• Home
  • Berita
  • Indonesia Nomor Satu Pengguna TikTok Sedunia, Kalahkan Amerika

Indonesia Nomor Satu Pengguna TikTok Sedunia, Kalahkan Amerika

Redaksi
Oct 07, 2024
Indonesia Nomor Satu Pengguna TikTok Sedunia, Kalahkan Amerika
Daftar Isi
  • Video Rajai Medsos
  • Model Bisnis TikTok
Jakarta -

Berdasarkan data yang dirilis Statista Agustus 2024, per Juli 2024 Indonesia sejauh ini menjadi negara dengan jumlah pengguna TikTok terbesar.

Data itu memaparkan, Indonesia berada di urutan nomor satu sedunia dengan hampir 157,6 juta pengguna menggunakan platform video sosial populer tersebut.

Jumlah pengguna Indonesia mengalahkan Amerika Serikat yang menyusul di posisi kedua dengan sekitar 120,5 juta pengguna TikTok. Setelah Amerika Serikat ada Brasil di posisi ketiga dengan hampir 105,3 juta pengguna TikTok.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut adalah daftar lengkap urutan negara-negara dengan jumlah pengguna TikTok.

Pengguna TikTok Indonesia terbesar sedunia. Foto: Statista.com

ADVERTISEMENT

Video Rajai Medsos

Masih mengutip Statista, antara tahun 2021 hingga 2022, beberapa platform media sosial terpopuler menambahkan fitur video pendek untuk menyaingi popularitas TikTok.

YouTube Shorts, yang diluncurkan ke pasar global pada Juni 2021, mencapai dua miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2023. Sebagai perbandingan, format video pendek Instagram, Reels, yang diluncurkan pada Agustus 2020, menyajikan rasio tontonan yang lebih tinggi daripada video biasa di platform tersebut antara Juni 2021 hingga Juni 2022, serta rasio disukai (jumlah like yang ditandai simbol hati) yang lebih tinggi daripada jenis konten lain di Instagram.

Model Bisnis TikTok

TikTok bernaung di bawah ByteDance yang berkantor pusat di Beijing, bersama dengan aplikasi video pendek Douyin (versi TikTok untuk pasar China), platform video Xigua, dan aplikasi berita populer Toutiao.

Produk yang ditujukan untuk konsumsi pasar domestik beroperasi di ekosistem digital China dan memiliki sejumlah metode monetisasi yang mapan, seperti acara belanja langsung (live shopping) yang diselenggarakan oleh influencer terkenal.

Aliran pendapatan TikTok utamanya berasal dari iklan online. Pada 2022, TikTok diperkirakan telah menghasilkan sekitar USD 4 miliar di seluruh dunia melalui iklan online.



Simak Video "Video: TikTok Music Bakal Ditutup 28 November"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)
back to top