• Home
  • Berita
  • Mark Zuckerberg Sindir Apple Ikut-ikutan Terjun ke Metaverse

Mark Zuckerberg Sindir Apple Ikut-ikutan Terjun ke Metaverse

Redaksi
Oct 12, 2022
Mark Zuckerberg Sindir Apple Ikut-ikutan Terjun ke Metaverse

Mark Zuckerberg sepertinya melihat Apple sebagai salah satu kompetitor terbesarnya di bisnis metaverse. CEO Meta itu bahkan menyindir platform virtual reality (VR) Apple yang belum diluncurkan.

Komentar Zuckerberg itu dilontarkan setelah ia mengumumkan headset VR terbaru Meta, Quest Pro. Zuckerberg tidak secara langsung menyebut nama Apple tapi ia menyinggung bagaimana ekosistem Apple jauh lebih tertutup ketimbang pesaingnya.

"Di tiap generasi komputasi, ada ekosistem terbuka dan ekosistem tertutup, ada Windows dan Mac, kemudian Android dan iOS," kata Zuckerberg seperti dikutip dari CNBC, Rabu (12/10/2022).

"Saya sangat meyakini bahwa metaverse yang terbuka, dapat dioperasikan yang dibangun oleh banyak pengembang dan perusahaan akan menjadi lebih baik untuk semua orang.

Zuckerberg menambahkan ekosistem tertutup seperti yang diterapkan Apple membuat profit dan value hanya mengalir ke pemilik platform. Berbeda dengana platform terbuka yang disebut Zuckerberg akan bisa dinikmati oleh lebih banyak orang.

Dalam wawancara dengan The Verge, Zuckerberg kembali menjelaskan masalahnya dengan sistem Apple yang tertutup. Menurutnya Apple akan merugikan platform VR lain jika mereka mengontrol perangkat headset-nya dengan terlalu ketat, seperti yang terjadi di iPhone dan Mac.

"Sangat masuk akal bahwa Apple melihat persaingan ini di masa depan dan ingin menghalangi kami," kata Zuckerberg.

"Saya pikir satu hal yang sudah cukup jelas adalah motif mereka dalam melakukan apa yang mereka lakukan tidak sepenuhnya bebas dari kepetingannya sendiri," sambungnya.

Tidak diketahui seberapa terbuka platform metaverse milik Meta atau seperti apa wujudnya di masa depan. Zuckerberg berargumen platform Meta lebih terbuka karena memiliki partner yang ikut membuat software-nya, termasuk Microsoft, Autodesk, dan Accenture.

Sementara itu Apple masih belum meluncurkan perangkat headset VR-nya atau mengonfirmasi apakah perangkat itu sedang dikembangkan. Tapi beberapa analis sudah melaporkan Apple akan meluncurkan headset VR dalam waktu dekat.

Ini bukan pertama kalinya Meta dan Apple saling berseteru. Sebelumnya Meta memprotes kebijakan privasi di iOS yang dikabarkan membuat Facebook kehilangan USD 10 miliar.

back to top