• Home
  • Berita
  • Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel di KKT G20 Bali

Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel di KKT G20 Bali

Redaksi
Nov 16, 2022
Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel di KKT G20 Bali

Operator seluler Telkomsel memamerkan kecanggihan dari jaringan 5G di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali. Seberapa cepat koneksi internet 5G Telkomsel tersebut?

detikINET sempat melakukan pengujian dengan menggunakan smartphone yang sudah mendukung sinyal 5G, aplikasi pengukur kecepatan internet, dan tentunya lokasi yang suda tersedia jaringan seluler generasi kelima.

Dalam pengujian ini dilakukan di Bali International Convention Centre (BICC) yang berada di kawasan Nusa Dua, Bali pada Selasa (15/11/2022). Di lokasi ini merupakan lokasi media center dari media lokal maupun global untuk menyampaikan berita seputar KTT G20.

Berbekal iPhone 12 dan kartu SIM Telkomsel yang sudah uSIM. Pertama-tama mengubah pengaturan jaringan dari 4G ke 5G. Setelah itu, menggunakan aplikasi Speedtest untuk mengetahui koneksi jaringannya.

Hasilnya, kecepatan internet 5G Telkomsel ini untuk download bisa tembus sampai 846 Mbps dan upload 70,66 Mbps.

Bahkan, bila menggunakan perangkat khusus yang disediakan oleh pihak Telkomsel dan aplikasi bawaan, kecepatan internet 5G tersebut ngebut sampai 5,2 Gbps dan upload 409 Mbps.

Sebagai catatan, koneksi di atas tidak bisa dirasakan oleh semua pengunjung. Jadi, hanya perangkat spesifikasi tertentu saja yang bisa mengalami internet super ngebut yang ditawarkan 5G.

Telkomsel sendiri telah menyediakan kartu perdana khusus, Telkomsel Prabayar Tourist, bagi delegasi yang membutuhkan konektivitas di KTT G20. Pengguna tak hanya menerima kuota 25 GB, tapi juga mendapatkan gratis kuota data 100 GB untuk jajal jaringan 5G.

"Kartu perdana turis ini didesain khusus untuk turis yang datang ke Indonesia," ujar Riny Novitriyanti selaku Vice President Consumer Sales Area Jawa Bali Telkomsel saat ditemui di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11).

Riny menjelaskan Telkomsel Prabayar Tourist ini terdiri dari tiga varian produk, di mana yang pertama varian 25 GB dengan harga Rp 150 ribu. Bagi yang mengaktifkan paket internet ini akan mendapatkan kuota data tambahan sebesar 100 GB untuk mengakses jaringan 5G.

Namun bonus kuota data 5G tidak bisa dipakai di sembarang tempat, pengguna dapat menggunakannya di lokasi media center KTT G20, Bali Collection, dan area kedatangan di Bandara Ngurah Rai.

Kemudian, varian Telkomsel Prabayar Tourist yang kedua dan ketiga itu kuota data 100 GB yang dibanderol Rp 400 ribu dan kuota data 200 GB dengan harga Rp 800 ribu.

Adapun, ketiga varian produk Telkomsel Prabayar Tourist tersebut semuanya mempunyai masa aktif 30 hari dan masa tenggang untuk isi ulang pulsa 30 hari.

back to top