• Home
  • Berita
  • Jelang Ramadan, Kurma hingga Sirup Laris Manis di Tokopedia

Jelang Ramadan, Kurma hingga Sirup Laris Manis di Tokopedia

Redaksi
Mar 21, 2023
Jelang Ramadan, Kurma hingga Sirup Laris Manis di Tokopedia
Jakarta -

Ramadan jadi momen yang dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya sibuk menyambut datangnya bulan puasa dengan persiapan spiritual, masyarakat juga antusias mempersiapkan berbagai kebutuhan jelang Ramadan termasuk kebutuhan makanan dan bahan-bahan masakan.

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan berdasarkan data internal Tokopedia, ada peningkatan jumlah kunjungan pada halaman produk (product page view) menjelang Ramadan 2023. Jumlah ini naik lebih dari 1,5x lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Ia merinci kategori Makanan dan Minuman, Fesyen, Otomotif, Rumah Tangga dan Kesehatan jadi yang paling dicari di Tokopedia jelang Ramadan 2023 ini. Dalam periode yang sama, bumbu dan bahan masakan, makanan ringan, obat-obatan, aksesori motor, dan perlengkapan kebersihan menjadi beberapa produk terlaris di Tokopedia.

"Menjelang Ramadan 2023, masyarakat sudah mulai membeli produk makanan dan minuman khas Ramadan. Terbukti dari data Tokopedia yang memperlihatkan bahwa kurma, madu dan sirup mengalami peningkatan transaksi sebesar 3x lipat," ungkap Nuraini dalam keterangan tertulis, Selasa (21/3/2023).

Selain membeli makanan dan minuman khas Ramadan, Nuraini mengatakan masyarakat juga mulai melengkapi bahan masakan menjelang Ramadan.

"Ada peningkatan penjualan rata-rata hampir 4x lipat untuk daging sapi dan bawang di momen jelang Ramadan tahun ini," ujarnya.

Ia mengatakan di bulan Ramadan ini masyarakat bisa mendapatkan berbagai bahan masakan segar dan produk kebutuhan lainnya untuk sahur maupun berbuka. Melalui Tokopedia NOW!, segala kebutuhan bisa didapatkan mulai dari Rp 4 ribu dalam waktu maksimal 2 jam serta bebas ongkir.

"Tokopedia berupaya membantu masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman, termasuk untuk sahur dan berbuka lewat berbagai kampanye. Salah satunya Tokopedia NYAM! yang menyediakan diskon hingga 90% untuk menu pilihan sambut Ramadan," tutur Nuraini.

Tren Kebutuhan Fesyen-Rumah Tangga Jelang Ramadan

Nuraini mengungkapkan kategori fesyen Muslim juga menjadi kategori paling diserbu masyarakat lewat Tokopedia jelang Ramadan. Berbagai produk fesyen muslim bisa didapatkan di Modest on Trend dengan diskon hingga 60% dan cashback sampai Rp 750 ribu.

"Selain itu, perlengkapan ibadah, seperti tasbih digital, sajadah, rompi salat, mukena, dan sarung merupakan sejumlah produk paling diburu," rincinya.

Selain itu, produk otomotif juga banyak dicari oleh masyarakat yang mulai mempersiapkan kendaraan untuk perjalanan jauh, seperti mudik.

"Beberapa produk paling laris pada kategori Otomotif di Tokopedia jelang Ramadan 2023, yaitu aksesori body motor, lampu motor/mobil, oli motor, jas hujan, radiator dan komponen mobil," kata Nuraini.

"Masyarakat pun tengah melengkapi kebutuhan rumah tangga untuk sambut momen silaturahmi. Tampak dari stoples makanan, alat pembuat kopi dan teh, serta gelas menjadi sejumlah produk paling laris pada kategori Rumah Tangga di Tokopedia jelang Ramadan 2023," tambahnya.

Ia menambahkan beragam perlengkapan rumah tangga bisa ditemukan di Home Living Salebrations dengan diskon hingga 90% dan cashback hingga Rp 400 ribu. Misalnya, alat masak untuk sahur, alat makan untuk berbuka, pembuat kue Lebaran, dan lain-lain.

Di sisi lain, menjaga kesehatan menjadi hal penting yang terus diperhatikan masyarakat khususnya selama Ramadan.

"Masker medis, obat herbal dan vitamin adalah sejumlah produk paling laris di Tokopedia saat menjelang Ramadan 2023," jelasnya.

Dampak Inisiatif Hyperlocal ke Peningkatan Pembeli-Penjual

Foto: Tokopedia

"Berkat inisiatif Hyperlocal dan berbagai manifestasinya, seperti Dilayani Tokopedia (layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi), kami melihat adanya pengiriman terjauh jelang Ramadan 2023, yaitu dari Medan (Sumatera Utara) ke Jayapura (Papua)," terang Nuraini.

Ia memaparkan ada beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah pembeli menjelang Ramadan 2023. Misalnya, Aceh Tengah (D.I. Aceh), Tanjung Pinang (Kep. Riau), Sampang (Jawa Timur), Bontang (Kalimantan Timur), dan Lombok Timur (Nusa Tenggara Barat) dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.

Sementara itu, Tanjung Pinang (Kep. Riau), Sampang (Jawa Timur), Badung (Bali), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), dan Balikpapan (Kalimantan Timur) tercatat menjadi wilayah dengan peningkatan paling tinggi jumlah penjual menjelang Ramadan 2023.

Kampanye Tokopedia #LengkapiRamadan, Banyak Diskon-Cashback

Mulai 20 Maret hingga 30 April 2023, Tokopedia mengadakan program #LengkapiRamadan dengan berbagai promo dan kampanye pilihan. Beberapa di antaranya ialah Bazar Brand Pilihan, Cantik Fest, Serbu Official Store dan Waktu Indonesia Belanja.

"Lewat Tokopedia #LengkapiRamadan, masyarakat bisa menemukan berbagai produk kebutuhan Ramadan dengan diskon hingga 90%, live shopping mulai dari Rp 2.000, belanja minimum Rp 20 ribu bisa bebas ongkir dan masih banyak lagi," jelas Nuraini.

Masyarakat juga bisa mendapatkan promo hemat hingga Rp 750 ribu. Serta cicilan 0% dengan pembayaran menggunakan GoPayLater Cicil.

Khusus di tanggal 4 dan 14 April 2023, Tokopedia menghadirkan promo Ramadan Ekstra untuk berbagai kebutuhan Ramadan dengan promo bebas ongkir, diskon hingga 90%, serta cashback sampai Rp 1 juta.

"Tokopedia juga menyediakan berbagai materi edukasi yang relevan seperti #SIAPRAMADAN2023 untuk membantu pelaku usaha memaksimalkan penjualan selama bulan puasa. Informasi lain terkait pengembangan usaha juga dapat dipelajari secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller Tokopedia," pungkasnya.

(fhs/ega)
back to top