LG Bikin Lensa Zoom HP Ala DSLR

Redaksi
Dec 28, 2022
LG Bikin Lensa Zoom HP Ala DSLR

Meski sudah tak lagi memproduksi HP, LG -- lewat anak perusahaannya -- masih aktif memproduksi komponennya, termasuk LG Innotek yang menyiapkan modul kamera baru untuk HP.

Di ajang CES 2023 nanti LG akan memperkenalkan modul kamera tele yang bisa melakukan zoom secara kontinu. Ya, zoom kontinu secara optik dan bukan digital seperti yang banyak dilakukan pabrikan HP saat ini.

Cara kerja lensa ini menyerupai lensa DSLR, yang menggerakkan optik di dalam modul kamera untuk mencapai rentang zoom tertentu. Zoom secara optik ini semestinya akan menghasilkan kualitas gambar yang lebih bagus ketimbang melakukan zoom secara digital.

Desain yang dianut untuk modul ini adalah periskop, untuk mengurangi ukuran modulnya. Oh ya, rentang zoom yang didukung ini dari mulai 4x sampai 9x, dan semuanya itu dilakukan secara optik.

LG pun membenamkan fitur optical image stabilization di modul tersebut, yang akan berguna saat mengambil gambar di rentang terpanjang karena rawan blur, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (28/12/2022).

Jika teknologi ini bekerja dengan baik, juga menggunakan optik yang berkualitas, bukan tak mungkin HP nantinya hanya perlu satu kamera dengan sensor yang bagus. Bukan seperti saat ini, di mana biasanya sensor terbaik hanya dipakai di kamera utama dan kamera tambahan seperti ultrawide dan tele menggunakan sensor yang kualitasnya lebih rendah.

Oh ya, sebagai informasi, LG Innotek adalah penyuplai komponen untuk Apple. Meski tampaknya kecil kemungkinan kalau modul yang akan dipamerkan di CES 2023 tersebut akan dipakai di iPhone 15.

Sejauh ini baru Sony yang menawarkan HP dengan lensa zoom yang benar-benar dilakukan secara optikal, yaitu lewat Xperia 1 IV, yang rentang zoomnya antara 3,5-5,2x atau setara 85-125mm, lebih pendek dibanding rentang zoom yang ditawarkan LG, yang semestinya punya rentang 100-200mm.

Di sisi lain, Oppo pun sudah memamerkan teknologi serupa pada gelaran Future Imaging Technology Launch Event. Dalam acara tersebut Oppo memamerkan prototipe modul kamera dengan lensa yang bisa bergerak untuk melakukan zoom, yang setara dengan lensa 85-200mm. Namun belum diketahui kapan modul ini akan dipakai di perangkat Oppo yang dijual ke publik.

back to top