• Home
  • Berita
  • Oppo dan Apple Kuasai Pasar HP Indonesia di Q1 2023

Oppo dan Apple Kuasai Pasar HP Indonesia di Q1 2023

Redaksi
May 20, 2023
Oppo dan Apple Kuasai Pasar HP Indonesia di Q1 2023
Jakarta -

Pasar HP Indonesia sepanjang Q1 2023 mengalami penurunan meski ada momen Ramadan. Oppo dan Apple menjadi penguasa pasar sepanjang Januari hingga Maret lalu, demikian hasil riset Counterpoint.

Mereka mencatat pengiriman HP di Indonesia turun 7,6%. Berkat Ramadan, penurunan lebih lanjut dapat dibendung.

Seperti kita ketahui para vendor saling berlomba meluncurkan lebih banyak model baru di Q1 2023, terutama menjelang atau selama Ramadan di bulan Maret. Model-model baru menyumbang 10% dari pengiriman Q1 2023, tumbuh 6,1% YoY.

"Masyarakat Indonesia memanfaatkan musim belanja Ramadan untuk upgrade barang atau membeli oleh-oleh. Smartphone adalah salah satu barang yang paling mungkin mereka beli selama Ramadan. Itulah mengapa menghadapi Ramadhan di bulan Maret 2023, OEM smartphone menambahkan berbagai model baru di berbagai rentang harga, di mana 56,6% merupakan smartphone entry-level baru," papar Febriman Abdillah, Analis Senior Counterpoint.

"Banyak dari model entry-level baru dilengkapi dengan spesifikasi dasar yang ditingkatkan, seperti RAM 6-8GB, penyimpanan 128GB dan chipset, kamera, dan tampilan yang lebih baik. Spesifikasi yang ditingkatkan ini dapat menarik konsumen untuk meng-upgrade smartphone lama mereka. Beragam promo selama Ramadhan juga menggoda konsumen untuk membeli smartphone. Situasi yang sama diperkirakan akan berlanjut di bulan April selama liburan Idul Fitri," lanjutnya.

Adapun penyebab merosotnya pasar HP di Q1 2023 karena didorong perangkat mid-range hingga premium yang turun 25,8% Year on Year (YoY). Namun di sisi lain segmen entry-level tumbuh 2,7% YoY di Q1 2023.

Samsung dan Infinix berkontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan HP entry-level. Samsung memperkuat jejaknya di segmen ini dan tumbuh 18,7% YoY di Q1 2023, sebagian besar didukung oleh seri Galaxy A04.

Infinix memiliki pertumbuhan yang mengesankan sebesar 44,6% YoY. Daya tarik utama Infinix termasuk RAM/penyimpanan yang lebih besar dari kompetitor, seperti pada seri Infinix Hot 12, Hot 20 dan Note 12.

Infinix Note 12 2023 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Adopsi fitur NFC kini menyentuh perangkat entry-level. Hasilnya pasar HP entry-level dengan NFC tumbuh 8,3% YoY pada Q1 2023.

"Smartphone level pemula memiliki potensi pertumbuhan yang lebih baik mengingat spesifikasi permintaan yang lebih baik seperti RAM, penyimpanan, dan kapasitas baterai pada lebih banyak model di segmen ini serta kebutuhan masyarakat Indonesia akan smartphone terjangkau yang andal," pandangan Febriman.

Perayaan Ramadan membantu mencegah penurunan lebih lanjut untuk HP kelas menengah (Rp 3-6 juta). Peningkatan pengiriman kelas menengah juga didorong oleh model baru yang menyumbang 23,8% dari pengiriman kelas menengah pada Q1 2023.

Di segmen kelas atas dan premium (≥Rp 6 juta), Apple memimpin dengan pertumbuhan 17,7% YoY pada Q1 2023, diikuti oleh Oppo , Samsung, dan Asus. Apple memulai langkah baru pada Q1 2023 untuk meningkatkan pengiriman iPhone.

Kemitraan baru dengan Blibli untuk menjalankan toko online resmi Apple menambah visibilitasiPhone di pasar. Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Pengurangan harga menjadi pendorong konsumen yang mencari iPhone baru. Skema tukar tambah dan penawaran cicilan dari peritel juga menarik minat konsumen. Dan kemitraan baru dengan Blibli untuk menjalankan toko online resmi Apple menambah visibilitas iPhone di pasar.

Karena masyarakat Indonesia mulai lebih sering melakukan aktivitas offline, toko HP offline mengalami peningkatan pengunjung pada Q1 2023 dibandingkan tahun lalu. Pun begitu saluran online memainkan peran yang baik dalam memperkenalkan produk baru dengan skema pre-ordernya.

Bicara HP 5G pangsa pasarnya menyentuh 17% di Q1 2023. Peningkatan ini didorong oleh kehadiran HP 5Gdi segmen entry-level, tumbuh 3,6% YoY di Q1 2023.

Nah berikut 5 penguasa di pasar HP Indonesia sepanjang Q1 2023:

Penguasa Pasar HP Indonesia Q1 2023 Foto: Counterpoint



Simak Video "Apple Jadi Raja Smartphone Dunia Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/jsn)
back to top