• Home
  • Berita
  • Laporan Google: Ada Perubahan Perilaku Konsumen di Indonesia

Laporan Google: Ada Perubahan Perilaku Konsumen di Indonesia

Redaksi
Feb 16, 2023
Laporan Google: Ada Perubahan Perilaku Konsumen di Indonesia

Google kembali merilis laporan Year In Search yang mengamati perubahan perilaku konsumen di Indonesia. Laporan tahun ini menunjukkan bahwa rata-rata konsumen jadi lebih menuntut dan semakin memahami makna suatu brand yang melebihi aspek harga dan kenyamanan.

"Sangat menarik untuk diperhatikan bahwa laporan tahun ini mencatat banyak sekali momen yang bisa dijadikan perenungan mendalam," ungkap Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing, Google Indonesia.

"Brand harus peka dengan keadaan bahwa setelah pandemi yang panjang dan kini dihadapkan dengan kondisi ekonomi global yang penuh ketidakpastian, banyak orang Indonesia mengajukan sejumlah pertanyaan mendalam kepada Google seperti 'kenapa harga naik' (naik 120% YoY) dan 'apa itu inflasi' (naik 50% YoY)," ujarnya.

Laporan bertajuk Year in Search 2022: Look back to move your marketing forward dibagi menjadi tiga tema besar, yaitu: Soul Searching (Renungan Mendalam), Cultural Identity (Identitas Budaya), dan Personal Identity (Identitas Pribadi). Ada enam vertikal industri utama yang disoroti, yakni: Teknologi; Media dan Hiburan; Kecantikan dan Perawatan Diri; Makanan dan Minuman; Transportasi dan Perjalanan; serta Keuangan.

Laporan Year In Search 2022 didasarkan pada data Google Trends (September 2021-September 2022, Desember 2021-Desember 2022) dan laporan e-Conomy SEA 2022 menyoroti sejumlah tren menarik, termasuk:

"Mengingat hal yang telah kita lalui selama beberapa tahun terakhir, dapat dimengerti jika orang-orang lebih reflektif dan memikirkan masa depan. Terlebih lagi dengan banyak hal tidak terduga yang terjadi, kita bisa lihat dalam laporan ini bahwa mereka mencoba mengontrol kembali hidupnya dan mencari cara-cara baru menuju kemandirian finansial," kata Yolanda.

Seperti yang dicatat dalam laporan tahun lalu, orang Indonesia menjadi lebih sadar lingkungan. Tren itu berlanjut pada tahun 2022, dengan:

Laporan ini juga menunjukkan bahwa orang Indonesia mencari cara yang terjangkau untuk memanjakan diri:

Pada tahun 2022, tren non-tunai terus berlanjut dengan:

Untuk lebih lengkap, kamu bisa mengunduh laporan lengkapnya di sini.

back to top