublim.

"Saat gas mengembang dan naik, ia meledak keluar dari lapisan es di atasnya, membawa serta debu berwarna gelap dari permukaan padat. Debu geyser keluar dari es sebelum turun ke lapisan atas, menciptakan pola retakan seperti laba-laba yang terlihat pada gambar ini. Di beberapa tempat, geyser meledak melalui es setebal 1 m," demikian penjelasan ESA seperti dikutip dari Live Science.

ADVERTISEMENT

Kota Inca juga dikenal sebagai Angustus Labyrinthus. Dinamakan demikian karena garis punggung bukitnya yang linier dan mirip reruntuhan, yang pernah dianggap sebagai bukit pasir yang membatu atau mungkin sisa-sisa gletser Mars kuno, yang mungkin meninggalkan dinding sedimen yang tinggi saat gletser tersebut menyusut.

Namun pada tahun 2002, Mars Orbiter mengungkapkan bahwa Kota Inca adalah bagian dari fitur melingkar yang lebarnya kira-kira 86 km. Fitur ini mungkin merupakan kawah tumbukan tua, menunjukkan bahwa punggungan geometris mungkin merupakan intrusi magma yang naik melalui kerak Mars yang retak dan panas setelah dihantam oleh batuan luar angkasa.

Foto: ESA

Kawah tersebut kemudian terisi dengan sedimen, yang kemudian terkikis, sehingga sebagian memperlihatkan formasi magma yang mengingatkan kita pada reruntuhan kuno.



Simak Video "Bruno Mars Tersandung Utang Rp 786 M Imbas Main Judi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)
back to top