• Home
  • Berita
  • Integrasi Telkomsel-IndiHome Genjot Pemerataan Konektivitas Digital RI

Integrasi Telkomsel-IndiHome Genjot Pemerataan Konektivitas Digital RI

Redaksi
Jun 27, 2023
Integrasi Telkomsel-IndiHome Genjot Pemerataan Konektivitas Digital RI
Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) resmi mengintegrasikan IndiHome ke Telkomsel. Hal ini ditandai dengan penandatangan akta pemisahan (deed of spin-off) antara Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dan Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam.

Ririek menjelaskan setelah peningkatan modal Telkomsel sehubungan dengan transaksi ini diberitahukan kepada Menteri Hukum dan Asasi Manusia Republik Indonesia pada 1 Juli 2023, secara legal IndiHome akan resmi berada dalam pengelolaan Telkomsel.

Ia menyebut kesepakatan ini menjadi tonggak penting bagi implementasi inisiatif Fixed Mobile Convergence (FMC) TelkomGroup sebagai bagian dari strategi utama perusahaan Five Bold Moves dalam menciptakan dampak berkelanjutan di masyarakat. Hal ini termasuk menghadirkan layanan broadband yang lebih luas, merata, dan andal, mendukung akselerasi inklusi digital dan ekonomi digital, meningkatkan level playing field industri telekomunikasi Indonesia, dan memperkuat bisnis perseroan di masa mendatang.

"Hari ini merupakan tonggak perjalanan yang penting bagi transformasi TelkomGroup yang akan berfokus memajukan B2B Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pemangku kepentingan terhadap langkah transformasi Telkom yang masih terus berjalan untuk menciptakan nilai yang optimal baik bagi perusahaan, pelanggan, masyarakat , pemegang saham, dan pemerintah," ungkap Ririek dalam keterangan tertulis, Selasa (27/6/2023).

Lebih lanjut, Ririek mengungkapkan selesainya proses integrasi IndiHome menjadikan kepemilikan efektif Telkom di Telkomsel naik menjadi 69,9%, sementara Singtel di Telkomsel menjadi 30,1%.

Ia menambahkan, integrasi IndiHome ke Telkomsel juga menandai refocus bisnis dalam TelkomGroup, yakni segmen Business to Consumer (B2C) sepenuhnya dikelola oleh Telkomsel. Di sisi lain, Telkom akan fokus menjadi pemimpin pasar pada segmen Business to Business (B2B).

Ririek menyampaikan kajian mendalam terkait FMC telah dilakukan, bahkan 23 dari 25 operator telco terbesar dunia telah mengimplementasikan FMC. Adapun langkah ini juga mendapat dukungan dari Kementerian BUMN.

Foto: Dok. Telkom

"Setelah ini IndiHome akan bersinergi dengan Telkomsel untuk menghadirkan inovasi yang memberikan hasil yang maksimal bagi perusahaan serta seluruh stakeholder. Ke depannya TelkomGroup akan melanjutkan rencana transformasi Five Bold Moves lainnya seperti InfraCo, Data Center Co, B2B Digital IT Service Co, dan DigiCos," papar Ririek.

Senada dengan Ririek, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam menjelaskan Integrasi IndiHome ke Telkomsel juga menjadi pencapaian penting bagi pihaknya.


"Integrasi IndiHome ke Telkomsel menjadi milestone penting bagi Telkomsel sebagai bagian dari TelkomGroup, yang senantiasa terus membuka peluang kemajuan dan melampaui ekspektasi pelanggan, dengan menghadirkan pemerataan akses broadband terkini dengan pengalaman konektivitas digital yang lebih lengkap, serta dukungan layanan unbreakable WiFi yang andal dan terintegrasi, terutama bagi pelanggan dari segmen rumah tangga (household) atau keluarga, melalui keunggulan inisiatif FMC," katanya.

Hendri mengatakan integrasi IndiHome ke Telkomsel juga mencakup pengelolaan bisnis dan pelanggan untuk beberapa layanan, seperti internet (fixed broadband), telepon rumah (fixed line), Internet Protocol Television (IPTV), bundling layanan digital consumer lainnya.

Terkait integrasi ini, Telkomsel menjamin tidak ada penurunan kualitas terhadap layanan broadband IndiHome selama masa transisi. Sementara untuk biaya layanan bagi pelanggan maupun paket berlangganan, tidak akan terdapat perubahan sesuai ketentuan pada kontrak yang telah disepakati antara pelanggan dan IndiHome.

Hendri pun menegaskan Telkomsel bersama TelkomGroup telah melakukan persiapan menyeluruh agar proses integrasi berjalan lancar. Pihaknya meyakini langkah ini justru akan memperkuat posisi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital.

Untuk mendukung transisi dan kelancaran operasional, Telkom dan Telkomsel juga memiliki kesepakatan dari sisi sumber daya manusia terkait talent transfer dan talent mobility. Pasalnya, kolaborasi dan sinergi karyawan di TelkomGroup menjadi salah satu kunci untuk memperkuat bisnis broadband ritel di Telkomsel serta transformasi B2B di Telkom.

Telkom juga akan melakukan percepatan transformasi segmen B2B hingga ke level Telkom Regional agar dapat secara menyeluruh dan mendukung sektor korporasi, UMKM, maupun instansi pemerintah dalam melakukan digitalisasi.

Sebagai informasi, mulai 1 Juli 2023, untuk kebutuhan informasi dan layanan, pelanggan IndiHome juga dapat menghubungi customer touch point Telkomsel, seperti call center 188, website www.telkomsel.com, layanan email cs@telkomsel.com, dan GraPARI (walk-in).

Sedangkan, untuk layanan customer touch point IndiHome, seperti aplikasi myIndiHome, website indihome.co.id, Plasa Telkom (walk-in), call center 147, serta akun media sosial @IndiHomeCare, masih tetap melayani pelanggan IndiHome seperti biasa.

(akn/ega)
back to top