Monopoly Go Habis Rp 7 Triliun untuk Promosi, Cuannya Rp 31 Triliun
![Monopoly Go Habis Rp 7 Triliun untuk Promosi, Cuannya Rp 31 Triliun](https://arenagadget.id/assets/uploads/2024/03/monopoly-go-habis-rp-7-triliun-untuk-promosi-cuannya-rp-31-triliun-monopoly-go-habis-rp-7-triliun-untuk-promosi-cuannya-rp-31-triliun_169.webp)
Salah satu game Android dan iOS yang begitu populer berjudul Monopoly Go, ternyata menghabiskan banyak uang untuk biaya promosi. Studio di balik game ini, Scopely, menggelontorkan hampir USD 500 juta atau sekitar Rp 7,8 Triliun.
Diketahui kalau jumlah sebanyak itu melebihi modal pengembangan beberapa game eksklusif PlayStation, di antaranya The Last of Us II, Horizon Forbidden West, dan Spider-Man 2. Biaya pembuatan ketiga judul tersebut berkisar di angka USD 200 juta atau sekitar Rp 3,1 triliun, hingga USD 300 juta atau sekitar Rp 4,7 triliun.
Namun sejak diluncurkan pada tanggal 11 April 2023 lalu, Monopoly Go sudah menghasilkan lebih dari USD 2 miliar atau sekitar Rp 31,5 triliun. Game ini pun sukses menyedot perhatian gamer dan diunduh 100 juta kali, dilansir detikINET dari Kotaku, Rabu (27/3/2024).
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Bahkan menurut Scopely, hanya dalam waktu tiga bulan pertama saat dirilis, mereka mampu meraup pendapatan sebesar USD 1 miliar atau sekitar Rp 15,7 Triliun. Tapi ya kembali lagi, bahwa pencapaian besar ini tidak mudah dan murah.
Seperti yang disebutkan tadi, kalau uang mereka ludes hampir Rp 7,8 miliar, dalam upaya mengakuisisi para calon pemainnya. Nah mengejutkannya lagi, uang yang habis itu belum termasuk biaya pengembangan Monopoly Go.
Asal tahu saja, game ini cukup memeras tenaga dan waktu. Terungkap bahwa pembuatan Monopoly Go memakan waktu sampai tujuh tahun. Sayangnya tidak dijelaskan berapa uang yang habis untuk pengembangannya.
Kemungkinan ini bisa menjadi pengingat bahwa game mobile juga tidak mudah dan murah untuk diproduksi. Sebabnya, meski banyak penerbit video game besar yang menjajal terjun dari konsol ke mobile, nyatanya jarang yang berhasil.
Setidaknya dibutuhkan banyak usaha untuk membuat game yang dikembangkan mendapat loyalitas dari pemainnya. Jadi game ini dinilai mampu membawa orang-orang yang memainkannya kembali bermain hari demi hari.
Simak Video "Rekomendasi Game Android Anime, Ada Captain Tsubasa hingga One Piece"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)