Live Streaming Bikin Jualan Online Makin Cuan

Meningkatnya penetrasi internet di Indonesia turut mendorong pertumbuhan e-Commerce. Hal itu turut berdampak peningkatan pemanfaatan platform live streaming untuk menjalani bisnis online tersebut.
Co-Founder dan CEO Populix Timothy Astandu mengungkapkan berbagai konten atraktif, kreatif, dan interaksi yang proaktif menjadi keunggulan melalui fitur streaming. Tak hanya menawarkan promo, live streaming menjadi strategi meningkatkan daya beli masyarakat untuk berbelanja secara real-time.
Timothy menuturkan pelaku usaha pun juga merasakan dampak positif, sehingga untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas, terdapat berbagai aspek-aspek yang mereka harus didalami untuk mempelajari pergerakan perilaku konsumen saat berbelanja online khususnya melalui fitur live streaming.
"Tidak heran saat ini sebagian besar pemain e-Commerce di Indonesia mengembangkan fitur ini. Sehingga kami ingin mengerucut terhadap tren itu sendiri, apakah posisi platform pada market e-Commerce saat ini mempengaruhi preferensi konsumen terhadap fitur live streaming yang dihadirkan dari masing-masing pemain", ungkap Timothy Astandu, Co-Founder dan CEO Populix dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/6/2023).
Dua dari banyak elemen yang dianggap penting antara lain penawaran menarik yang tergabung dari gratis ongkir, diskon serta promo spesial dan kelengkapan kategori beserta pilihan produk yang luas.
Membahas lebih lanjut mengenai hal tersebut, Populix meluncurkan laporan "Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia" yang membahas tentang perilaku dan sikap pengguna terhadap live streaming ketika berinteraksi dan berbelanja.
Hasil survei platform live streaming terpopuler di Indonesia ini dengan melibatkan responden 506 laki-laki dan perempuan berumur 17-45 tahun pada Mei 2023.
Hasilnya, 69% responden mengatakan Shopee Live merupakan fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, jauh melampaui para pesaingnya, yakni TikTok Live (25%), Tokopedia Play (4%) dan LazLive (2%).
Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60% responden, jauh melampaui TikTok Live (30%), LazLive (4%) dan Tokopedia Play (2%).
Sama seperti aktivitas berbelanja lainnya yang dipengaruhi oleh tahapan perjalanan, live shopping memiliki faktor-faktor yang mendasari preferensi pilihan konsumen saat berbelanja.
Untuk kategori Fashion, Shopee Live dipakai oleh 79% responden, jauh di atas pesaing terdekatnya TikTok Live (44%). Untuk kategori Kecantikan, Shopee Live dipakai oleh 71%, jauh di atas pesaing terdekatnya, TikTok Live (51%).
Dalam survei ini juga Populix menyoroti ini seluruh e-commerce platform yang menawarkan fitur live streaming untuk dapat memberikan pelayanan dan keuntungan bagi masyarakat supaya tren belanja ini dapat menjadi kebiasaan baru serta menambah pilihan kanal belanja bagi masyarakat.
Akan tetapi, melihat tren live shopping yang baru saja masuk ke tahap awal perkembangan dan potensi besar yang masih banyak untuk ditawarkan ke depannya menjadikan peta persaingan ini semakin menarik untuk diperhatikan.
Simak Video "Gaya Chat Bisa Ungkap Kepribadian, Bagaimana Kirim Ucapan Lebaran agar Lebih Personal?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)