• Home
  • Berita
  • Janji Manis Anies, Prabowo & Ganjar Soal Internet Gratis-Pabrik HP

Janji Manis Anies, Prabowo & Ganjar Soal Internet Gratis-Pabrik HP

Redaksi
Feb 05, 2024
Janji Manis Anies, Prabowo & Ganjar Soal Internet Gratis-Pabrik HP
Jakarta -

Debat Capres pamungkas digelar Minggu malam (4/2/2024), Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo saling lempar gagasannya jika terpilih menjadi presiden di negeri ini. Dua topik menarik yang sempat dibahas ketiga calon presiden adalah internet gratis dan pabrik ponsel.

Pabrik Ponsel

Pertanyaan di sektor teknologi informasi yang diajukan dalam debat Capres malam ini adalah kedaulatan teknologi informasi di Indonesia terancam, impor ponsel tahun 2023 mencapai 30 triliun rupiah, padahal untuk membangun pabrik ponsel hanya butuh investasi sekitar setengah triliun rupiah. Apa langkah strategis paslon membangun kedaulatan manufaktur dan teknologi informasi di Indonesia?

Anies Baswedan menyebut bahwa jawabannya adalah dengan alih teknologi serta investasi padat karya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita menyaksikan bahwa kemajuan sistem telekomunikasi dan teknologi informasi berkembang amat pesat, karena itu Indonesia tidak boleh ketinggalan dan gagasan kita adalah satu, peningkatan kualitas manusia dan inovasi di sektor teknologi informasi dengan cara pairing, berpasangan, mendatangkan pakar untuk bisa melakukan alih teknologi bersama-sama," ujar Capres nomor urut satu itu.

Kedua, Anies akan memprioritaskan investasi yang masuk dalam bentuk investasi padat karya yang didukung dengan perbaikan reformasi birokrasi dan pemberantasan korupsi. "Ini akan memberikan lowongan kerja untuk masyarakat lokal," cetus dia.

Di sisi lain, Anies juga menyebutkan ada 3 aspek fundamental dalam bidang ini, yaitu akses, kecepatan dan keamanan, yang menjadi prioritas utama. Dengan cara seperti itu, ketika kita mengundang untuk investasi, maka kita bisa menyiapkan infrastrukturnya.

Hal lain yang tidak kalah penting menurutnya adalah perlindungan atas hak intelektual yang nanti akan terkait dengan industri manufaktur. "Kami memandang investasi padat modal padat padat karya akan memungkinkan Indonesia lompat lebih cepat," pungkasnya.

Prabowo memberikan tanggapan atas gagasan Anies. Kata dia, pembangunan pabrik ponsel terganjal kurangnya kehendak politik.

"Kalau memang hanya setengah triliun, perlu kehendak politik. Bangun itu pabrik segera," kata Prabowo.

Hal lainnya menurut Prabowo adalah menyiapkan SDM yang terlatih di bidang science, technology, engineering, mathematics. SDM ini mutlak agar Indonesia bisa bersaing di industri teknologi.

"Masalah teknologi selalu berurusan dengan SDM. Ini sangat mutlak baru kita bisa bersaing. Kalau tidak ada awaknya bagaimana," kata Prabowo.

Dia mengulangi visi misinya mengirim anak-anak muda Indonesia sekolah ke luar negeri dengan beasiswa untuk belajar teknologi. Prabowo menutup ucapannya dengan menegaskan perlunya kehendak politik untuk membangun pabrik ponsel di Indonesia.

"Yang penting kehendak politik, ya bangun pabrik itu," pungkas Prabowo mengulang ucapannya.

Menanggapi gagasanAnies, Ganjar mengungkapkan bahwa di Semarang, Jawa Tengah, ada pabrik HP milik swasta. Ia menyebutkan harganya terjangkau dan lebih murah di pasaran.

"Kalau itu bisa masuk e-Katalog kita, sebenarnya kita bisa membantu dia atau yang kedua menugaskan PT LEN, kalau nggak salah dulu pernah akan dibuat ini," ujar Ganjar, Minggu (4/2/2024).

Ia kemudian menyinggung terkait harga perangkat komputer dan laptop yang mau dibuat oleh PT LEN. Capres nomor urut tiga itu menyebutkan bahwa harganya bisa mencapai Rp 1 juta kalau pemerintah ikut turun tangan.

"Satu komputer, satu laptop, seharga maksimum Rp 1 juta. Sayang, kalau ini tidak kita pastikan tanpa penugasan dari Pemerintah itu tidak akan pernah selesai," tuturnya.

"Kalau tidak, pilihannya bergandengan tangan dengan industri yang ada di luar dengan brand-brand internasional, tapi pabriknya di indonesia," sambungnya.

Ganjar juga mengatakan bahwa India sudah berhasil menerapkan kebijakan tersebut yang berdampak pada transformasi pengetahuan, teknologi yang diterima para pekerja lokal dari kerjasama dengan merek internasional.

"Kita mendapatkan nilai tambah. Gen kita akan ditambahkan di situ bisa melakuakn tindakan-tindakan untuk mencapai kemandiriaan, sehingga kelak kemudian kita tidak terlalu bergantung," pungkasnya.

Selanjutnya Internet Gratis Vs Makan Gratis>>>

Internet Gratis Vs Makan Gratis

Ganjar Pranowo sempat mengutarakan peran penting pemerataan internet saat sesi penyampaian gagasan. Menurutnya pemerataan internet masih menjadi pekerjaan rumah Indonesia.

"Ini bisa berjalan dengan cepat kalau digitalisasi kita lakukan infrastruktur teknologi informasi baik, tersebar, internet cepat dan mereka mendapatkan media bagus untuk mengembangkan diri," ujarnya.

Ganjar sempat bertanya pada Prabowo tentang program internet gratis yang diusungnya. Karena Capres nomor urut dua itu dituding sempat mengatakan bawah pilih internet gratis otaknya lamban.

Prabowo pun langsung menanggapi. Dia mengatakan Ganjar tidak lengkap mendengar ucapannya.

Prabowo mengatakan dirinya tidak menentang internet gratis. Namun, makan gratis lebih utama.

"Yang saya katakan mana yang lebih penting makan gratis atau internet gratis untuk orang miskin dan kalangan bawah," ujarnya

"Kalau internet gratis ya saya setuju, tapi jangan internet gratis lebih dipentingkan daripada makan gratis. Makan ini mutlak untuk rakyat kita, anak-anak harus makan, orang miskin harus makan," tegas Prabowo.

Ganjar mengatakan penjelasan Prabowo ini sia-sia dan sudah lewat. Karena ada pernyataan kepada publik dari Prabowo yang negatif soal internet gratis.

"Maka kalau kita bicara orang yang pilih internet gratis otaknya, maaf, lambat, maka statement itu sangat sadis," kata Ganjar menanggapi sindiran yang diucapkan Prabowo pada 20 Januari 2024 silam.

Ganjar menegaskan perlunya internet gratis karena masih ada 12 ribu desa yang blankspot. Bidang pendidikan dan kesehatan menjadi target utama untuk program internet gratis.

Prabowo kembali menanggapi pernyataan Capres nomor urut tiga. Dia menegaskan apabila jadi presiden akan hadirkan internet gratis ke seluruh desa di Indonesia.



Simak Video "Hasto soal Ganjar-Anies Kompak 'Serang' Prabowo di Debat: Sama-sama Diintimidasi"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)
back to top