• Home
  • Berita
  • Mekari Talenta Bantu Bisnis Transformasikan Absensi Karyawan dengan Aplikasi Absensi Android

Mekari Talenta Bantu Bisnis Transformasikan Absensi Karyawan dengan Aplikasi Absensi Android

Redaksi
Sep 29, 2022
Mekari Talenta Bantu Bisnis Transformasikan Absensi Karyawan dengan Aplikasi Absensi Android

JAKARTA, arenagadget.id - Aplikasi absensi android adalah salah satu aplikasi pencatatan kehadiran yang banyak digunakan saat ini untuk membantu pengguna untuk mencatat kehadiran menggunakan perangkat digital. Aplikasi jenis ini banyak digunakan di kalangan sekolah, kampus maupun perkantoran.

Memang di masa pandemi Covid-19 ini, semua bidang berusaha untuk mengurangi kontak langsung, sehingga teknologi online lah yang digunakan untuk membantu mengurus pencatatan kehadiran.

Apalagi untuk perkantoran, di mana masalah pencatatan kehadiran ini sangat memengaruhi penilaian sampai dengan gaji yang diterima. Jadi urusan pencatatan kehadiran menjadi satu kebutuhan tersendiri yang harus dipenuhi.

Salah satu aplikasi absensi android adalah dari Mekari Talenta. Aplikasi absensi android yang menyediakan banyak fitur berguna untuk perkantoran, sehingga membantu kantor lebih mudah melakukan pencatatan sampai dengan pengeloloaan lebih lanjut mengenai absensi.

Aplikasi absensi android Mekari Talenta ini kompatibel dengan berbagai jenis perangkat mobile yang digunakan, misalnya adalah perangkat android dan juga iOS untuk pengguna iPhone.

Dengan begitu, Mekari Talenta bisa digunakan untuk berbagai jenis  perangkat yang dibutuhkan karyawan.

Aplikasi absensi Mekari Talenta hadir untuk membantu perusahaan mengelola urusan absensinya dengan mudah dan efektif. Untuk itulah, aplikasi ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau dan cocok untuk enterprise berbagai kelas.

Dengan tampilan modern dan menarik, perusahaan bisa memiliki sistem absensi yang profesional. Apalagi Mekari Talenta memiliki sistem “semakin banyak pegawai semakin terjangkau” membuat aplikasi ini cocok untuk dipilih.

Untuk informasi detail dan percobaan, Anda bisa melakukan demo gratis selama 14 hari dari Mekari Talenta. Informasi lebih lanjut mengenai Harga Aplikasi Mekari Talenta ini bisa langsung menghubungi Kontak Mekari Talenta. Jelas terjangkau dan juga efektif digunakan.

Mekari Talenta menjadi salah satu pilihan aplikasi absensi yang banyak dipilih oleh perusahaan untuk menyelesaikan urusan pengelolaan absensi kantor. Ada beberapa waktu dimana sudah waktunya perusahaan Anda perlu menggunakan aplikasi Mekari Talenta untuk mengelola absensi, di antaranya:

1. Menjalankan WFH

Kantor Anda akan menjalankan WFH untuk seluruh karyawan? Untuk urusan absensi, gunakan saja aplikasi absensi Mekari Talenta. Aplikasi absensi android yang cocok dipilih untuk membantu kantor dalam mengelola urusan absensi karyawan.

Mudah digunakan dan memiliki fitur lengkap untuk mendukung WFH. Tidak hanya absensi online saja, namun untuk pengajuan izin, cuti sampai dengan pengajuan reimbursement maupun distribusi slip gaji juga bisa dilakukan secara online dari aplikasi absensi Mekari Talenta ini. Kerja dari rumah, urusan administrasi karyawan juga bisa dilakukan dengan baik.

2. Perjalanan Dinas

Memiliki karyawan yang sering melakukan perjalanan dinas atau lapangan? Hindari kecurangan kerja dengan cara menggunakan aplikasi absensi Mekari Talenta. Dilengkapi dengan gps yang digunakan untuk men-tracking lokasi karyawan dengan baik, sehingga kecurangan kerja bisa diminimalkan.

Selain itu, untuk proses absensi tidak perlu absensi ofline dulu di kantor seperti halnya penggunaan absensi manual, melainkan langsung absen dari perangkat masing-masing dimana pun dan kapanpun.

3. Pengelolaan Lembur yang Lebih Maksimal

Ingin memiliki sistem untuk pengelolaan lembur yang lebih bagus? Sudah waktunya Anda menggunakan aplikasi absensi Mekari Talenta. Memiliki fitur untuk pengelolaan lembur sehingga bisa mencatat waktu lembur karyawan yang lebih akurat.

Pencatatan waktu lembur yang lebih akurat ini juga akan memengaruhi pengupahan karyawan sehingga bisa meminimalkan kesalahan maupun meminimalkan resiko kecurangan.

Jika sudah merasa dengan kebutuhan di atas, sudah waktunya Anda menggunakan aplikasi absensi android. Urusan absen WFH, kedinasan maupun pengelolaan lembur bisa lebih maksimal.

Perusahaan bertugas dalam proses monitoring dan evaluasi karyawan. Proses evaluasi ini tentu membutuhkan penggunaan fitur di aplikasi untuk absen online agar lebih mudah dan efisien. Apa saja fitur yang ada di aplikasi dashboard absensi? Inilah penjelasannya.

1. Clock In maupun Clock Out

Fitur pertama yang bisa ditampilkan di aplikasi absen online ini tentunya adalah clock in dan clock out. Data tersebut akan terekam dan tersimpan di halaman attendance dashboard aplikasi. Jam yang terekam di data tersebut adalah real time sesuai waktu karyawan melakukan presensi.

Jadi, dengan fitur tersebut pengawasan keterlambatan menjadi lebih mudah karena semuanya sudah terekam dan terekap secara otomtatis setiap harinya. 

2. Informasi Lembur (Overtime)

Dalam mencapai target produksi, biasanya jika waktu yang tersedia tinggal sebentar maka perusahaan akan mengadakan lembur. Penambahan jam kerja ini tentu berpengaruh terhdap prhitungan gaji karyawan yang ditugaskan.

Informasi mengenai jam lembur ini dapat dengan mudah diinformasikan sekaligus di akun masing-masing karyawan. Perekapan penambahan waktu kerja ini juga otomtatis tersinkronisasi, sehingga tidak ada kesalahan perhitungan jumlah jam kerja.

3. Jadwal Kerja

Selain mencatat waktu lembur di aplikasi absensi android ini juga mempunyai fitur untuk membuat jadwal kerja. Sehingga hal ini lebih memudahkan dalam proses pemantauan dan pembuatan jadwal kerja. Fitur tersebut juga bisa diakses oleh banyak pihak sehingga memudahkan koordinasi.

4. Fitur Cuti

Selain ada fitur overtime di dashboard juga terdapat fitur perekapan cuti masing-masing karyawan. Melalui fitur itu memudahkan karyawan dalam mengajukan cuti dan mengetahui jatah cuti yang dimiliknya.

5. Lend App

Aplikasi untuk absen online ini mempunyai fitur lend app yang dapat memudahkan penggunanya. Jadi bagi karyawan yang tidak mempunyai ponsel mumpuni tetap bisa melakukan absensi. Fitur Lend App juga membantu ketika ponsel tertinggal maupun lowbat, sehingga proses ini tidak akan menganggu oprasional di perusahaan. 

6. Payroll

Pentingnya data kehadiran karyawan ini juga berfungsi di sistem payroll. Nah, dengan memakai aplikasi absensi android di dalamnya sudah include dengan payroll. Sehingga proses perhitungan gaji dan pemberian gaji menjadi tepat waktu.

Aplikasi absensi android ini pastinya memiliki cara kerja yang berbeda dengan mesin-mesin absensi sebelumnya. Jika mesin absensi sebelumnya menggunakan Teknik perekaman sidik cari, atau scan barcode di ID card maupun Teknik konvensional pencatatan absen di mesin ceklok, maka sekarang ini cara kerja aplikasi absensi android ini menggunakan Teknik face recognize untuk pencatatan absensinya.

1. Login Aplikasi

Sebelum menggunakan Aplikasi Absensi Mekari Talenta untuk berabsen, masing-masing karyawan yang telah didaftarkan, bisa melakukan login di perangkatnya.

2. Face Recognition

Ini merupakan sistem pencatatan absensi dengan cara pengenalan wajah. Dengan sistem absensi seperti ini, pengguna tidak perlu melakukan absen dengan pencatatan maupun perekapan sidik jari, melainkan hanya perlu menangkap gambar wajah masing-masing saja. Jadi face recognition ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pencatatan kehadiran hanya dengan melakukan selfie di perangkatnya.

3. Absensi di Lokasi yang Ditentukan

Banyak yang beranggapan bahwa absensi online memiliki kemungkinan besar untuk dilakukan kecurangan. Namun sebenarnya aplikasi absensi android ini bisa diatur lokasi untuk absensinya, sehingga karyawan hanya bisa melakukan absensi dari titik lokasi yang telah ditentukan.

Misalnya saja, Anda menentukan kantor sebagai titik atau pusat untuk melakukan absensi, maka karyawan hanya akan bisa melakukan absen dari lokasi tersebut. Minim kecurangan dan tentu saja cukup akurat.

Absen dilakukan di awal kerja maupun sepulang kerja di lokasi yang ditentukan. Dengan begitu, data kehadiran akan otomatis masuk ke dalam pusat data absen setiap harianya.

4. Laporan Absensi

Jika membicarakan tentang absensi, maka pasti ada kaitannya dengan laporan absensinya. Bagaimana dengan laporan absensi jika menggunakan aplikasi absensi android?

Setiap harinya absensi yang dilakukan karyawan dengan perangkat masing-masing akan langsung terinput atau tercatat dalam laporan absensi yang hanya bisa diakses oleh tim HR atau admin yang bertugas. Di laporan ini semua waktu absen masuk dan pulang tercatat secara otomatis.

Waktu kehadiran, kehadiran terlambat, izin, dan lembur semua tercatat dengan baik sehingga HR nantinya akan menilai masing-masing karyawan dengan laporan yang real time ini.

Begitulah aplikasi absensi android Mekari Talenta digunakan. Perlu akses masuk, proses absensi yang menggunakan face recognition sampai dengan laporan absensi.

1. Menawarkan Fitur Lengkap

Aplikasi absensi karyawan by Talenta menawarkan kemudahan akses dengan fitur lebih lengkap, berikut ini :

- Mengelola shifting karyawan lebih mudah, anda bisa Menyusun sekaligus mendistribusikan proses roster shift. Apabila anda mempunyai beberapa outlet, tentu saja bisa mengoperasikannya dengan mudah hanya menggunakan satu akun.

- Real time monitoring, informasi dan data kehadiran karyawan bisa dipantau dengan cara real time di aplikasi absensi. Penjadwalan telah terekam dengan cara otomatis. Di samping itu juga, anda dapat mengatur jadwal lembur dan toleransi keterlambatan. Anda juga bisa melakukan penyesuaian dengan turnover SDM dengan mudah.

- Live attendance, dengan fitur tersebut anda bisa memantau lokasi pegawai memakai GPS. Memungkinkan karyawa bisa melakukan absensi cukup sekali klik saja. Selain itu, anda juga bisa melampirkan catatan dan foto saat clock out dan clock in. Sistem absensi Talenta sudah terintegrasi pada mesin absensi secara manual, baik itu card scanning atau fingerprint.

- Rekap absensi otomatis, memungkinkan laporan rekap absensi karyawan bisa diakses hanya lewat hitungan detik. Bisa terbebas dari resiko human error atau salah perhitungan dan hemat waktu. Selain itu, data absensi bisa diakses dimana saja hanya melalui smartphone.

2. Bisa Dioperasikan Gratis

Aplikasi absensi karyawan dari Talenta bisa dipakai secara gratis tanpa limit jumlah karyawan. Dalam hal ini, anda bisa memakai fitur yang tersedia secara gratis dan penuh lewat smartphone. Sebanyak apapun tim, outlet, dan karyawan yang dimiliki, aplikasi absensi dari Talenta adalah pilihan terbaik perusahaan anda.

3. UI/UX yang Mudah Dipelajari dan Ramah

Aplikasi absensi dari Talenta mempunyai user experience dan user interface yang ramah. Memiliki tampilan yang ringkas mempermudah kamu untuk memantau data-data, diantaranya seperti data shift, kemudian proses clock out dan clock in yang gampang dibaca. Bahkan, telah dilengkapi oleh peta.

Untuk bisa menggunakan aplikasi Talenta, anda harus mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store. Silahkan download Attendance by Talenta, jika sudah install, Anda bisa mendaftar akun dengan memakai nomor hp.

Selanjutnya, Anda akan menerima kode konfirmasi lewat SMS yang berasal dari aplikasi, kemudian bisa memilih nama bisnis di aplikasi attendance atau absensi. Atur lokasi lewat GPS pada aplikasi Attendance.

Anda kini sudah bisa memakai aplikasi absensi karyawan dari Talenta untuk absensi karyawan. Selanjutnya, bisa menjelajahi fitur-fitur dalam aplikasi Talenta.

Jadi, aplikasi absensi android adalah aplikasi yang banyak digunakan beberapa waktu belakangan. Hal ini sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang saat ini yang membutuhkan akses absensi tanpa harus melakukan kontak.

Salah satu aplikasi absensi android yang banyak dipilih oleh perusahaan adalah aplikasi Mekari Talenta. Aplikasi absensi android dengan harga terjangkau dan fitur yang lengkap. Mulai dari fitur absensi online sampai dengan laporan absensi dan pengajuan izin maupun cuti yang lengkap. Ada sesi free demo selama 14 hari yang sayang dilewatkan untuk  memahami aplikasi lebih lanjut.

Sekian ulasan tentang aplikasi absensi android Mekari Talenta hari ini, semoga bermanfaat!

back to top