• Home
  • Berita
  • Misteri Lubang Menganga di Antartika Akhirnya Terungkap

Misteri Lubang Menganga di Antartika Akhirnya Terungkap

Redaksi
May 03, 2024
Misteri Lubang Menganga di Antartika Akhirnya Terungkap
Jakarta -

Potongan terakhir dari teka-teki yang membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade akhirnya terungkap.

Di musim dingin, pada lapisan es di atas Laut Weddell Antartika, dekat puncak terendam bernama Maud Rise, terdapat sebuah lubang besar terkadang terbuka dan menganga, memperlihatkan perairan gelap dan dingin di bawahnya.

Lubang ini pertama kali terlihat pada tahun 1974, dan tidak muncul setiap tahun sehingga membuat para ilmuwan bertanya-tanya tentang kondisi spesifik yang diperlukan untuk menciptakannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beberapa tahun sejak lubang tersebut muncul kembali pada tahun 2016 dan 2017, solusi perlahan mulai muncul. Dengan menggunakan kombinasi citra satelit, instrumen otonom terapung, dan pemodelan komputasi, jawaban dari misteri ini akhirnya didapatkan, dan semuanya melibatkan angin yang menyeret lapisan air untuk menciptakan sesuatu yang disebut sebagai spiral Ekman.

"Transportasi Ekman merupakan unsur penting yang hilang yang diperlukan untuk meningkatkan keseimbangan garam dan mempertahankan pencampuran garam dan panas menuju permukaan air," kata ahli kelautan Alberto Naveira Garabato dari University of Southampton di Inggris, dikutip dari Science Alert, Jumat (3/5/2024).

ADVERTISEMENT

Lubang-lubang di lautan es Antartika, yang dikenal sebagai polynya, sering terlihat di dekat pantai, digunakan sebagai jendela oleh mamalia laut seperti anjing laut dan paus untuk mengatur napas.

Di wilayah yang lebih jauh ke laut, keberadaannya jauh lebih jarang. Faktanya, lubang berulang yang dikenal sebagai Maud Rise polynya telah membuat para ilmuwan bingung sejak pertama kali terlihat dalam citra satelit setengah abad yang lalu.

Pada tahun 1974, lubang raksasa itu seukuran Selandia Baru. Ia muncul kembali pada tahun 1975 dan 1976, meskipun setelah itu ia hanya kembali sebentar dan lemah, hingga para ilmuwan menduga ia akan hilang selamanya. Kemudian, pada tahun 2016 dan 2017, ia kembali lagi.

Polinya Maud Rise pada tahun 2017 menandai contoh fenomena terbesar dan terlama sejak tahun 1970-an, sehingga para ilmuwan mulai bekerja. Kompilasi data yang dikumpulkan dari sumber-sumber yang disebutkan di atas menunjukkan bahwa sejumlah faktor berbeda berkontribusi, dan semuanya perlu diatur dengan cara yang tepat untuk menghasilkan polynya.

Salah satu faktornya adalah arus melingkar di sekitar Laut Weddell yang sangat kuat pada tahun 2016 dan 2017, yang mengakibatkan naiknya air hangat, terutama air asin.

"Upwelling ini membantu menjelaskan bagaimana es laut bisa mencair," jelas ahli kelautan Fabien Roquet dari University of Gothenburg di Swedia.

"Tetapi ketika es laut mencair, hal ini menyebabkan permukaan air menjadi segar, yang pada gilirannya akan menghentikan pencampuran. Jadi, proses lain harus terjadi agar polinya dapat bertahan. Harus ada tambahan garam dari suatu tempat," ujarnya.

Garam dapat menurunkan titik beku air secara signifikan, jadi jika air di polinya sangat asin, hal ini dapat menjelaskan mengapa lubang tersebut tetap ada. Jadi, tim kembali ke data, serta model komputasi lautan, untuk mencari tahu dari mana garam tambahan itu berasal.

Mereka menentukan bahwa pusaran turbulen yang dihasilkan saat arus Weddell mengalir di sekitar Maud Rise mengangkut garam ke puncak gunung bawah laut.

Dari sana, transportasi Ekman mengambil alih. Hal ini terjadi ketika angin bertiup di atas permukaan laut sehingga menimbulkan hambatan. Air tidak hanya ditarik, tetapi juga dibelokkan ke samping seperti bangun di atas perahu, sehingga menyebabkan air berputar seperti sekrup . Saat lapisan atas air menjauh bersama angin, air muncul dari bawah untuk menggantikannya.

Dalam kasus polinya Maud Rise, air yang naik ini membawa serta penumpukan garam yang melayang di sekitar Maud Rise, menjaga lubang agar tidak membeku.

Kunci ini dapat membantu para ilmuwan memprediksi apa yang akan terjadi pada es laut Antartika di masa depan, yang merupakan masalah yang sangat memprihatinkan terhadap iklim global. Para ahli iklim telah memperkirakan bahwa angin musim dingin di Antartika akan semakin kuat dan sering terjadi, sehingga akan terjadi lebih banyak angin polinya dalam jumlah besar di tahun-tahun mendatang.

Pada gilirannya, hal ini dapat berdampak pada lautan di dunia. "Jejak polinya dapat tetap berada di dalam air selama beberapa tahun setelah terbentuk," kata ahli iklim Sarah Gille dari University of California San Diego.

"Mereka dapat mengubah cara air bergerak dan arus membawa panas menuju benua. Perairan yang terbentuk di sini dapat menyebar ke seluruh lautan global," tutupnya.



Simak Video "Lapisan Es Antartika dan Greenland Mencair 3 Kali Lebih Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)
back to top